by

Honda BR-V 2022 Vs Mitsubishi Xpander Cross, Pilih Mana?

Honda BR-V 2022 vs Mitsubishi Xpander Cross memang menarik untuk dibahas. Maklum keduanya berada di segmen sama yaitu LSUV. 

Desain keduanya juga sama-sama modern. Baik BR-V 2022 maupun Xpander Cross mengusung segudang fitur dan teknologi canggih. Meskipun salah satu dari mereka tentunya ada yang lebih unggul.

Pada artikel ini pembahasan akan mengerucut pada persaingan tipe atau varian tertinggi dari masing-masing mobil, adalah Honda BR-V 2022 varian Prestige with Honda Sensing dan Mitsubishi Xpander Cross Premium Package.

Nah, untuk lebih jelasnya mari kita ulas mengenai persaingan Honda BR-V 2022 vs Mitsubishi Xpander Cross berikut ini:

Honda BR-V 2022 vs Mitsubishi Xpander Cross

Mesin Siapa Lebih Bertenaga?

Honda BR-V 2022 Vs Mitsubsihi Xpander Cross
Mesin BR-V 2022

All New Honda BR-V mengusung mesin 1.5L DOHC i-VTEC dengan standar emisi sesuai standar EURO 4. Jantung mekanis ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 121 PS  pada putaran mesin 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm pada 4.300 rpm.

Performa itu lebih baik dari BR-V generasi sebelumnya. Sementara untuk pilihan transmisi ada CVT serta manual 6-percepatan. 

Lalu bagaimana dengan performa mesin Mitsubishi Xpander Cross? Mobil berlogo tiga berlian ini juga ditanami mesin 1.5L. Pakai teknologi MIVEC DOHC 16 Valve.

Hanya saja di atas kertas, performanya tidak sebaik BR-V terbaru. Sebagai komepetitor, Xpander Cross cuma bisa melontarkan  tenaga sebesar 105 PS pada 6.000 rpm serta torsi 141 Nm pada 4.000 rpm. Pilihan transmisinya yaitu otomatis 4-perepatan dan manual 5-percepatan.

Oh ya, baik Honda BR-V 2022 vs Mitsubishi Xpander Cross, keduanya menggunakan sistem penggerak roda depan (FWD).

Baca juga  SUV Maserati Terbaru Meluncur Akhir Tahun, Lebih Murah!

Dimensi Xpander Cross Lebih Bongsor

test drive xpander cross
Xpander Cross memiliki dimensi lebih besar dan ground clearance lebih tinggi dibanding BR-V terbaru

Dari sisi dimensi, Mitsubishi Xpander Cross Premium Package yang merupakan Low SUV 7-seater flagship di keluarganya. Punya panjang 4.500 mm, lebar 1.800 mm dan tinggi 1.750 mm. Untuk Ground Clearancenya di angka 225 mm.

Jika melihat di atas kertas dimensi Xpander Cross jelas lebih bongsor dari BR-V, hal ini membuatnya tampak gagah. Sementara BR-V generasi kedua memiliki panjang 4.456 mm, lebar 1.735 mm, dan tinggi 1.666 mm, serta ground clearance 220 mm.

Pertarungan antara Honda BR-V 2022 vs Mitsubishi Xpander Cross dari sisi dimensi sudah jelas Xpander Cross lebih unggul. Bodi yang bongsor menjamin kelegaan kabin. Sementara ground clearance tinggi membuat Xpander Cross bisa membuat bodi bawah lebih minim bersinggungan dengan jalan, ketika melewati jalan beda ketinggian.

Fitur kenyamanan

Honda BR-V 2022 Vs Mitsubsihi Xpander Cross
Tampilan dashboard Honda BR-V terbaru

Berbicara fitur kenyamanan, kedua mobil LSUV ini menghadirkan fitur-fitur kenyamanan yang modern dan kekinian. Meski demikian di antara keduanya tentu ada yang lebih lengkap dan lebih unggul.

