6 Cara Mudah Hemat Bahan Bakar di Motor Matic

Hai, Sobat Moladin! Kalian sering merasa motor matic kalian cepat kehabisan bensin gak sih? Lagi terjebak macet, eh tahu-tahu motor enggak mau hidup karena kehabisan bensin. Nah untuk mengatasinya, kali ini Jinny mau bagi-bagi tips menghemat bahan bakar motor matic buat kalian. Yuk segera disimak.

 

1. Berkendara dengan Stabil

KTM New Duke 250
Om Kobayogas, Dengan Tinggi Sekitar 165cm Cukup Pede Menunggang KTM New Duke 250

Dibanding motor konvensional memang motor matic mengonsumsi lebih banyak bahan bakar, sob. Hal ini dikarenakan motor matic memiliki lebih banyak gear dibanding motor konvensional. Terlebih motor konvensional menggunakan sistem perseneling yang tidak menguras bahan bakar. Tapi kalian bisa lho, sob, mengakali penggunaan motor matic kalian sehingga irit bahan bakar dan bikin kantong tetap aman sampai akhir bulan.

Cara yang pertama adalah berkendara dengan kecepatan yang stabil. Soalnya berkendara di atas kecepatan rata-rata itu membuat konsumsi bahan bakar meningkat. Apalagi dalam kecepatan tinggi tiba-tiba kalian mengerem mendadak. Cara berkendara seperti itu selain tidak aman, cepat merusak mesin, juga menguras BBM kalian. Pelan-pelan saja, sob, kalau mau mengurangi tarikan gas dan pastikan kecepatan kalian maksimal 60 km/jam.

 

AEROX STANDARD

*dp harga mulai dari

 

2. Jangan Lama-lama saat Memanaskan Mesin

motor mati saat di gas

Jangan percaya mitos bahwa memanaskan mesin itu harus lama. Motor-motor zaman sekarang itu sudah menggunakan teknologi yang lebih canggih dibanding motor zaman dahulu kala. Kalau kalian memanaskan motor terlalu lama, yang ada malah bensin kalian cepat susut. Panaskan mesin maksimal tiga menit saja ya, sob. Kurang dari tiga menit malah lebih baik.

 

3. Pilihan BBM

Harga Pertamax
Harga Pertamax Mengalami Kenaikan Rp. 900 per Liter

Tahu gak, sob, kalau bahan bakar dengan oktan rendah itu malah membuat pembakaran pada motor matic-mu kurang sempurna. Kalian pun akan sering ke bengkel untuk membersihkan ruang bakar motor ketimbang menggunakan BBM beroktan tinggi. Dari sini udah keliatan kan, sob, bahwa menggunakan BBM beroktan rendah malah membuat kalian merogoh kocek lebih banyak.

Pilihlah bahan bakar dengan oktan 92. Selain pembakarannya lebih sempurna dan hemat bahan bakar, BBM beroktan tinggi adalah pasangan setia dari motor matic dengan mesin injeksi. Memang sih sedikit lebih mahal daripada yang beroktan rendah, tapi BBM jenis ini ternyata juga lebih ramah lingkungan dan membuat mesin motor lebih awet.

 

Nmax Standard

*cicilan mulai dari

 

4. Pergunakan Oli yang Tepat Secara Rutin

air radiator berkualitas
Perbedaan Cairan Radiator Berkualitas

Motor matic itu butuh oli yang tepat karena konfigurasi mesinnya berbeda dengan motor konvensional. Penggunaan oli yang tepat juga mendukung performa mesin. Jangan asal pakai oli murah ya, sob. Dan pastikan kalian mengganti oli secara rutin minimal satu bulan sekali.

Jangan sampai performa motor kalian menurun karena jarang mengganti oli, sebab performa motor yang menurun juga akan menguras bahan bakar. Supaya kalian tidak tidak salah pakai, perhatikan pentunjuk penggunaan oli yang disarankan oleh pabrikan motor kesayanganmu ya.

 

5. Perhatikan Karburator-mu

Karburator Maupun Throttle Body Merupakan Komponen Penting Guna Suplai Udara dan BBM

Kalau motor kalian sudah menggunakan sistem injeksi, kalian tidak perlu mengkhawatirkan hal ini, sob. Namun, apabila motor kalian masih menggunakan karburator lakukan pengecekan secara rutin untuk memastikan apakah sistem pengapian motor kalian masih berfungsi dengan baik.

Kalian juga bisa mencoba untuk melakukan penyetelan ulang pelampung pada karburator agar lebih irit bahan bakar. Turunkan ketinggian pelampung karburator sekitar 1-2 mm untuk mempengaruhi hasil pembakaran mesin, dijamin, motor kalian lebih irit BBM.

 

6. Rawat Filter Angin

Rangka Benelli Motobi 200 Evo

Filter Angin juga berpengaruh dalam penggunaan bahan bakar motor matic kamu, sob. Kalau filter angin motor kesayangan kalian kotor akan menyumbat sistem pergantian udara pada sistem pembakaran motor. Hal ini akan membuat konsumsi bahan bakar motor matic meningkat dan tarikan motor jadi lebih berat. Gantilah filter udara setelah penggunaan 15.000 Km atau sesuai dengan petunjuk pabrikan motor kalian

Itu dia enam langkah menghemat BBM ala Moladin. Jangan lupa share informasi ini dengan komunitas bikers-mu ya. Jinny pamit dulu, sampai ketemu di tips selanjutnya

 

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *