Tes Lengkap Mazda CX-60 Hybrid Kuro Edition, SUV Terkencang Versi Moladin?

by Tigor Sihombing
Tes Lengkap Mazda CX-60 Hybrid Kuro

Kali ini Moladin akan menyampaikan hasil tes lengkap Mazda CX-60 Hybrid Kuro Edition terbaru. Mazda terus memperluas jajaran SUV premiumnya dengan pengenalan varian terbaru, Mazda CX-60 Hybrid Kuro Edition 2023.

Sebagai tambahan ke dalam keluarga Mazda CX-60, Kuro Edition menawarkan sentuhan sporty yang menarik dengan beberapa fitur yang membedakannya dari varian lainnya.

Mazda CX-60 Kuro 2023 menampilkan desain yang mengusung kesan sporty yang kuat. Dengan aksen hitam yang mendominasi, mulai dari velg 20-inch berwarna gloss black hingga aksen dark chrome pada signature wing, side signature, dan rear bumper garnish, mobil ini memancarkan aura yang berbeda dari varian Elite.

Model ini grille depannya menggunakan gaya honeycomb yang unik, memberikan sentuhan yang lebih agresif dan dinamis. Ini berkontras dengan desain grille bar type yang digunakan dalam varian Elite (konsep elegan), menunjukkan bahwa Kuro Edition ditujukan untuk mereka yang mencari tampilan yang lebih berani dan berbeda.

Tidak hanya menawarkan desain yang menarik, Mazda CX-60 Kuro 2023 juga hadir dengan pilihan warna yang lebih beragam. Mulai dari Rhodium White Metallic yang klasik hingga Soul Red Crystal Metallic yang mencolok, serta Deep Crystal Blue Mica yang menjadi pilihan favorit banyak konsumen.

Nah beberapa waktu lalu Moladin sudah menguji mobil ini, termasuk tes nanjak, akselerasi, mesin dan konsumsi BBM, fitur, dan akomodasi. Berikut ulasan lengkapnya.

Baca juga  5 Rekomendasi Mobil Atap Terbuka di Indonesia, Ada yang Murah?

Test nanjak

image654
Motor listrik pada Mazda CX-60 Hybrid Kuro Edition turut membantu jika memang dirasa mesin memerlukan tenaga tambahan.

Denga diisi 5 orang penumpang, dengan rata-rata berat 100kg, Moladin mulai mencoba mobil ini melalui test nanjak. Mobil dalam kondsii tranction control on dan AC berada di posisi 1.

Hasilnya dari titik kemiringan ter miring 21 drajat mobil ini bisa melaju dengan mudah di titik tertinggi yang sudah ditentukan tim dengan catatan waktu 9,8 detik.

Dalam kondisi ini suara motor hybrid yang tersemat pada mobil seharga Rp 1,1 miliar ini sangat terasa. Artinya motor listrik pada Mazda CX-60 Hybrid Kuro Edition turut membantu jika memang dirasa mesin memerlukan tenaga tambahan.

Spek mesin dan akselerasi dan Konsumsi BBM Mazda CX-60 Hybrid Kuro

image653
Mazda CX-60 Hybrid Kuro Edition adalah salah satu mobil terkencang yang pernah diuji oleh Moladin, hanya kalah sedikit dari BMW 330i.

Terkait spek enjin, SUV ini mengusung mesin 3.3L Inline 6-silinder, e-Skyactiv-G, Turbocharged yang telah dilengkapi dengan teknologi M-Hybrid Boost (Mild Hybrid System). Mobil ini juga dilengkapi dengan i-Active All Wheel Drive (AWD) i-Activ yang secara primer mendukung pergerakan seluruh roda saat mobil bergerak.

