by

Spesifikasi Mini GT Edition, Mobil Nostalgia Untuk Indonesia

Spesifikasi Mini GT Edition – Mini memang salah satu merek mobil yang istimewa. Desainnya unik, sejarahnya kuat, dan punya rasa berkendara menyenangkan.

Mini juga kerap menghadirkan mobil edisi spesial. Pada Mei 2020, mereka memboyong Countryman Blackheath Edition. Satu bulan berselang, kini hadirlah Mini GT Edition, Kamis (18/6).

Peluncuran Mini GT Edition kian spesial, lantaran secara khusus dibuat untuk pasar Indonesia. Tidak dijual di negara lain. Jadi setiap orang yang memilikinya, bakal dipenuhi rasa bangga.

“Edisi terbatas eksklusif ini, dengan tersedia 30 unit, ditujukan untuk mereka yang ingin tampil beda, untuk pre-order online mulai 22 Juni 2020,” kata Director of Communications BMW Group Indonesia, Jodie O’tania.

Lebih istimewa lagi, Mini GT Edition penuh dengan kisah nostalgia. Desainnya Terinspirasi oleh Mini 1275 GT produksi 1969 yang legendaris. Dengan sejumlah kelebihan tersebut, wajar kalau harganya tembus Rp1 miliar.

Buat kamu yang ingin tahu detail spesifikasi Mini GT Edition dan kisah nostalgia Mini 1275 GT, simak bahasan berikut:

Desain Mini GT Edition, Kental Aura Rally

spesifikasi mini gt edition
Mini GT Edition terinspirasi dari mobil rally legendaris Mini 1275 GT lansiran 1969

Spesifikasi Mini GT Edition yang bakal membuat kamu kagum, pasti desainnya. Berbasis Mini 3 Door Cooper S, namun dikombinasikan dengan nilai historis dari Mini 1275 GT.

Apa hebatnya Mini 1275 GT? Inilah mobil yang diproduksi antara kurun 1969 – 1980. Hadir sebagai Mini Cooper S, sekaligus Mini pertama yang dilengkapi fitur takometer.

“Mini 1275 GT yang pada saat itu merupakan salah satu kendaraan sport kompak paling aman, paling lengkap, unggul secara aerodinamis, dan paling mudah untuk dikonfigurasi,” beber Jodie.

Keistimewaan lain, Mini 1275 GT dengan performa mantap kerap menjuarai berbagai ajang rally. Oleh karenenya, ketika Mini GT Edition dibuat sebagai model reinkarnasi, gaya rally tidak dihilangkan.

Baca juga  Mengenal Morris Mini Cooper MK1, Koleksi Raffi Ahmad

Tampilan khas mobil rally dapat terlihat lewat tambahan lampu LED di grille depan. Kemudian ada livery garis vertikal yang membentang dari garis di kap depan dan pintu bagasi. Bodinya juga mendapat aksesori berupa John Cooper Works Aerodynamic Kit.

Bukan cuma itu, roda juga pakai ukuran 17 inci John Cooper Works. Ada pula berbagai aksesori bertuliskan GT Edition sebagai identitas.

Masuk ke interior, aura sportif juga masih kental terasa. Ada bangku yang dirancang seperti jok mobil balap. Tidak ketinggalan di kokpit, hadir pelapis kulit John Cooper Works Dinamica.

Soal pilihan warna bodi, ada tiga: midnight black dengan melting silver roof dan mirror caps, chilli red dengan Jet Black Roof dan Mirror Caps, serta White Silver dengan Jet Black Roof dan Mirror Caps.

Ragam Aksesori di Mini GT Edition

  • John Cooper Works Aerodynamic Kit
  • Roda 17” John Cooper Works Track Spoke dengan Run-Flat Tyres
  • GT Edition Decal Eksklusif pada kap, skirt depan, spoiler belakang, bagian samping dan belakang
  • Scuttle Samping GT Edition
  • Lampu Depan LED Tambahan
  • Door handle dalam Piano Black
  • Trim Lampu Depan dan Belakang Piano Black
  • Penutup Tangki Bahan Bakar Piano Black
  • Grille Piano Black
  • 3D Printed GT Edition Interior Surface serta LED Door Sill yang
    tampilkan huruf “GT”.
  • Dua huruf ini juga diproyeksikan ke lantai dalam bentuk logo ketika pintu terbuka dengan GT Edition Logo Projector

Spesifikasi Mini GT Edition untuk Mesin

spesifikasi mini gt edition
Jantung mekanisnya tidak ada beda dengan Mini Cooper S yang pakai kapasitas 2.0 liter

Jika melihat spesifikasi Mini GT Edition dalam hal mesin, mungkin kamu bakal kecewa. Walau desainnya begitu sportif dan terinspirasi dari Mini 1275 GT yang jadi legenda di ajang rally, namun soal mesin sungguh tidak ada revisi. Mobil ini masih pakai jantung mekanis serupa Cooper S, bukan John Cooper Works.

