oleh

Penjualan Ritel Mitsubishi Naik, Xpander Masih Idola

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menorehkan catatan positif dalam penjualan. Di mana penjualan ritel Mitsubishi untuk segmen kendaraan penumpang dan niaga ringan di bulan November tercatat sebanyak 5.359 unit.

Torehan tersebut, diklaim Mitsubishi sebagai catatan penjualan terbaik pada periode fiskal 2020 (April-November). Di tengah pandemi Covid-19 yang memberlakukan situasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sejumlah daerah.

Adapun untuk segmen kendaraan penumpang, penjualan ritel Mitsubishi sebanyak 2.936 unit. Kontribusi terbesar masih ditopang oleh line-up produk Mitsubishi Xpander (termasuk Xpander Cross) sebesar 68 persen lebih dari total penjualan.

Tak hanya itu, penjualan ritel Mitsubishi di segmen kendaraan penumpang juga didorong oleh Mitsubishi Pajero Sport yang berkontribusi sebesar 31 persen. Torehan itu tentunya membawa angin segar bagi pabrikan seiring kondisi pasar otomotif yang semakin membaik jelang akhir tahun 2020.

Pada segmen kendaraan niaga ringan MMKSI mencatat penjualan 2.423 unit, yang didominasi model L300, dengan kontribusi sebesar lebih dari 78% terhadap penjualan segmen kendaraan niaga ringan MMKSI.

Baca juga  Perkuat Pasar Sumatera, Diler Fuso Riau Diresmikan

“Terima kasih kepada masyarakat Indonesia, khususnya konsumen setia kami atas kepercayaan, dukungan dan apresiasi yang baik terhadap Mitsubishi Motors di Indonesia,” ujar Naoya Nakamura, President Director PT MMKSI.

Nakamura menjelaskan, dalam kondisi yang belum stabil seperti sekarang ini kami tetap optimis dan berkomitmen untuk terus memberikan layanan terbaik dalam keseluruhan proses kepemilikan kendaraan kepada konsumen secara berkelanjutan.

Penjualan Mitsubishi yang mulai membaik itu tak lepas lantaran line-up produk Mitsubishi diklaim pabrikan menjadi pilihan banyak konsumen. Karena kesesuaiannya dalam menjawab kebutuhan dan keinginan konsumen di Indonesia.

Hal itu dibuktikan dengan capaian pangsa pasar positif oleh model kendaraan Mitsubishi Motors di Indonesia pada periode November 2020. Di mana Pajero Sport berhasil meraih 33,6 persen pangsa pasar di segmen medium SUV.

Lalu Mitsubishi Triton sukses menguasai market sebesar 42,6 persen di segmen pikap 4×4, dan L300 mencatat pangsa pasar sebesar 65,9% di segmen Small Pick-Up 4×2.

Penjualan Ritel Mitsubishi Tumbuh, Sejalan Dengan Pasar Otomotif?

Penjualan ritel Mitsubishi November 2020
Penjualan ritel Mitsubishi November 2020

Mengacu pada pertumbuhan penjualan ritel Mitsubishi, sejatinya sejalan dengan meningkatnya industri otomotif di bulan November lalu. Tren ini diharapkan bakal terus berlangsung hingga awal tahun 2021 mendatang.

Baca juga  Penjualan Mitsubishi September 2021, Xpander Terlaris

Jongkie Sugiarto, Ketua I Gaikindo menegaskan, kontribusi penjualan mobil terbesar akan berasal dari jenis mobil dengan harga Rp 250 juta ke bawah. Sedangkan untuk mobil listrik yang masih seharga Rp 700 jutaan masih berkontribusi tipis.

Pun begitu, dari sisi pangsa pasar Toyota masih memiliki pasar yang cukup besar yakni mencapai 30 persen, disusul Daihatsu 17 persen, dan Honda 13 persen.

Sedangkan untuk Mitsubishi dan juga Suzuki menyusul dengan pangsa pasar masing-masing sebesar 12,3 persen dan 10,7 persen.

“Harapannya tentu pertumbuhan ekonomi di RI bisa kembali ke arah 5 persen. Imbasnya daya beli masyarakat juga akan membaik dan kembali melakukan pembelanjaan mobil,” pungkas Jongki ketika dihubungi Moladin via gawai.

Sekadar informasi, penjualan mobil di tahun 2020 ini diproyeksi hanya sebesar 525.000 unit. Sementara untuk target 2021, Gaikindo mematok angka 750.000 unit mampu terjual di tahun mendatang.

Baca juga:

Baca juga  Spesifikasi Mitsubishi Canter Euro 4, Semakin Modern!

Terbaru