Mitsubishi Xpander Cross menyuguhkan Head unit Touchscreen 7 inch yang dapat terhubung dengan ponsel serta dapat diatur menggunakan fitur Hands free function pada lingkar kemudinya. Selain itu, untuk menghasilkan kualitas suara yang baik, mobil ini telah memperoleh 6 buah speaker yang terbagi di posisi depan, tengah dan dashboard.

Baca juga  Peluncuran Kia Sonet 7-seater, World Premiere di Indonesia?

Tak hanya itu saja, Xpander Cross juga telah dilengkapi spion retrac, Power Outlet dari baris pertama, kedua dan ketiga dalam memberikan kenyamanan ekstra terhadap setiap penggunanya. Terdapat pula Keyless Smart Entry, Start/stop Button, dan Immobilizer untuk menunjang keamanan pemiliknya.

Sementara itu, Honda BR-V 2022 dengan fitur infotaiment layar sentuh 7 inch yang mampu terkoneksi dan fungsi antara lain Smartphone Connection dan Hands-Free Telephone. Fitur ini sama dengan yang diusung Xpander Cross.

Selain itu BR-V 2022 juga sudah dilengkapi fitur Walk-Away Auto Lock yang berfungsi untuk mengunci pintu secara otomatis saat pengemudi telah berjalan minimal 2 meter atau lebih dari mobil, kemudian Honda LaneWatch yang memberikan pengemudi pandangan yang lebih luas dari area blind spot.

Fitur selanjutnya yang ada di BR-V 2022 adalah Keyless Entry, Immobilizer, Smart Entry System untuk mempermudah masuk ke dalam kendaraan tanpa menggunakan kunci, Remote Engine Start dan Auto Foldable Side Door Mirror with LED Turning Signal.

Dari fitur-fitur yang disuguhkan, perseteruan Honda BR-V 2022 Vs Mitsubishi Xpander Cross dimenangkan oleh BR-V terbaru yang pastinya lebih lengkap.

Fitur keselamatan Honda Sensing Jadi Keunggulan BR-V

spesifikasi honda br-v terbaru - honda sensing
Fitur keselamatan pada BR-V 2022

Dari segi fitur keselamatan, pertarungan Honda BR-V 2022 Vs Mitsubishi Xpander Cross dimenangkan oleh Honda BR-V terbaru.

Baca juga  Honda Umumkan Harga City Hatchback RS, Kena Diskon PPnBM

Mobil hasil pengembangan dari Honda N7X ini mengusung struktur rangka G-CON + ACE with Side Impact Beam, Dual Front SRS Airbags, Side Airbags, Driver Seatbelt Reminder, Pretensioner with Load Limiter Seatbelt, ABS + EBD serta ISOFIX + Tether, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Assist (VSA), dan Parking Sensor.

Tak hanya itu saja, Honda BR-V 2022 varian tertinggi ini juga dilengkapi teknologi Honda Sensing yang mencakup Lead Car Departure Notification System (LCDN), Collision Mitigation Brake System (CMBSTM), Lane Keeping Assist System (LKAS), Adaptive Cruise Control (ACC), serta Auto-High Beam.

Sedangkan pada Mitsubishi Xpander Cross hanya mengusung fitur keselamatan HSA (Hill Start Assist), ASC (Active Stability Control), ESS (Emergency Stop Signal), Anti-lock Braking System), EBD (Electronic Brake Distribution), Dual SRS Airbags, Pretensioner with Load Limiter Seatbelt, ISOFIX + Tether, BA (Brake Assist) dan Traction Control.

Kesimpulan dari Honda BR-V 2022 Vs Mitsubsihi Xpander Cross adalah untuk desain, dimensi dan ground clearance Mitsubishi Xpander Cross lebih kental auranya sebagai sosok mobil SUV. Namun untuk kelengkapan fitur-fiturnya, Honda BR-V terbaru jauh mengalahkan mobil berlogo tiga berlian tersebut.

Moladiners, itulah ulasan mengenai Honda BR-V 2022 Vs Mitsubishi Xpander Cross. Untuk informasi otomotif menarik lainnya, pantau terus Moladin.com.

Terbaru