Baca juga  Sosok Honda Jazz Type R, Masuk Indonesia?

Kubikasi mesinnya 2.0 liter dengan teknologi TwinPower Turbo. Performa yang dapat dihasilkan untuk torsi 280 Nm dan tenaganya 192 hp. Kombinasinya adalah sistem transmisi otomatis 7-percepatan dual clutch sports.

Mini mengklaim kemampuan akselerasi dari 0-100 Kpj adalah 6,7 detik. Sementara untuk kecepatan maksimalnya 235 Kpj.

Lebih dari itu, sistem kontrol elektronik dari transmisi 7-percepatan dual clutch tersebut tawarkan berbagai fungsi progresif. Sebut saja untuk tingkatkan efisiensi bahan bakar dengan fitur start/stop. Cara kerjanya, menonaktifkan mesin secara otomatis saat mobil berhenti.

Tidak ketinggalan, fungsi coasting juga tersedia dalam mode berkendara MID dan GREEN. Drivetrain dilepas begitu pengemudi mengangkat kaki dari pedal akselerator. Hal ini memungkinkan MINI untuk berjalan pada kecepatan idling. Termasuk bebas dari efek pengereman mesin apapun dengan konsumsi bahan bakar minimum.

Walau sebenarnya Spesifikasi Mini GT Edition untuk mesin tersebut sudah cukup, tetap saja alangkah lebih baik kalau ada penambahan performa. Bagaimana menurut kamu?

Baca juga:

Fitur-Fitur di Mini GT Edition

spesifikasi mini gt edition
Jok khas mobil balap dengan interior bertema gelap dengan kombinasi merah semakin menambah aura sportif

Bicara spesifikasi Mini GT Edition soal fitur juga sama saja dengan Cooper S. Mobil ini punya head unit berukuran 6,5 inci bergaya bulat yang mampu terkoneksi Apple Carplay.

Baca juga  6 Kelebihan Suzuki Baleno Hatchback, Patut Dipertimbangkan

Dengan demikian, pengemudi dapat mengontrol fungsi utama iPhone dengan menggunakan head unit atau perintah suara Siri. Apple Carplay tentu memudahkan panggilan telepon, mendengarkan musik, navigasi, serta mengirim pesan saat berkendara.

Fitur lain yang dipunya adalah Mini Park Assist. Berguna memberi petunjuk ketika memarkirkan kendaraan sampai posisinya benar. Hadir pula Mini Head-Up Display yang bisa menolong kamu memberikan berbagai informasi, tanpa melepaskan pandangan dari jalan.

Terkait fitur keselamatan, tidak perlu ragu. Mini GT Edition telah memiliki Dynamic traction dan Stability control yang membuat cengkeraman ban ke aspal selalu optimal. Pengendara juga bakal mendapat Mini Driving Assistant berbasis kamera yang mampu memberi berbagai informasi terkait potensi kecelakaan di depan.

Harga Mini GT Edition

spesifikasi mini gt
Mini GT Edition tersedia dalam tiga pilihan warna: putih, hitam dan merah

Dengan spesifikasi Mini GT Edition yang istimewa tersebut, harganya tembus Rp1 miliar. Tepatnya Rp1,035 miliar (OTR Jakarta). Jika kamu membeli mobil ini, bukan cuma mendapat kendaraan, tapi juga nostalgia.

Ingat, Mini GT Edition adalah reinkarnasi dari Mini 1275 GT legendaris. Kemudian soal basis produksinya, mobil yang cuma dibuat 30 unit ini merupakan garapan pabrik Mini Oxford Plant.

Selain itu, Mini juga memberi berbagai keuntungan untuk konsumen yang meminang GT Edition. Sebut saja Mini 4 Year Unlimited Mileage Warranty dengan Free Scheduled Service, 5 Years MINI Service Inclusive dan 2 Years BMW Group Tyre Coverage.

Dalam masa pandemi virus korona, Mini juga memiliki protokol khusus dalam hal pembelian kendaraan. Mulai dari home service dan penjemputan kendaraan, online technical updates, layanan sanitasi bebas biaya untuk setiap pengiriman mobil baru, dan masih banyak lagi.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 comments

Terbaru