oleh

SUV Hybrid Kolaborasi Toyota dan Suzuki, Vitara Terbaru!

SUV Hybrid kolaborasi Toyota dan Suzuki siap meluncur. Buat Toyota mobil tersebut akan diberi nama Urban Cruiser Hyryder. Sementara Suzuki kabarnya bakal menjadikannya sebagai Vitara terbaru.

Kerja sama ini merupakan hasil lanjutan sejak beberapa tahun lalu. Di mana keduanya juga pernah merilis mobil bersama di tahun 2020. Ketika itu Toyota RAV4 dilabel kembali oleh Suzuki menjadi Across. Versi rebadge masing-masing pabrikan Jepang itu dijual di India untuk Toyota dan Eropa untuk Suzuki.

Kini keduanya dikabarkan kembali menelurkan produk terbaru yang lebih ramah lingkungan. SUV Hybrid kolaborasi Toyota dan Suzuki ini bakal dikembangkan di Toyota Kirloskar Motor (TKM), India.

Nantinya Vitara dan Urban Cruiser Hyryder versi hybrid tersebut bukan cuma untuk memenuhi kebutuhan pasar India. Melainkan juga pasar ekspor, termasuk kirim ke Afrika.

Adapun pembagian kerja sama keduanya adalah mobil yang dijual di India akan memakai teknologi mild hybrid yang dikembangkan oleh Suzuki. Sedangkan mobil dengan teknologi strong hybrid dikembangkan oleh Toyota.

Baca juga  15 Mobil Listrik Prototype Toyota, SUV Hingga Mobil Sport

Mengutip dari laman Busines Standard pada 27 Juni 2022, dikatakan tujuan kedua pabrikan ini kerja sama adalah untuk menghadirkan lebih banyak pilihan kendaraan dan merangkul lebih banyak konsumen untuk berkontribusi terhadap akselerasi elektrifikasi dan mewujudkan tanpa emisi gas buang di kawasan India.

“Menjadi kebanggaan kami mengumumkan produksi SUV baru bersama Suzuki, perusahaan yang punya sejarah panjang terlibat di bisnis kawasan India,” kata Toyota President Akio Toyoda.

“Kali ini industri otomotif menghadapi berbagai tantangan seperti elektrifikasi dan tanpa emisi gas buang. Melalui memperluas dan memperkuat kerjasama Toyota dan Suzuki untuk mempersembahkan berbagai pilihan kepada konsumen di India,” Tambah Toyoda.

Adapun Suzuki President, Toshihiro Suzuki mengatakan bahwa SUV Hybrid kolaborasi Toyota dan Suzuki yang dikembangkan di TKM merupakan gagasan agar bisa berkontribusi pada pertumbuhan industri otomotif India. Utamanya dalam menyediakan mobilitas yang ramah lingkungan sesuai kebutuhan konsumen.

“Kami memahami bahwa ini adalah langkah besar untuk lebih menggali kolaborasi bersama di masa depan. Kami mengapresiasi dukungan dari Toyota ini, dan secara bersamaan, akan mengeksplorasi sinergi baru dan kesempatan bisnis seiring dengan kolaborasi berkelanjutan,” yakin Suzuki.

Baca juga  5 Mobil Bekas yang Paling Dicari dan Terjangkau!

Bocoran Spesifikasi Toyota Urban Cruiser Hyryder dan Suzuki Vitara Hybrid

SUV Hybrid Kolaborasi Toyota dan Suzuki
Dari beberapa foto yang tersebar, mobil ini akan memiliki desain kurang lebih seperti Toyota Urban Cruiser, namun dengan nama Urban Cruiser Hyryder.

Sementara itu, melansir laman Cartoq, dalam waktu dekat ini Toyota akan merilis mobil medium SUV terbaru pada 1 Juli 2022 mendatang. Mobil tersebut digadang-gadang sebagai SUV Hybrid kolaborasi Toyota dan Suzuki.

Dari beberapa foto yang tersebar, mobil ini akan memiliki desain kurang lebih seperti Toyota Urban Cruiser, namun dengan nama Urban Cruiser Hyryder. Sementara pada Suzuki, medium SUV terbaru mereka ini akan dinamakan sebagai Maruti Vitara.

Soal mesin, kedua mobil tersebut kemungkinan besar akan menggendong mesin bensin K15C 1,5 liter yang dikembangkan oleh Maruti Suzuki. Mesin tersebut diharapkan hadir dengan pilihan transmisi manual dan otomatis 6-percepatan.

Kedua medium SUV ini berkapasitas 5-seater ini akan saling berbagi fitur kenyamanan dan keselamatan. Mulai jok berventilasi, setir multi-fungsi, kontrol iklim otomatis, sistem infotainment layar sentuh, ABS, Airbag, dan fitur keselamatan lainnya.

Baca juga  5 Risiko Mobil Pikap Bawa Muatan Berlebih, Jangan Dicoba!

Nantinya kedua SUV tersebut akan diproduksi Toyota di pabrik kedua mereka di Bidadi, Karnataka. Meski diproduksi satu pabrik, diharapkan versi Suzuki memiliki desain eksterior yang berbeda.

Demikian ulasan terkait SUV Hybrid kolaborasi Toyota dan Suzuki yang kemungkinan bernama Urban Cruiser Hyryder dan Vitara. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Terbaru