by

Sejarah Yamaha Vixion, Sejak 2007 Hingga Sekarang

Sejarah Yamaha Vixion – Meski kini penjualan sepeda motor di Indonesia di dominasi motor matik. Namun permintaan untuk segmen motor sport masih tetaplah tinggi.

Lantaran motor ‘batangan’ baik naked ataupun fairing masih banyak diminati masyarakat. Lantaran motor jenis ini menyajikan kesan gagah ketika dikendarai.

Pilihan motor sport yang masih cukup diminati di Indonesia adalah Yamaha Vixion. Motor sport ini masuk dalam sejarah motor sport terlaris di pasar Nasional.

Perjalanan panjang motor ini sudah 13 tahun menapaki pasar domestik. Sejarah Yamaha Vixion dimulai sejak tahun 2007, dan menjadi sepeda motor laki pertama di Indonesia yang dilengkapi teknologi sistem injeksi bahan bakar.

Penasaran ingin tahu sejarah Yamaha Vixion dari tahun ke tahun di Indonesia? Simak ulasan lengkapnya berikut ini:

Sejarah Yamaha Vixion Sejak 2007 Hingga Kini di Indonesia

Sejarah Yamaha Vixion
Sejarah Yamaha Vixion dimulai pada tahun 2007, dan dipasarkan hingga saat ini

Awal sejarah Yamaha Vixion, motor ini merupakan model yang khusus diluncurkan untuk pasar Asia Tenggara. Kehadiran pertamanya adalah di Indonesia pada 2007. Kemudian menyusul peluncuran di Malaysia pada 2008 dan menyebar ke negara tetangga lain.

Vixion juga dikenal dengan nama FZ150i. Kelebihan Yamaha Vixion salah satunya menawarkan performa dan kelincahan yang cukup diminati konsumen. Terlebih bagi konsumen yang berjiwa muda.

Mundur ke belakang, Yamaha Indonesia melakukan pengembangan motor ini dari Jupiter MX. Hal ini terungkap dari konstruksi mesin dari Vixion dan Jupiter MX yang ternyata secara umum nyaris serupa.

Market yang digarap Yamaha Vixion adalah konsumen yang ingin beralih dari pengguna bebek yang ingin naik kelas ke motor sport. Rancangan desain dan posisi berkendara pada Vixion juga diturunkan dari Scorpio Z yang terkenal nyaman.

Sejak kali pertama dihadirkan, Yamaha Vixion banyak sekali mengalami penyegaran. Baik itu dari sisi tampilan, fitur dan performa mesin. Semua itu dimaksudkan agar konsumen semakin tertarik meminangnya.

Bahkan beberapa tahun belakangan, hadir Yamaha Vixion R yang merupakan versi telanjang dari Yamaha R15. Jantung mekanisnya sudah pakai kapasitas lebih besar yaitu 155 cc dan berteknologi katup variabel (VVA).

Kelebihan Yamaha Vixion yang selanjutnya adalah jadi pelopor untuk motor naked sport injeksi pertama di Indonesia. Setelahnya, barulah model-model lain ikut beralih.

1. Generasi Pertama yang Mengawali Sejarah Yamaha Vixion (2007 – 2010)

generasi pertama yang mengukir sejarah Yamaha Vixion di Indonesia
Vixion generasi pertama yang dipasarkan di Indonesia, desainnya sudah sporty

Generasi pertama yang menjadi awal sejarah Yamaha Vixion, menawarkan konfigurasi 4 klep dengan camshaft/noken tunggal, bervolume silinder 149,8 cc dengan sistem injeksi bahan bakar.

Baca juga  Spesifikasi Yamaha FZ-S, Calon Pengganti Byson Seharga Rp19 Jutaan

Teknologi mesin injeksi yang tersedia pada Yamaha Vixion mampu meningkatkan keiritan, serta kepresisian dalam menyemprotkan bahan bakar. Hal ini jadi salah satu keunggulan injeksi dibandingkan dengan mesin karburator.

Mesin yang dimiliki Yamaha Vixion mampu mengontrol rasio pencampuran bahan bakar dan udara yang lebih akurat. Tenaga yang dihasilkan sebesar 14,8 hp dengan torsi sebesar 13,1 Nm.

Secara tampilan Yamaha Vixion generasi pertama menawarkan desain yang cukup sporty. Desain lampu berbentuk bulat, serta menyajikan posisi duduk yang nyaman. Pada generasi pertama Yamaha Vixion menggunakan sasis Deltabox.

2. Yamaha Vixion Facelift Pertama, Lahir Usung Sejumlah Ubahan (2010 – 2012)

Generasi Kedua jadi Sejarah Yamaha Vixion
Penjualan naked bike yang mengukir sejarah Yamaha Vixion

Seiring dengan permintaan yang terus meningkat, sejarah Yamaha Vixion terus berlanjut. Sempat mengalami facelift di tahun 2010 dengan mengusung sejumlah ubahan yang meliputi lampu depan yang meruncing dan tidak bulat, ditambah lagi striping yang mengesankan lebih sporty.

Pilihan warna pada era facelift tersedia dalam 3 pilihan warna, yakni hitam, coklat, dan merah. Satu tahun berselang, di 2011 Yamaha Indonesia melakukan ubahan warna dan striping berkelir putih metalik.

Pun begitu, tidak ada ubahan pada spesifikasi mesin dan bodi yang masih serupa dengan generasi pertama.

3. Generasi Yamaha Vixion Lightning atau Sinchan (2012 – 2015)

Sejarah Yamaha Vixion generasi ketiga
Dengan desain lampu yang tembam, Vixion Lightning juga disebut sebagai Vixion Sinchan

Hingga akhirnya di tahun 2012, sejarah Yamaha Vixion kembali berubah. Kala itu, pabrikan berlogo ‘Garpu Tala’ berhasil mencatatkan penjualan Vixion sekitar 1 juta unit. Penyegaran ini dilakukan setelah selama lima tahun Vixion hanya melakukan beberapa perubahan warna maupun livery saja.

Vixion generasi kedua ini juga dikenal sebagai New Vixion Lightining (NVL) yang diperkenalkan di akhir tahun 2012 di Bandung. Ubahan kali ini cukup signifikan, jika dibandingkan model sebelumnya.

Perubahan paling terasa pada peningkatan tenaga mesin. Kode mesin Vixion pun berubah jadi 1PA. Ada pula penambahan rem cakram untuk roda belakang, suspensi baru yang lebih stabil, hingga mengubah desain secara keseluruhan.

New Vixion Lightning sebutan yang cukup unik yaitu Vixion Shinchan. Karena desain headlamp yang cembung membulat mirip wajah tokoh kartun di film Crayon Shinchan.

Pada generasi kedua Yamaha Vixion dilengkapi dengan ban lebar. Roda depan berukuran 90/80-17 inci dan belakang 120/70-17 inci, menunjang tampilan semakin terasa macho.

4. Yamaha Vixion Advance dengan Kelistrikan DC dan Mesin Ramah Lingkungan (2015 – 2017)

sejarah yamaha vixion
Tampilan Yamaha Vixion Advance, mengalami sejumlah revisi dalam hal desian dibanding Lightning

Memasuki tahun 2015, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) merilis New Vixion Advance. Tampilan Vixion Lightning yang lucu seperti Sinchan, diubah menjadi lebih agresif di Vixion Advance.

Baca juga  6 Cara Modif Motor Jupiter Z Agar Tampil Keren

Desain lampu depan kini tajam, begitu pula garis-garis bodinya. Ada pula aplikasi engine cover untuk membuat aura sportif semakin keluar. Sistem kelistrikan juga diganti jadi DC.

Ternyata tidak hanya desain, mesin juga diubah. Kini emisi gas buang lebih baik, memenuhi standar Euro 3. Meski demikian soal performa tidak ada beda. Tenaganya sekitar 16,4 hp pada 8.500 rpm dan torsinya 14,5 Nm pada 7.500 rpm.

5. Sejarah Yamaha Vixion Berubah dengan Kehadiran Vixion R (2017 – Sekarang)

sejarah yamaha vixion
Vixion generasi terbaru dengan livery MotoGP

Perjalanan sejarah Yamaha Vixion kembali berlanjut. Kini melalui kehadiran generasi terbaru yang ditawarkan dalam dua varian: Vixion dan Vixion R. Motor. Peluncuran keduanya dilakukan pada ajang IIMS 2017.

Yamaha Vixion sudah dilengkapi instrumen indikator LCD terbaru yang canggih, yamg bisa menampilkan beragam informasi, seperti kecepatan yang dihitung rpm atau km/jam, indikator bahan bakar, posisi gigi/gir, dan jarak tempuh.

Speedometer digital ini secara default punya sapaan humanis “HI BUDDY” yang dapat diubah sesuai nama pemilik. Yamaha sangat serius menggarap motor sport terlaris mereka ini.

