7 Tips Atasi Rasa Pegal Saat Berkendara Jarak Jauh

Terlalu lama mengendarai motor dengan perjalanan yang cukup jauh membuat badan lebih cepat terasa pegal. Terutama pemotor yang tidak terbiasa melakukan perjalanan jauh dengan mengendarai motor. Seluruh badan terasa kaku dan persendian seolah terbakar. Bagian tubuh yang paling tersiksa adalah punggung, dimana bagian ini bekerja paling berat. Kali ini, Jinny kasih beberapa tips atasi rasa pegal saat berkendara jarak jauh, seperti berikut ini :

 

1. Tips Atasi Rasa Pegal Saat Berkendara Pada Bagian Leher.

Atasi Rasa Pegal Saat Berkendara Pada Bagian Leher Dengan Gerakan Kesamping Secara Berulang
Atasi Rasa Pegal Saat Berkendara Pada Bagian Leher Dengan Gerakan Kesamping Secara Berulang

Tekanan angin pada helm, hentakan akibat melakukan shifting saat berkendara dapat mengakibatkan otot pada leher menjadi tegang. Rasa sakit ini timbul dari area pangkal leher, mencegah leher untuk bergerak bebas dari sisi ke sisi. Hal ini dapat dikurangi dengan beberapa peregangan sederhana agar otot menjadi lemas dan peredaran darah kembali lancar.

Lemaskan leher kemudian gerakkan kepala ke arah bahu dari kanan hingga ke kiri dan sebaliknya secara berulang. Barengi dengan menghembuskan nafas di sepanjang gerakan. Ulangi peregangan ini beberapa kali hingga gejala pegal pada bagian leher mereda.

 

2. Tangan Tidak Bisa Diangkat Keatas.

Jika merasakan sakit yang membuat lengan tidak bisa bergerak bahkan diangkat, berarti kalian sedang mengalami tendonitis pada bagian bahu. Hal tersebut karena terjadinya peradangan pada salah satu otot tendon. Untuk mengatasi rasa sakit tersebut, segeralah mencari sesuatu yang dingin, misalnya minuman dingin di dalam botol. Kemudian bisa kalian tempelkan pada bagian yang terasa sakit tersebut sehingga peradangan terasa membaik.

Atasi Pegal Dengan Tarik Siku Ke Belakang Sejajar Dengan Dagu
Tarik Siku Ke Belakang Sejajar Dengan Dagu

Untuk mencegah hal ini terjadi, kalian harus menyesuaikan posisi stang motor, atau mengubahnya dengan stang yang lebih lebar. Kalian dapat mengubahnya sesuai dengan tinggi dan posisi kalian saat berkendara. Dengan penyesuaian posisi dan tinggi stang ini, diharapkan dapat mencegah rasa sakit seperti ini menyerang kembali.

Ayunkan Lengan Ke Belakang Berulang Kali Dengan Lembut
Ayunkan Lengan Ke Belakang Berulang Kali Dengan Lembut

 

Latihan ini juga dapat kalian lakukan ketika hal tersebut terjadi. Caranya dengan mengayunkan lengan kalian dari depan hingga ke belakang dengan gerakan yang smooth. Ulangi gerakan tersebut hingga rasa sakit perlahan mereda.

 

BELI MOTOR SUZUKI NEX DP HANYA 300 RIBUAN SAJA? BISA KOK, BELI AJA DI SINI!

 

3. Nyeri Pada Bagian Punggung Bawah.

Bisa Lakukan Gerakan Ini Saat Pegal
Bisa Lakukan Gerakan Ini Saat Nyeri Pada Punggung Bawah

Kalian bisa melakukan pertolongan pertama ketika gejala ini menyerang yang biasanya baru akan terasa saat kalian hendak akan turun dari motor. Perlahan lemaskan badan kalian sambil memegang handle stang kiri dengan tangan kiri dan letakkan tangan di kursi atau behel belakang. Kemudian kalian bisa melakukan hal sebaliknya secara berulang beberapa kali. Hal ini agar punggung bagian bawah kalian kembali rileks setelah beberapa jam berkendara.

 

4. Tips Atasi Rasa Pegal Pada Punggung Bagian Atas.

Atasi Rasa Pegal Saat Berkendara Pada Bagian Leher

Jika kalian mengalami rasa sakit pada punggung bagian atas hingga bagian bahu, berarti kalian mengalami apa yang dinamakan kontraktur trapeze. Kalian bisa mengatasi hal tersebut dengan senam ringan. Caranya dengan meregangkan bagian belakang leher dengan tangan, kemudian buka tangan lebar-lebar dan ayunkan dengan lembut. Ulangi gerakan tersebut beberapa kali hingga rasa sakitnya sedikit mereda. Jika memungkinkan, mandi air hangat akan segera meredakan gejala dan rasa sakit tersebut.

 

5. Mati Rasa Pada Bagian Kaki.

Tips Atasi Rasa Pegal Dengan Mengangkat Kaki Ke Belakang Untuk Merelaksasi Otot Kaki
Tips Atasi Rasa Pegal Dengan Mengangkat Kaki Ke Belakang Untuk Merelaksasi Otot Kaki

Hati-hati jika kalian mengalami nyeri punggung bagian bawah yang sudah disebutkan di atas, karena hal tersebut bisa menjalar hingga ke bagian kaki. Dimana kaki sebelah kanan atau kiri bahkan keduanya mengalami mati rasa. Hal tersebut disebabkan peredaran darah yang kurang lancar dan syaraf yang mengalami kelelahan. Lakukan gerakan kaki ke atas secara perlahan, serta ulangi beberapa kali agar syaraf skiatik menjadi rileks.

 

BACA JUGA : 6 CARA AGAR TIDAK MUDAH CAPEK DI PERJALANAN

 

6. Trik Ini Dapat Mencegah Mati Rasa Pada Tangan Dan Jari.

Peregangan tangan dan jari setelah berkendara
Peregangan Tangan Dan Jari

Tekanan konstan pada handle stang, tuas kopling serta tuas rem dapat menjadi faktor penyebab hal seperti ini muncul. Ketika otot jari mengalami kelelahan yang disebabkan beban kerja yang berat dapat dengan mudah menimbulkan gejala seperti di atas. Hal ini dapat kalian atasi dengan meregangkan lengan dengan menyatukan kedua jari tangan ke arah depan. Regangkan dengan lembut dalam kondisi rileks dan ulangi gerakan ini beberapa kali.

yamaha lexi

 

7. Kelelahan Setelah Berkendara.

Istirahat merupakan hal yang wajib, serta perhatikan asupan air mineral. Jika kalian benar-benar lelah setelah menempuh perjalanan yang panjang, istirahatlah yang cukup dan rutin minum air putih. Bisa kalian imbangi dengan makan buah-buahan agar kebutuhan vitamin dan mineral kalian terpenuhi. Sehingga proses pemulihan dapat berjalan lebih cepat.

 

Sekian tips dari Jinny untuk menjaga punggung dalam kondisi prima meski melakukan perjalanan jarak jauh. Jika ada tips lainnya boleh loh tulis di kolom komentar!

 

Ingat Motor, Ingat Moladin!

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *