by

5 Cara Parkir Mundur yang Mudah Untuk Pemula

Buat kalian yang baru belajar mengemudi, kamu juga perlu mengetahui cara parkir mundur yang tepat. Ketika kamu lancar parkir kendaraan mundur, rasanya ujian itu jadi tahap terakhir kalian dianggap lulus.

Seperti diketahui, parkir jadi salah satu proses belajar mengemudi yang cukup sulit bagi pemula. Pasalnya parkir membutuhkan konsentrasi lebih bagi para pengemudi.

Terlebih ketika parkir mundur, visibilitas pengemudi kurang bebas, karena mengandalkan kaca spion saja. Kurangnya pengalaman bagi pengemudi pemula, sering kali menyebabkan kecelakaan.

Jika kondisi ini menimpa kalian, bukan tidak mungkin pengemudi pemula jadi cenderung malas untuk belajar. Apalagi kalau si pengemudi memiliki trauma. Bisa dipastikan, pengemudi pemula akan malas melanjutkan belajar mengemudi.

Oleh karena itu, sebaiknya sebelum belajar, kalian perlu mengetahui cara parkir mundur dengan benar. Daripada penasaran, berikut cara parkir mundur yang mungkin bisa diaplikasikan ketika kalian belajar berkendara:

1. Relaks dan Konsentrasi, Jadi Cara Parkir Mundur yang Ampuh

cara parkir mundur
Relaks jadi cara parkir mundur yang utama kalian perhatikan

Langkah pertama cara parkir mundur yang perlu dilakukan adalah pastikan kamu dalam kondisi relaks dan tak tergesa-gesa. Terpenting, kalian juga wajib selalu konsentrasi ketika parkir.

Setelah tenang, buat mobil bertransmisi manual, kamu wajib injak kopling terlebih dulu. Kemudian pindahkan posisi tuas transmisi ke posisi R (reverse atau mundur). Setelah itu angkat kopling perlahan diiringi injakan pedal gas.

Baca juga  Cara Membuat Suspensi Mobil Empuk, Ini Tipsnya

Lalu untuk mobil transmisi otomatis pun tidak terlalu beda. Hanya saja yang diinjak bukan kopling, melainkan rem. Kemudian pindahkan tuas transmisi ke posisi R. Intinya kamu harus cari posisi R di tuas transmisi, sebelum parkir mundur.

Kemudian gerakkan kendaraan secara perlahan, cek kondisi sekitar melalui kaca spion ataupun kamera parkir yang mungkin tersedia di mobil kamu. Dengan kondisi yang relaks, maka proses parkir mundur bisa dipastikan berjalan lancar.

2. Perhatikan Area Belakang Mobil

cara parkir mundur
Perhatikan area sekitar, sebelum memarkirkan kendaraan secara mundur

Kedua yang perlu kalian perhatikan terkait cara parkir mundur adalah perhatikan area belakang mobil, mungkin bisa menggunakan spion ataupun menoleh ke belakang.

Tahapan ini sebenarnya sangatlah mudah, pengemudi bisa meletakkan tangan kanan di posisi roda kemudi jam 12. Selanjutnya lepaskan tangan kiri, lalu kalian bisa menoleh ke arah kiri untuk melihat kondisi tempat parkir. Dari situ kalian bisa menentukan akan bergerak mundur ke arah mana yang bisa jadi pilihan.

Buat pemula, tidak ada salahnya pula kalau sebelum parkir, kamu turun dari kendaraan terlebih dulu. Tujuannya untuk memperkirakan ruang yang tersisa, manuver, sekaligus jarak dengan kendaraan lain ketika parkir.

3. Pelajari Arah Berbelok

Posisi setir memutar atau berbelok
Cara terpenting parkir mundur ialah perhatikan arah belok

Ketiga yang perlu diketahui pengemudi mengenai cara parkir mundur adalah mengetahui arah kemudi saat mundur. Hal ini sangat membantu pengendara mengarahkan buritan mobil.

Baca juga  6 Penyebab Air Radiator Mendidih dan Cara Mengatasinya

Contohnya saat kalian ingin  mobil mundur ke kanan, maka lingkar kemudi harus diputar ke kanan. Begitu juga bila ingin belok ke kiri, maka roda kemudi harus diputar ke kiri.

Kalau untuk pemula, hal ini biasanya cenderung sulit. Pun begitu, jika sering berlatih proses ini akan bisa cepat dilalui dan bukan jadi masalah yang berarti.

Dengan sering berlatih, pastinya akan membuat kamu terbiasa untuk memahami pergerakan mobil ketika mundur.

Beruntung buat kalian yang pakai mobil dengan kamera parkir, biasanya visibilitas jadi lebih baik dan parkir mundur lebih mudah dilakukan. Ditambah lagi saat ini ada teknologi yang membuat simulasi arah gerak mobil mundur, saat setir diputar. Tentunya semakin memudahkan saja.

4. Pakai Rem Secara Tepat Untuk Mengendalikan Kecepatan

cara belajar mobil manual
Gunakan rem secara tepat ketika parkir mundur

Prosedur yang tak kalah penting mengenai cara  parkir mundur adalah pengemudi harus menguasai penggunaan rem secara tepat. Karena hal ini akan membantu kamu mengendalikan mobil ketika parkir mundur.

Sebagai contoh saat kamu mungkin menginjak pedal gas agak keras. Tentu rem harus diinjak dengan teratur. Langkah ini cukup penting, terlebih ketika kalian parkir di sebuah gedung perkantoran ataupun pusat perbelanjaan.

Terpenting, kalian wajib membiasakan kaki untuk bereaksi dengan setiap pedal yang ada.

Baca juga  Oli Gardan Mobil, Beda dengan Oli Mesin dan Transmisi!

5. Jangan Luput dari Pandangan Depan

toyota yaris terbaru
Meski harus melihat bagian belakang, perhatikan juga kondisi bagian depan sekitar mobil

Proses terakhir yang perlu kalian ingat terkait cara parkir mundur adalah wajib memerhatikan kondisi bagian depan kendaraan juga. Pengemudi harus tetap melihat depan meskipun mundur.

Serupa dengan kamu wajib melihat kaca spion ketika berjalan normal. Tak perlu lama-lama melihat ke depan, cukup sekilas saja. Terpenting kamu tetap memprioritaskan pandangan ke bagian belakang mobil.

Bagian depan mobil tak boleh luput dari pandangan. Karena saat berbelok selagi mundur, bisa saja moncong mobil kalian tertabrak sesuatu di depan. Alangkah baiknya ketika melihat ke depan, perhitungkan pula bahwa moncong mobil bebas dari halangan apapun selagi kalian mundur.

Jadi itulah sejumlah cara parkir mundur yang perlu kalian perhatikan ketika berkendara. Parkir mundur bisa dengan mudah Anda lakukan apabila bisa melihat keadaan sekitar mobil dengan baik.

Terlebih jika mobil sudah dilengkapi dengan serangkaian fitur-fitur modern seperti kamera 360, kamera parkir belakang, dan juga sensor parkir untuk memudahkan parkir mundur.

Semoga informasi mengenai cara parkir mundur ini dapat bermanfaat untuk kalian. Selamat mencoba!

Baca juga:

Terbaru