Lampu depan dan belakang juga sudah menggunakan jenis LED dengan desain yang lebih agresif. Dari sisi desain, motor ini semakin futuristik, hal ini tertuang melalui lekukan pada setiap sisi bodinya yang dirancang begitu tegas dan tajam.

Beragam inovasi pun dilakukan pada All New Vixion dan Vixion R, melalui hadirnya fitur Assist & Slipper Clutch. Naked bike ini terasa semakin canggih, dan mampu menjawab kebutuhan konsumen.

Fitur tersebut masuk dalam sejarah Yamaha Vixion. Karena sudah dibekali slipper clutch yang memudahkan pengoperasian kopling lebih ringan, perpindahan gigi lebih halus dan akselerasi semakin cepat.

Sangat disayangkan, ketika pabrikan lain sudah mulai bermain dengan mesin DOHC. Vixion justru masih mempertahankan mesin SOHC.

Tentunya bagi sebagian orang, teknologi mesin Vixion dianggap ketinggalan zaman. Motor keluaran baru bermesin 150 cc, sekarang ini umumnya telah memakai teknologi dua noken as untuk buka tutup katup.

Yamaha Vixion R Punya Kelas yang Berbeda

yamaha vixion R
Vixon R unggul dari sisi performa mesin dan fitur modern, hanya saja harganya lebih mahal!

Meski demikian soal performa, sebenarnya tidak perlu diragukan. Terutama Vixion R yang dipersenjatai dengan mesin serupa R15. Tak kalah penting, mesin yang diusung Vixion R telah dilengkapi VVA dan kapasitas mesin 155 cc. Ada pula banana swing arm berbahan aluminium di rangka belakang.

Baca juga  Beli Honda CB150 Verza atau Yamaha Byson?

Bila bicara Vixion R, kelasnya memang jauh di atas Vixion biasa. Kompetitor naked sport 150 cc juga masih kalah untuk performa. Lalu di panel instrumen ada tambahan shift timing light. Tidak ketinggalan sistem transmisi Vixion R telah pakai 6-percepatan manual. Sementara Vixion cuma 5-percepatan manual.

Perbedaan lain kedua motor ini. Vixion R sudah tidak pakai kick starer. Lalu ukuran ban juga dibuat lebih lebar.

Secara dimensi, Vixion R sedikit berbeda untuk mengejar performa. Dimensi panjang bodi Vixion standar yaitu 1.955 mm sedangkan All New Vixion R lebih pendek 5 mm yakni 1.950 mm. Selain itu, Vixion memiliki sumbu roda sepanjang 1.295 mm, dan Vixion R mencapai 1.320 mm.

Memasuki tahun 2019, Yamaha hanya melakukan update warna pada Vixion dan Vixion R. Yamaha sengaja menawarkan warna baru yang dibumbui oleh grafis sederhana pada Vixion R untuk menghadirkan nuansa sporty.

All New Vixion kini hadir dengan Matte Black, dengan Casting Wheel (pelek) berkelir emas, sama seperti yang terlihat di Yamaha Nmax.

Sementara pada Vixion R, mendapat warna baru meliputi Matte Red dan Matte Grey dengan kombinasi stripping berbentuk huruf “R” pada bagian sisi kanan dan kiri tangki. Kemudian pada bagian pelek juga mendapat pin stripe bertuliskan Vixion R.

Harga yang ditawarkan kini Rp 27,945 juta untuk Vixion, Edisi khusus dengan livery Monster Energy Yamaha MotoGP Edition dijual seharga Rp 28,650 juta. Sementara Vixion R dijual dengan harga Rp 31,63 juta. Yamaha Vixion dapat kamu temukan dengan DP yang ringan di Moladin.

Bagaimana, sekarang sudah tahu bukan sejarah Yamaha Vixion? Semoga informasi ini dapat bermanfaat buat kamu. Khususnya bagi pengguna Yamaha Vixion di Tanah Air.

Spesifikasi Mesin Vixion Generasi Ketiga

 

Yamaha Vixion

Yamaha Vixion R

Tipe Mesin

4 Langkah berpendingin cairan, SOHC

4 Langkah berpendingin cairan, SOHC

Jumlah/Posisi Silinder

Silinder Tunggal/Tegak

Silinder Tunggal/Tegak

Diameter x Langkah

0 x 58,7 mm

0 x 58,7 mm

Kompresi

10,4 : 1

11,6 : 1

Daya Maksimum

12,2 kW / 8.500 rpm

14,2 kW / 10.000 rpm

Torsi

14,5 Nm

14,7 Nm

Transmisi

5-percepatan manual

6-percepatan manual

Baca juga:

Terbaru