Rabu, Mei 29, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Bagasi Wuling Alvez Jadi 625 Liter, Ini Cara Lipat Joknya!

by Tigor Sihombing
Wuling Alvez

Kira-kira berapa sih luas bagasi Wuling Alvez? Maklum pertanyaan ini terlontar, lantaran dimensi mobil merek Cina ini memang tidak terlalu besar. Di atas kertas, bodi eksteriornya cuma punya panjang 4.350 mm, lebar 1.750 mm, dan tinggi 1.610 mm, oleh karenanya masuk kelas SUV ringkas.

Bicara kapasitas bagasi, Wuling mengklaim interior Alvez di bagian belakang bisa mengangkut barang hingga 322 liter. Kami pun sudah mengukurnya secara mandiri dengan meteran sederhana. Ruang di belakang jok baris kedua SUV 5-seater ini memiliki panjang 85 cm, lebar 97 cm, dan tinggi 47 cm, dengan kata lain volume bagasinya sekitar 387,5 liter.

Kalau dibanding dengan kompetitor seperti Honda HR-V dan Hyundai Creta, sesungguhnya bagasi Wuling Alvez paling kecil. Pasalnya dari pengukuran kami, HR-V Gen-3 punya bagasi 421,2 liter. Kemudian bagasi Creta mencapai 478,5 liter.

Walau demikian, bagasi Wuling Alvez tersebut tetap cukup untuk membawa banyak barang, seperti stroller anak, koper, hingga tas. Kemudian yang juga menarik, di bagasinya tersedia fitur penerangan lampu LED di sisi kanan. Sementara di sisi kirinya ada gantungan untuk belanjaan. Kamu pun bisa memperluas volume bagasi Alvez, caranya dengan melipat jok belakang hingga rata lantai. 

Baca juga  MG VS HEV Meluncur 8 Agustus 2022, Hybrid Murah!

“Untuk total luas kapasitas bagaasi Wuling Alvez jika digabung bagasi belakang dan baris tengah kursi dilipat rata lantai menjadi 625 liter,” kata Product Planning Wuling Motors, Danang Wiratmoko saat sesi test drive Alvez di Jawa Tengah, beberapa waktu lalu.

Cara Melipat Jok Belakang Wuling Alvez

kekurangan wuling alvez - bagasi sempit

Jok baris kedua Wuling Alvez ini juga bisa dilipat dengan konfigurasi 40:60. Dengan kata lain, bila membutuhkan bagasi ekstra dan masih butuh tempat duduk untuk penumpang belakang, sangat mungkin untuk dilakukan.

Memang bagasi Wuling Alvez bisa diperluas dengan cara melipat jok belakangnya, walau begitu tidak banyak yang tahu tekniknya. Wajar, karena mekanisme pelipatan jok SUV asal Cina ini cukup unik.

Cara melipat jok belakang Wuling Alvez bukanlah dengan menarik tali pengait yang ada di sela-sela sandaran dan dudukan joknya. Bila itu kamu lakukan, jok tetap bisa terlipat, hanya saja tidak rata lantai.

Teknik yang benar untuk melipat jok baris kedua milik Alvez adalah dengan mengangkat lebih dulu dudukan joknya dan dorong ke depan. Selanjutnya tarik tali pengait untuk bisa menurunkan sandaran jok sampai rata lantai, hingga menghasilkan bagasi yang sangat luas.

Baca juga  Honda CR-V Turbo vs Hybrid 2023, Beda Signifikan!

“Bangku baris kedua Alvez bisa dilipat hingga flatdeck atau rata dengan bagasi, untuk mengakomodasi barang bawaan dan pengoperasian praktis,” jelas Danang.

Jok baris kedua Wuling Alvez ini juga bisa dilipat dengan konfigurasi 40:60. Dengan kata lain, bila membutuhkan bagasi ekstra dan masih butuh tempat duduk untuk penumpang belakang, sangat mungkin untuk dilakukan.

Sebagai informasi tambahan, tali pengait di jok belakang Alvez tersebut juga bisa membuat posisi duduk penumpang merasa lebih nyaman. Ketika ditarik, sandaran jok bisa pula direbahkan ke belakang, selain tentunya melipat ke depan. Menarik bukan?

Roof Rail Wuling Alvez Tidak Bisa untuk Dudukan Roof Box

roof rail wuling alvez

Wuling Alvez punya roof rail yang fungsinya cuma pemanis

Lalu yang juga menarik, Alvez sesungguhnya punya roof rail dari mulai varian paling rendah atau Alvez SE. Umumnya fitur roof rail berfungsi untuk menambah kapasitas bagasi mobil ketika interior mobil telah penuh penumpang dan barang. 

Cara memanfaatkan roof rail mobil adalah menambahkan aksesori bernama roof rack dan roof box. Setelah itu barulah barang-barang bawaan bisa diletakkan di roof box tersebut.

Baca juga  Peluncuran Wuling GSEV, Ada Varian Long range

Apakah roof rail Wuling Alvez bisa digunakan sebagai dudukan roof rail dan roof box? Sayangnya hal tersebut tidak bisa, karena roof rail SUV Cina tersebut cuma pemanis tampilan.

“Roof rail di Alvez hanya aksesori, tujuannya supaya mobil lebih stylish saja,” kata Danang.

Sebenarnya konsumen harus maklum kalau roof rail tersebut cuma pajangan, apalagi melihat harga Wuling Alvez SE yang sangat terjangkau. Banderol mobil lima berlian itu cuma Rp 209 juta (OTR Jakarta). Sementar untuk varian tertingginya atau Alvez EX cuma RP 295 juta (OTR Jakarta).

Ditambah lagi dengan harga tersebut, Wuling memberi banyak fitur modern di mobil ini. Khusus Alvez EX punya fitur keselamatan kekinian ADAS (Advanced Driver Assistance System). Di mana fitur ini sudah terintegrasi dengan Adaptive Cruise Control, Bend Cruise Assistance, Traffic Jam Assistance with Lane Keeping Function, Intelligent Cruise Assistance with Lane Keeping Function, Safe Distance Warning, Forward Collision Warning, Collision Mitigation System, Automatic Emergency Braking, Intelligent Hydraulic Braking Assistance, serta Lane Departure Warning. Istimewa bukan?

Demikian ulasan terkait luas bagasi Wuling Alvez dan cara pelipatan jok belakangnya. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Review Interior Wuling Alvez 2023

 

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika