by

4 Motor Listrik Terbaik di Indonesia, Pilih Mana?

Motor listrik saat ini sudah semakin menjamur di Indonesia. Untuk itu berikut kita ulas motor listrik terbaik di Indonesia.

Banyak merek-merek motor listrik menjajakan produknya di Indonesia. Hal tersebut menunjukkan tanda bahwa motor listrik akan menjadi kendaraan yang akan menggantikan motor konvensional di masa depan.

Keberadaan motor listrik sepertinya cukup diminati masyarakat Tanah Air, salah satu faktornya karena ramah lingkungan. Lalu minim perawatan, seperti tidak perlu ganti oli, ganti filter udara, dan lain-lain. Biaya operasional sehari-hari juga lebih murah mengisi baterai dibanding isi bensin.

Walau begitu, di sisi lain sarana infrastruktur pendukung motor listrik belum memadai. Itulah yang kerap jadi kendala, stasiun pengisian listrik umum masih terbatas jumlahnya. Kemudian waktu pengisian baterai juga masih terbilang lama, tidak secepat isi bensin.

Namun, semua kendala tersebut tidak membuat para produsen menyerah untuk menghadirkan motor listrik terbaik di Indonesia. Bahkan, beragam sepeda motor listrik hadir dengan spesifikasi dan fitur yang baik.

Berikut adalah daftar motor listrik terbaik di Indonesia:

1. Gesits

motor listrik terbaik di Indonesia
Motor listrik ini punya desain yang sangat mirip dengan Honda Vario 125

Buat yang belum tahu, Gesits merupakan proyek kolaborasi antara Garasindo dengan Institut Sepuluh Nopember (ITS). Jadi memang produksi anak bangsa.

Kabarnya, Gesits sudah diproduksi sejak tahun 2018 dan sudah melewati proses pengembangan sejak tahun 2015. Kemudian, pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019, motor listrik ini akhirnya secara resmi diluncurkan.

Baca juga  5 Motor Trail Terbaik di Indonesia, Pilih Mana?

Secara konsep desain, Gesits terlihat tidak jauh berbeda dengan desain motor matik yang berbahan bakar bensin. Bahkan jika dilihat, desain salah satu motor listrik terbaik di Indonesia ini sangat mirip seperti Vario 125.

Dari bagian depannya, terlihat desain meruncing dengan lampu utama HID Projection berteknologi LED yang dibentuk sipit serta Day Running Light (DRL) pada sisi kiri dan kanannya.

Gesits dibekali baterai Lithium Ion NMC (nickel-manganese-cobalt) yang memiliki spesifikasi 72V 20 A. Jika kondisi baterainya penuh, motor bisa berjalan sejauh 70 km. Jika kamu tertarik, harga Gesits Rp 27,5 juta (OTR Jakarta).

2. Viar Q1

Motor Listrik Terbaik di Indonesia
dapat dibawa berkendara sejauh 70 km

Viar Indonesia yang dibawa oleh PT Triangel Motorindo (TM) ini atau Viar Q1 merupakan salah satu pelopor motor listrik di Tanah Air. Paling menarik adalah harga Viar Q1 yang sangat terjangkau cuma Rp 20 jutaan.

Resmi diluncurkan pertama kali pada 2017, kemudian mendapat berbagai penyegaran. Model teranyarnya tampil ke publik pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 lalu. Selain itu, Viar Q1 merupakan hasil kerja sama antara Viar dengan Bosch selaku merek otomotif asal Jerman.

Berbeda dengan generasi sebelumnya, Viar Q1 terbaru telah dibekali baterai dengan kualitas yang lebih baik, yaitu dua buah baterai Lithium Ion dengan kapasitas masing-masing sebesar 60V 23Ah. Diklaim mampu bertahan hingga jarak tempuh 120 km atau dua kali lipat dari Viar Q1 model pertama.

Baca juga  Moeldoko Tinjau Pabrik Motor Gesits

Selain itu, salah satu motor listrik terbaik di Indonesia ini juga diklaim dapat dibawa berkendara sejauh 70 km jika kondisi baterainya penuh. Untuk pengisian daya baterainya, disediakan dua pilihan yaitu swapping baterai dan pengisian ulang biasa.

Tidak perlu khawatir jika baterai tiba-tiba habis di tengah jalan. Viar Q1 memiliki baterai cadangan yang bisa ditaruh di bagasinya untuk menggantikan baterai yang habis dayanya. Butuh waktu sekitar lima jam untuk mengisi daya baterai motor listrik ini.

Untuk penggeraknya sendiri, Viar Q1 menggunakan tipe BLDC dari BOSCH yang dapat mengeluarkan tenaga sebesar 800 watt.

3. BF Goodrich BF-Small S

Motor Listrik Terbaik di Indonesia
bentuknya yang mungil bisa digunakan di perkotaan

Memiliki bentuk yang mungil dan ringkas untuk kebutuhan transportasi perkotaan, BF Goodrich BF-Small S merupakan motor listrik yang bisa direkomendasikan dan cocok untuk digunakan guna perjalanan jarak dekat.

Bentuknya sekilas mirip dengan otoped. Untuk itu, tentunya akan sangat ideal bila motor listrik ini digunakan bagi para kaum ibu yang ingin belanja ke supermarket atau ke pasar.

Meski demikian, salah satu motor listrik terbaik di Indonesia ini tidak bisa dianggap remeh. Motor listrik terbaik buatan pabrikan asal Jawa Tengah ini memiliki motor motor listrik berdaya 1.000 Watt yang diklaim mampu mendorongnya hingga jarak 50 sampai 55 km.

Baca juga  Benelli Dong Vs NIU NQi Sport 35, Pilih Motor Listrik Mana?

Berbekal styling yang simple, motor yang kuat dan jarak tempuh yang lumayan, BF Goodrich BF-Small S dipasarkan pada kisaran harga mulai dari Rp 14,85 juta.

4. United T1800

Motor Listrik Terbaik di Indonesia
Sekilas dilihat dari bentuknya mirip dengan Yamaha Lexi

United adalah salah satu pabrikan motor listrik terbaik di Indonesia. Produk ini sempat viral berkat penampilan duo produknya yakni United Type M dan United Type B.

Tapi pada 12 Desember 2020, PT Terang Dunia Internusa yang merupakan induk dari merek ini, menambahkan produk anyar mereka yang disebut United T1800.

Motor listrik tersebut lebih fenomenal lagi, karena tampil dalam balutan bergaya skuter Maxi. United T1800 memiliki body yang besar, Sekilas mirip dengan Yamaha Lexi.

Tersembunyi di dalam body-nya, motor listrik besutan Bosch berkapasitas 1.800 Watt mempunyai kemampuan untuk mendorong T1800 hingga kecepatan 70 km/jam. Dinamo niremisi ini kemudian dipasangkan pabrikan dengan baterai 60V28AH berteknologi Lithium-Ion yang hemat.

Fitur juga disiapkan dengan aksen modern oleh United T1800, motor ini dibekali dengan panel meter dengan display full digital, suspensi dual shock agar dapat melaju nyaman dan juga sederet fitur keamanan seperti Alarm dan Cut Off Energy Motor. Motor listrik ini dijual dengan label harga Rp 27 juta (OTR Jakarta).

Itu tadi 4 motor listrik terbaik di Indonesia. Buat kamu yang mau tahu informasi terbaru dan terlengkap seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru