oleh

5 Jenis dan Harga Mobil Sedan Toyota Terbaru, Cek Sebelum Beli!

Meski penjualannya tidak sebanyak mobil MPV, nyatanya ada beberapa mobil sedan Toyota terbaru yang tetap diminati oleh konsumen. Salah satu alasan membeli sedan adalah kenyamanan, serta teknologinya mantap. Apalagi Toyota kini punya beberapa lini produk yang sudah hybrid, seperti Corolla Altis Hybrid dan Camry Hybrid.

Populasi mobil sedan juga terlihat mulai kembali bergairah semenjak aturan baru perihal PPnBM yang beacuan pada emisi gas buang. Hal ini pula yang membuat Toyota tetap memasarkan mobil jenis sedan.

Kebijakan baru tentang tarif pajak mobil sedan, bisa dilihat dari Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 141/PMK.010/2021. Di mana aturan baru tersebut membuat pengelompokan obyek pajak menjadi lebih simpel, mencakup mobil penumpang kurang dari 10 penumpang, mobil penumpang mulai dari 10 penumpang, pikap dan kendaraan niaga, dan truk berat.

Adapun tipe sedan masuk kelompok mobil penumpang kurang dari 10 penumpang. Dari sini jelas, mobil sedan kini memiliki kesempatan bersaing lebih fair. Namun demikian, skema PPnBM terbaru memasukkan aspek tingkat konsumsi bahan bakar, dan tingkat emisi CO2 sebagai dasar yang juga mempengaruhi besaran tarif.

Terbitnya PMK terbaru itu secara otomatis mengakhiri skema PPnBM kendaraan bermotor sebelumnya. Di mana ketika itu besaran PPnBM dibuat berdasarkan kategori kendaraan, besaran kapasitas mesin, dan pengelompokan jenis kendaraan yang diatur PP No 41 Tahun 2013.

Tarif PPnBM lama bervariasi dari 0%-125%. Sedan sendiri saat itu dikenai PPnBM mulai 30%. Sedangkan mobil penumpang lain hanya dikenai tarif mulai dari 10%. Efeknya, harga sedan jadi melambung tinggi.

Baca juga  Toyota Bocorkan Harga bZ4X, Siap Masuk Indonesia!

Nah ketika tarif PPnBM baru yang berdasarkan emisi diterapkan, maka harga mobil sedan Toyota pun lebih terjangkau. Banderolnya kini tidak beda jauh dengan mobil Toyota jenis MPV dan SUV.

Kembali ke pembahasan soal jenis dan harga mobil sedan Toyota terbaru, ingin tahu lini produk lengkapnya yang ada di Indonesia? Mari kita simak ulasannya berikut ini:

1. Vios Rp 289,5 Juta

Harga Mobil sedan Toyota terbaru
Vios merupakan mobil sedan termurah yang dipunya Toyota

Jenis dan harga mobil sedan Toyota terbaru yang pertama kami bahas adalah Toyota Vios. Di Indonesia, mobil sedan ini merupakan generasi ketiga sejak pertama kehadirannya di tahun 2003. Vios mengusung mesin 1.500 cc 2NR-FE dengan Dual VVT-I. Untuk variannya ada Vios E dan Vios G.

Vios terbaru hadir di tahun 2018 yang merupakan facelift dari generasi sebelumnya di tahun 2013. Vios facelift ini hadir dengan tampilan yang lebih segar dan modern ditambah adanya beberapa fitur baru.

Adapun perbedaan mencolok elain dari generasi sebelumnya selain dari sisi eksterior ada di dalam kabin. Yakni mengusung 7 inci HD Display, DVD, koneksi iPod dan ponsel melalui USB, AUX, serta miracast.

Sistem hiburan dilengkapi juga dengan konektivitas internet Weblink, dan kontrol melalui aplikasi ponsel pintar. Soal harga mobil sedan Toyota terbaru berjenis Vios tipe E Rp 289,5 juta dan Vios tipe G Rp 307,3 juta.

2. Corolla Altis Hybrid Rp 521,1 Juta

Mobil sedan Toyota terbaru
Altis Hybrid

Pembahasan jenis dan harga mobil sedan terbaru selanjutnya adalah Corolla Altis Hybrid yang dijual Rp 521,1 juta. Mobil sedan hybrid ini resmi diluncurkan pada tahun 2019. Ini sekaligus menjadi generasi ke-12 dari Toyota Corolla. Ciri khasnya memiliki opsi mesin hybrid dengan kode 2ZR-FXE 1.800 cc dengan transmisi CVT.

Baca juga  Honda Umumkan Harga Civic RS 2021, Jadi Murah?

Hasilnya tenaga maksimumnya di atas kertas meraih 93 hp serta torsi 141,9 Nm. Tenaga tersebut masih ditambah motor listrik yang memiliki output 72 ps atau setara 70 hp dan torsi 163 Nm.  Selain itu, Corolla Altis Hybrid juga memiliki tiga mode berkendara, mulai dari eco, normal, dan power.

Soal fitur, Corolla Altis Hybrid sudah dilengkapi dengan Blind Spot Monitor, Far Distance, Short Distance, Rear Cross Traffic Allert (RCTA), Pre-Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Tracking Assist (LTA), Lane Departure Assist (LDA) serta Automatic High Beam (AHB).

3. Corolla Altis 1.8 V Rp 471,9 Juta

Mobil sedan Toyota terbaru
Altis 1.8 V

Selanjutnya, mobil sedan Toyota terbaru berikutnya adalah Corolla Altis 1.8 V. Yup, meski versi hybrid sudah dijual namun mesin bensin masih dipertahankan.

Altis terbaru sudah menggunakan teknologi baru yaitu transmisi CVT. Selain itu juga mesinnya hanya satu yaitu 1.800 cc Dual VVTi 4-silinder.

Soal fitur, Corolla Altis 1.8 V bermesin bensin masih sama dengan versi hybrid. Yaitu sudah dilengkapi dengan RCTA, PCS, DRCC, LTA, LDA dan AHB. Soal harga mobil sedan Toyota terbaru berjenis Corolla Altis dibanderol Rp 471,9 juta.

4. Camry Hybrid Rp 813,5 Juta

Mobil sedan Toyota terbaru
Camry Hybrid

Mobil sedan Toyota terbaru berikutnya adalah Camry Hybrid yang diluncurkan pada tahun 2021 lalu. Untuk harganya di angka Rp 813,5 juta.

Baca juga  Spesifikasi Toyota Voxy 2022, Berubah Total!

Camry Hybrid menggunakan mesin 2.487 cc empat silinder segaris yang dikombinasikan motor elektrik. Jantung mekanis bensinnya bisa melontarkan torsi puncak 220 Nm pada 3.600-5.200 rpm. Sementara tenaga maksimalnya 178 PS pada 5.700 rpm. Lalu motor elektrik akan membantu performa supaya lebih baik, termasuk efisiensi BBM.

Mobil ini sudah menggunakan fitur keselamatan Toyota Saftey Sense 2 (TSS2). Dimana fitur ini terintegrasi dengan fitur Pre-Colission System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC) with Curve Speed Reduction, Lane Tracing Assist (LTA), hingga Automatic High Beam (AHB).

Tak hanya itu saja, Camry Hybrid juga memiliki advance feature terbaru yang menghubungkan mobil dengan smartphone dan seluruh layanan Toyota melalui T Intouch. Dimana di dalam T Intouch terdapat menu find my car, stolen vehicle tracking, geofencing dan vehicle info.

5. Camry 2.5 V Rp 682,4 Juta

Mobil sedan Toyota terbaru
Camry 2.5 V

Harga mobil sedan Toyota terbaru yang terakhir adalah jenis Camry 2.5 V yang dibanderol harga Rp 682,4 juta. Mobil sedan ini menggunakan mesin 2.487 cc 4-silinder segaris yang sudah tersertifikasi Euro 4.

Adapun untuk fiturnya antara lain adanya SRS Airbag dibeberapa titik. Seperti di pengemudi dan penumpang depan (di dashboard dan samping), serta dibagian lutut pengemudi dan penumpang depan.

Kemudian ada pula fitur ABS, EBD, BA, VSC, HA, smart entry with start stop system, rear camera, ISOFIX, serta back & corner sensor.

Moladiners, itulah ulasan mengenai mobil sedan toyota terbaru. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Terbaru