oleh

Peugeot 408 Fastback, Si Mobil Ganteng!

Peugeot 408 Fastback resmi hadir di pasar otomotif global. Model ini istimewa, karena yang pertama di kelasnya.

Buat kamu yang tertarik punya, harap bersabar. Pasalnya untuk sekarang, cuma sebatas perkenalan. Peogeot baru siap memasarkan 408 Fastback pada tahun depan atau 2023.

Akan Ada dua pabrik yang memproduksinya yaitu Mulhouse di Perancis untuk memenuhi permintaan pasar Eropa. Lalu satu lagi di Chengdu, China untuk kebutuhan pasar lokal negeri Tiongkok.

Bagaimana dengan kemungkina 408 Fastback masuk Indonesia? Semoga saja kebagian unit, biasanya impor langsung dari Eropa. Itu pun setelah negara-negara di benua biru dapat jatah lebih dulu. Tanah Air, seringnya belakangan.

Keistimewaan Desain Peugeot 408 Fastback

peugeot 408 fastback
Atap belakang Peugeot 408 yang sangat rendah merupakan ciri khas dari fastback

Hingga saat ini Peugeot 408 Fastback adalah sebuah pembeda. Menurut pabrikan berlogo singa, mobil tersebut merupakan yang pertama di kelasnya Mengambil basis dari 308 tapi 408 Fastback lebih istimewa karena desainnya beda.

Tampilan eksteriornya berdesain agresif. Dengan penggunaan lampu LED yang dilihat menyerupai taring. Sedangkan grilnya berdesain pola polka dot membuat tampilan mobil ini modern seperti mobil listrik. Kap mesin depan terlihat menggembung di bagian tengah, yang memberikan manna seolah-olah mobil ini dibekali dengan mesin bertenaga.

Baca juga  2 Pabrikan Mobil Asal Prancis yang Masih Eksis di Indonesia

Ketika melihat sisi samping Peugeot 408 Fastback, makin terlihat agresif karena banyak lekukan bodi yang sangat mengalir. Utamanya di bagian atap belakang yang sangat rendah, sekilas seperti mobil sport coupe. Inilah ciri khas fastback.

Lalu yang juga menjadikannya istimewa ada di tampilan belakang LED berdesain 3 cakar. Desain bumper belakang yang bertumpuk dan tersambung dari bumper depan membuat fastback tersebut makin sangar, plus sebagai pelindung.

Pada mobil Peugeot 408 Fastback ini, knalpotnya didesain untuk tidak terlihat. Bisa jadi karena pabrikan sedang membangun citra EV di merek Peugeot.

Soal dimensi, panjangnya 4.687 mm , Lebar 1.859 mm, dan Tinggi 1.487 mm. Sumbu rodanya berjarak 2.790 mm. Dengan dimensi yang terbilang melar, Peugeot 408 diklaim memiliki bagasi berkapasitas 536 liter, dan dapat ditingkatkan menjadi 1.611 liter ketika kursi baris kedua dilipat.

Bertabur Teknologi Pintar

Peugeot 408 Fastback
Interior Peugeot 408

Pada interior, mobil yang terlihat menggabungkan desain sedan, wagon, dan SUV ini menyematkan teknologi baru khas pabrikan. Yakni Peugeot i-Cockpit di mana area dashboard terlihat banyak lekukan tajam, tetapi sudah minim tuas-tuas yang memakan tempat. Di konsol tengahnya saja, sudah tidak ada tuas transmisi, yang digantikan oleh tombol.

Baca juga  SUV Baru Bikin Penjualan Astra Peugeot 2021 Naik

Peugeot 408 juga dibekali sistem bantuan pengemudi, yang terdiri dari 6 kamera dan 9 radar di sekeliling kendaraan. Perangkat tersebut bertugas sebagai kontrol jelajah adaptif, penglihatan malam, dan pemantauan blind-spot jarak jauh sepanjang 75 meter. Peringatan belakang mobil juga tersedia.

Sistem suaranya didukung oleh penggunaan 10 speaker, termasuk dua subwoofer. Mobil ini memiliki dua konfigurasi mesin: Plug-in hybrid dan bensin.

Adapun Peugeot memberi 408 Fastback versi Plug-in hybrid akan menggunakan jantung pacu bertenaga 1.6 L Turbo 4 silinder yang disokong dengan motor listrik. Tersedia dua opsi tenaga yang dapat dihasilkan yaitu 180 hp dan 225 hp.

Sedangkan mesin selanjutnya adalah bensin konvensional dengan kapasitas 1.2 L Turbo yang memiliki konfigurasi 3 silinder. Jantung mekanis milik Peugeot 408 Fastback ini bisa menghasilkan tenaga 130 hp. Lalu bicara transmisi, dua pilihan mesin tersebut menggunakan padanan 8-percepatan otomatis.

Kabarnya model ini juga siap mengadopsi penggerak listrik murni atau bersumber tenaga baterai. Hanya saja peluncurannya tidak sekarang, Peugeot mengklaim 408 Fastback EV bakal hadir beberapa bulan mendatang.

Baca juga  Stellantis Resmikan Logo Baru Peugeot

Demikian ulasaan terkait Peugeot 408 Fastback terbaru. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Terbaru