Dari hasil tes, terlihat bahwa Mazda CX-60 Hybrid Kuro Edition memiliki performa yang sangat mengesankan. Dalam sprint 0-100 km/jam, mobil ini mampu mencapai waktu hanya dalam 6,5 detik, menunjukkan akselerasi yang sangat cepat. Bahkan, dalam akselerasi ke 201 meter, Mazda CX-60 Hybrid Kuro Edition hanya memerlukan waktu 9,4 detik, yang menunjukkan kemampuan akselerasi yang luar biasa dalam jarak pendek.

Baca juga  Diler Mazda Jemursari Dibuka Bantu Memperluas Jaringan di Surabaya

Meskipun demikian, ada perbandingan menarik dengan sprinter tercepat versi Moladin, BMW 330i, yang hanya 0,2 detik lebih cepat daripada Mazda CX-60 Hybrid Kuro Edition. Hal ini menunjukkan bahwa Mazda CX-60 Hybrid Kuro Edition adalah salah satu mobil terkencang yang pernah diuji oleh Moladin, hanya kalah sedikit dari BMW 330i.

Terkait konsumsi BBM, Moladin sempat melakukan test uji jalan mobil ini dengan total perjalanan 458 Km menghasilkan 11,1 Km/liter. Catatan yang cukup istimewa mengingat mesin mobil ini menggunakan mesin besar 3.300 cc turbo, serta pakai penggerak AWD.

Kesimpulannya, Mazda CX-60 Hybrid Kuro Edition adalah mobil yang sangat kompetitif dalam hal performa, dengan kemampuan akselerasi yang mengesankan, dan menjadi salah satu mobil terkencang kedua yang pernah diuji oleh Moladin.

Fitur dan Akomodasi

image655

Tema sporty dari luar juga terus dilanjutkan hingga ke kabin interior Mazda CX-60 Kuro 2023. Dengan menggunakan Nappa Leather berwarna tan atau cokelat pada jok dan kombinasi material suede di beberapa bagian kabin, interior mobil ini menawarkan kenyamanan dan gaya yang khas. Desain interior yang lebih gelap dan berani menambahkan sentuhan kesan sporty yang konsisten dengan karakteristik eksteriornya.

Terkait fitur, Mazda CX-60 Hybrid 2023 memanfaatkan platform terbaru, yakni Skyactiv Multi-Solution Scalable Architecture. Mesinnya disokong tenga 3.300 cc turbo dengan enam silinder segaris berteknologi mild hybrid atau M Hybrid Boost system.

Baca juga  Harga New Mazda CX-5, Semahal Apa?

Fitur Kinematic Posture Control (KPC) di Mazda CX-60 Hybrid menyediakan kenyamanan berkendara dengan setingan khusus pada suspensi, mereduksi guncangan dan body roll saat menikung pada kecepatan tinggi. Teknologi i-Activ mengoptimalkan distribusi roda depan dan belakang, sementara Intelligent Drive Select (Mi-Drive) menawarkan mode berkendara Normal, Sport, dan Off-Road.

Mazda CX-60 Hybrid juga dibekali fitur Automatic Driving Position menyesuaikan posisi duduk, setir, dan kaca spion yang bisa diseuaikan dengan pengemudi.

Sistem audio BOSE dengan 12 speaker memberikan pengalaman audio berkualitas tinggi, didukung oleh teknologi Mazda Harmonic Acoustics dan Master Sound Revive Noise Reduction (MSR NR).

Jadi menurut kami, Mazda CX-60 Hybrid Kuro Edition 2023 adalah pilihan yang tepat untuk kamu yang mencari SUV premium dengan tampilan yang sporty dan berbeda. Dengan desain eksterior yang dinamis, pilihan warna yang beragam, dan interior yang stylish, mobil ini memenuhi kebutuhan konsumen yang ingin tampil beda di jalan.

Bagi yang menginginkan kombinasi antara performa, gaya, dan kenyamanan, CX-60 Kuro 2023 adalah pilihan yang pantas dipertimbangkan.

Demikian ulasan Tes Lengkap Mazda CX-60 Hybrid Kuro. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

YouTube player

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika