Untung Mana, Pakai Pertamax atau Premium untuk Sehari-hari?

Halo, Sobat Moladin! Kalian pasti sering lihat pemandangan antrian SPBU yang mengular setiap hari. Paling banyak antriannya biasanya di jalur Premium, ya kan. Tahu nggak kamu, isunya bensin jenis premium ini bakal dibatasi lho. Hal ini karena premium adalah bensin yang disubsidi oleh negara dan penggunaannya diperuntukkannya bagi golongan yang kurang mampu. Kalau kalian termasuk tipe pertamax atau premium nih sob?

diskon helm

Nah, ada baiknya sobat Moladin dengan penghasilan lebih mulai mempertimbangkan menggunakan Pertamax atau Pertamax Plus untuk berkendara sehari-hari. Selain membantu pembangunan negara dengan tidak menggunakan bensin bersubsidi, Pertamax juga lebih ramah lingkungan dibandingkan bensin premium lho. Memang sih sedikit lebih mahal apalagi beberapa minggu lalu pemerintah baru saja menaikan harganya, tapi banyak keuntungannya lho menggunakan bensin Pertamax, terutama dari sisi perawatan, sob.

Kawasaki W 175

*Angsuran mulai dari

Menurut pengalaman Jinny pribadi, kalau menggunakan bensin Pertamax motor jadi lebih bertenaga dan suaranya jadi lebih halus. Sedangkan berdasarkan informasi yang Jinny kumpulkan dari berbagai mekanik, menggunakan Pertamax atau pertamax plus membuat pembakaran mesin jadi lebih bersih alias lebih sedikit meninggalkan kerak di ruang bakar.

BELI MOTOR LEXI HANYA 700 RIBU AJA DP-NYA…SERBUUUU….!

Menurut para mekanik, Pertamax dan Pertamax plus mempunyai karakter lebih kering daripada bensin premium karena lebih gampang menguap dan mampu terbakar lebih banyak dibandingkan dengan bensin premium, sob. Sifat keringnya inilah yang membuat kerak karbon di ruang bakar jadi lebih sedikit. Dan tentu saja lebih ramah lingkungan karena mengurangi pelepasan karbon ke udara.

Ruang bakar dengan sedikit kerak membuat motor kalian tidak harus sering diservis untuk membersihkannya, sob. Alias jadi lebih hemat dari sisi perawatan. Kalian tidak perlu sering-sering ke bengkel untuk membongkar mesin, cukup rutinitas perawatan bulanan seperti ganti oli dan ganti kampas rem. Sebagai ilustrasi nih, apabila kalian menggunakan bensin Premium, kalian harus melakukan servis besar setiap tahun. Sedangkan dengan menggunakan Pertamax atau Pertamax Plus, kalian baru melakukan servis besar setelah 1,5  sampai 2 tahun. Irit banget kan.

Viar Vintech 200

*Angsuran mulai dari

Untuk informasi tambahan kalian, sob, Pertamax plus juga sudah diproduksi tanpa timbal lho. Dan diproses menggunakan HOMC (High Octane Mogas Component). Nilai Oktan Pertamax sekarang adalah 92. NIlai Oktan sangat penting karena makin tinggi oktan maka bensin tidak mudah terbakar sebelum waktunya sehingga motor jadi bertenaga dan hemat BBM. Wah selain hemat bensin, pakai Pertamax berarti lebih sehat buat lingkungan ya.

Kalian juga bisa mencoba bensin Bio Pertamax, sob.  Bensin ini dihasilkan melalui percampuran Pertamax dan Etanol murni. Dipastikan lebih kering karena etanol sendiri memiliki sifat yang lebih mudah menguap dan mudah mengikat air. Jadi bingung kan mau pakai yang mana. Pertamax, Pertamax Plus, atau bio Pertamax sma-sama bagus kok, sob. Disesuaikan saja dengan kantong kalian.

Voucher BBM 100.000

Pertamax atau premium balik lagi dengan kebutuhan dan budget masing-masing ya sob! Semoga tips dari Jinnya tentang Pertamax ini bisa membantu kalian!

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *