Iron Work Car & Motorcycle Spesialis Sandblasting, Karat Minggat Motor Jadi Cling

Moladin – Bicara sandblasting sepertinya sudah tidak asing lagi. Cara kerjanya juga sederhana, teknik dasar usir cat dan karat menggunakan pasir khusus bertekanan tinggi itu paling efektif dalam pengerjaannya. Tak heran jika sandblasting mulai diminati, khususnya kalangan penyuka modifikasi motor, salah satu penyedia jasa teknik ini adalah bengkel Iron Work Car & Motorcycle.

Urusan karat memang sangat menyebalkan, apalagi kalau sudah menempel di bagian komponen motor. Sudah dibersihkan berkali-kali sampai di cat ulang, tapi masih muncul juga. Namun, teknik yang satu ini efektif dan cepat mengusir karat. Sandblasting punya keunggulan mampu mengusir material terkontaminasi kerak debu, oli, karat bahkan permukaan krom atau cat dasar yang sudah usang.

Proses tembakan atau penyemprotan abrasive material berupa pasir, silica maupun steel grit ke permukaan benda, akan menimbulkan gesekan atau tumbukan hingga permukaan lebih bersih hingga kepori-pori. “Permukaan yang kotor tadi langsung bersih dan kasar. Sehingga jika ingin di cat atau krom ulang hasilnya akan melekat dengan maksimal. Proses pengerjaannya juga lebih cepat dibanding proses menghilangkan karat atau cat dengan cairan remover,” ujar Setio Widayanto punggawa Iron Work Car & Motorcycle.

 

Proses Pengerjaan Sandblasting

Ada dua jenis abrasive material untuk proses sandblasting, yaitu abrasive logam dan non logam. Abrasive non logam termasuk pasir, silika, alumunium oksida, silikon, karbida, glass bead, natrium bikarbonat (baking soda) dan lainnya. “Sedang abrasive logam antara lain steel shoot, pasir besi, wire cut carbon,” imbuh pebengkel di Jl. Swatantra IV No.50 Jatiasih, Bekasi.

iron-work-car-motorcycle-spesialis-sandblastingProses sandblasting rangka Vespa

Semua material tadi ditembak dengan alat pendukung berupa kompresor, selang, nosel, tabung penyaring udara, tabung penampung pasir dan helm khusus untuk operator sandblasting. Lalu tingkat kekasaran dapat disesuaikan dengan ukuran pasir serta tekanan angin. Adapun material yang bisa di sandblasting yaitu logam seperti besi, alumunium, kuningan dan perunggu.

Nah, untuk jasa sandlbasting sendiri mulai dari harga 500 ribu hingga 1,5 jutaan. Detailnya sebagai berikut, untuk satu unit mesin di bawah 225cc jasanya 500 ribu, mesin di atas 250cc – 80occ Moladiners cukup merogoh kocek 600 – 800 ribu saja, mesin di atas 900cc tarif jasanya 1,5 juta. Bagian sasis dikenakan tarif jasa 500-700 ribu, terakhir untuk part item kecil dipatok mulai dari 50-100 ribu.

iron-work-car-motorcycle-spesialis-sandblastingContoh mesin Yamaha Scorprio yang sudah di sandblasting

Selain sandblasting, bengkel Iron Work Car & Motorcycle juga menyediakan jasa powdercoating atau pengecetan dengan teknik khusus. Hasilnya pun lebih maksimal, merata dan melekat kuat di komponen. Nah, buat sobat Moladiners yang ingin gunakan jasa sandblasting dan powdercoating langsung saja ke Iron Work Car & Motorcycle yang beralamat di Jl. Swatantra IV No.50 Jatiasih, Bekasi. Pastinya cocok nih buat yang ingin membuat tampilan motornya makin sempurna.

Baca Juga:

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *