by

Honda CBR250RR Tricolor Indonesia Beda dengan Jepang

Kehadiran Honda CBR250RR Tricolor di Indonesia memang cukup menarik perhatian. Livery tersebut membuat tampilan motor 250 cc milik pabrikan berlogo sayap semakin sporty.

Buat yang belum tahu livery tricolor, ini merupakan salah satu tema khas motor sport Honda secara global. Cirinya punya kombinasi warna merah, biru, dan putih.

Di motor Honda terbaru, umumnya warna bodi tricolor digunakan oleh motor gede seperti Honda CBR1000RR-R dan CBR600RR. Hanya saja kini kelir istimewa tersebut mulai turun ke motor sport dengan kapasitas kecil seperti CBR150R dan CBR250RR.

Keunggulan livery tricolor, salah satunya punya sejarah yang panjang dengan dunia balap internasional. “Bermula pada keikutsertaan Honda pada ajang balap legendaris Isle of Man TT di tahun 1959 dengan mesin yang didominasi warna merah. Pada sekitar tahun 1970, pebalap Honda pun mulai memperkenalkan kombinasi tiga warna merah, biru, dan putih pada baju balapnya,” beber rilis resmi Honda yang kami terima.

Kemudian warna merah, biru, dan putih tersebut mulai muncul di bodi motor Honda CB750 pada 1973 pada ajang Daytona 200 mile di Amerika Serikat. Motor lain yang juga memakainya adalah NR500 di World GP 1979 dan Honda XR500R selaku juara Reli Paris-Dakkar 1982.

Baca juga  Test Ride Yamaha MT-15: Motor Sombong! (Bag. 2)

Akhirnya livery tricolor benar-benar mendunia dan menjadi salah satu ikon motor sport Honda. Jika kamu menginginkan Honda CBR250RR Tricolor, bisa ditebus dengan harga Rp 77,3 juta (OTR jakarta). 

Di Jepang Juga Ada CBR250RR Tricolor

honda cbr250rr tricolor versi Jepang
Ini merupakan sosok CBR250RR Tricolor yang dijual di Jepang

Kehadiran Honda CBR250RR Tricolor sesungguhnya bukan cuma di Indonesia. Pasalnya di Jepang, motor dengan livery istimewa tersebut hadir lebih dulu pada 2020. Hanya saja tampilan produk ini di negeri sakura agak berbeda.

CBR250RR Tricolor versi Jepang memiliki warna putih yang lebih dominan khususnya di fairing bawah. Lalu rangka motor dicat silver. Tidak cuma itu, sektor pelek juga dibuat sangat mentereng dengan balutan kelir emas.

Bandingkan dengan Honda CBR250RR Tricolor yang dijual di Tanah Air. Warna merah lebih mendominasi hampir seluruh bagian motor. Kemudian cat putih cuma sebagai pemanis berbentuk garis yang melapisi bodi samping dan kover lampu depan.

Lalu di Indonesia, pelek motor dan rangka dicat hitam. Dengan demikian pewarnaan motor ini secara keseluruhan tidak sekontras versi Jepang.

Baca juga  MV Agusta Superveloce 75 Anniversario untuk Para Kolektor

Spesifikasi Honda CBR250RR Tricolor

honda cbr250rr tricolor indonesia
Motor dengan livery istimewa ini memiliki basis Honda CBR250RR SP Quick Shifter

Bicara spesifikasi, kuda besi ini menggunakan basis varian CBR250RR SP Quick Shifter. Jadi soal performa mesin tidak perlu diragukan lagi. Di atas kertas pakai kubikasi 249,7 cc berkonfigurasi empat silinder dan pendingin cairan.

Mesin itu bisa melontarkan torsi puncak hingga 25 Nm pada 11.000 rpm dan tenaga maksimal 41 PS pada 13.000 rpm. Bukan cuma itu ada pula sistem transmisi 6-percepatan manual yang terintegrasi quick shifter.

Guna quick shifter, memudahkan perpindahan gigi naik atau turun untuk pengendara, tanpa perlu menekan tuas kopling. Hadir pula fitur lain yaitu assist & slipper clutch yang membuat kopling semakin ringan, serta mencegah roda selip saat deselarasi.

Dengan basis varian SP Quick Shifter, maka anti-lock braking system (ABS) pun telah tersemat untuk meningkatkan faktor keselamatan ketika berkendara. Setelah tahu spesifikasi lengkap dari Honda CBR250RR Tricolor, apakah kamu tertarik punya?

Terbaru