Beberapa Toilet SPBU Pertamina Memasang Tarif, Haruskah Fasilitas Ini Berbayar?

Haloo sobat Jinny. Kalian udah berangkat mudik apa belum nih? Buat yang lagi di perjalanan pulang kampung, tetap safety di jalan ya! By the way, rasanya mustahil jika pada saat perjalanan mudik kalian belum pernah ngerasain toilet di Pom bensin, ya kan. Sudah sewajarnya sebuah SPBU telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas mulai dari tempat ibadah sampai toilet SPBU Pertamina yang harusnya gratis.

Yamaha Nmax

*Angsuran mulai dari

Nah, tapi belakangan ini telah banyak toilet SPBU Pertamina yang mewajibkan penggunanya untuk membayar sejumlah uang. Besarnya uang biasanya dipatok sekitar Rp. 2000, bahkan pernah Jinny jumpai toilet SPBU yang terdapat daftar harga sesuai penggunaannya. Dalihnya sebagai dana kebersihan yang biasanya dijaga oleh seorang yang sudah siap dengan kotak uang. Yah, meskipun terasa kurang relevan jika dibandingkan dengan kebersihan toilet itu sendiri.

Tidak Tanggung-Tanggung, Tarif Rp. 5000 Untuk Sekali Penggunaan Toilet SPBU Pertamina ini
Tidak Tanggung-Tanggung, Tarif Rp. 5000 Untuk Sekali Penggunaan Toilet ini

Pihak Pertamina Angkat Bicara Soal Toilet SPBU Pertamina Berbayar ini

Sering jadi pertanyaan, “bukankah toilet itu termasuk pelayanan dari SPBU bagi pelanggan?”. Menanggapi hal tersebut, pihak PT. Pertamina pun buka suara.

“Enggak kok, sebenarnya buang air kecil di SPBU itu enggak bayar,” kata Adiatma Sardjito, Vice President Corporate Communication Pertamina.

“Sebetulnya gratis ya buat para pelanggan. Enggak ada kewajiban juga untuk membayar,” ujarnya menambahkan.

Kawasaki Ninja 250 - 2018

*Angsuran mulai dari

Bila diteliti, belakangan ini toilet SPBU Pertamina memang makin banyak yang memasang tarif untuk sekali penggunaan toilet, terlebih lagi saat momen mudik. Bahkan di Jakarta sekali pun, tak sulit untuk menemukan SPBU yang memasang tarif toilet. Hal ini sangat berbeda dengan sebelumnya, yang sama sekali tidak pernah dikenakan biaya.

BACA JUGA : TIPS MUDIK AMAN & NYAMAN KHUSUS PENGENDARA MOTOR

Untuk itu, Adiatma Sardjito mengaku, jika ditemukan toilet SPBU Pertamina yang kedapatan mengenakan tarif untuk sekali masuk bisa langsung melaporkan ke call center Pertamina.

“Laporkan saja, nanti akan kami tindak lanjuti,” ancamnya.

Jika kalian menemui hal semacam ini, kalian bisa menghubungi call center Pertamina Pusat di telepon: 021-500000 atau Email: pcc@pertamina.com.

Jika Toilet SPBU Pertamina Seperti Ini, Wajar Bila Dikenakan Tarif?
Jika Toilet SPBU Pertamina Seperti Ini, Wajar Bila Dikenakan Tarif?

Nah, buat kalian pengguna toilet SPBU Pertamina yang merasa dirugikan, jangan segan mengadu kalau dimintain uang yah. Okelah kalo toiletnya memang benar-benar dijaga kebersihannya lalu kalian dimintain uang, masih terdengar agak relevan. Gunakan pilihan yang bijak sebelum ngelaporin ya, guys. Semoga kalian yang saat ini dalam perjalanan mudik, tetap berhati-hati ya! Dan buat kalian yang baru akan berangkat mudik esok hari jangan lupa cek kondisi kendaraan kalian. Periksa di bengkel langganan kalian, kalian juga bisa baca rekomendasi bengkel terbaik untuk motor kalian disini.

Yamaha YZF-R15

*DP mulai dari

DAPETIN MOTOR IMPIAN BUAT LEBARAN KALIAN DISINI, YAMAHA NMAX 155 NON-ABS DISKON DP HINGGA 500RIBU. KLIK DISINI!

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *