oleh

8 Bocoran Mobil Baru di IIMS 2022, dari Cina Hingga Jerman!

Perhelatan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022 sebentar lagi akan berlangsung. Seperti biasanya, ada beberapa bocoran mobil baru di IIMS 2022 yang akan meluncur.

Bukan hanya mobil bermesin bensin, mobil yang menggunakan tenaga listrik juga kabarnya akan mengaspal di Indonesia. Bahkan beberapa lini produk mobil baru di IIMS 2022 tersebut diproduksi di Indonesia.

“Sudah menjadi agenda setiap event IIMS para produsen otomotif akan meluncurkan produk barunya. Hal tersebut tentunya menjadi nilai positif bagi industri otomotif,” ungkap Hendra Noor Saleh alias Kohen sapaan akrabnya selaku Director PT Dyandra Promosindo. (24/3/2022).

Nah, setidaknya ada 8 bocoran mobil baru di IIMS 2022 yang akan meluncur. Mari kita simak ulasannya berikut ini:

1. Mazda CX-5 Facelift

bocorn mobil baru di iims 2022
Mazda CX-5 facelift 2022

Bocoran mobil baru di IIMS 2022 yang pertama adalah Mada CX-5 facelift. Yup, mobil dengan segmen Sport Utility Vehicle (SUV) akan hadir kembali dengan beberapa ubahan.

“Kami mewakili Eurokars untuk mengikuti IIMS Hybrid 2022. Pada IIMS kali ini, kami akan menghadirkan Mazda CX dan memperkenalkannya kepada masyarakat di tanggal 1 April nanti. Semoga kita semua memperoleh transaksi yang banyak di IIMS Hybrid 2022,” ungkap Obie Magribie selaku Branch Manager Mazda Raden Saleh.

Meski tidak menyebut spesifik CX-5, namun saat kami menanyakan ke salah satu Wiraniaga diler Mazda dibilangan Jakarta Selatan yang bersangkutan mengiyakan hal tersebut.

“Iya, aka nada Mazda CX-5 baru infonya, untuk harga dan spesifikasi kami belum bisa menginformasikannya,” ungkapnya.

Kabarnya, Mazda CX-5 facelift akan mengalami beberapa ubahan pada sisi ekstriornya menjadi lebih agresif dan mewah. Pada fascia depan, grafis lampu utama berubah dengan permainan LED DRL (Day-time Running Lights) berbentuk L ganda. Sepintas mirip BMW.

Kemudian pada kisi-kisi grille bentuknya juga berubah dengan menonjolkan titik-titik horizontal tetap dengan kesan 3 dimensi dan mempertahankan frame berwarna chrome tebal.

2. Suzuki XL7 Edisi Khusus

bocorn mobil baru di iims 2022
Siluet yang diduga Suzuki XL7 edisi khusus

Bocoran mobil baru di IIMS 2022 selanjutnya adalah Suzuki XL7 edisi khusus. Yup, akun sosial media Suzuki_id sudah merilis bocoran siluet mobil baru yang akan mereka luncurkan di IIMS 2022.

Baca juga  Transaksi di IIMS Lebih Untung, Ini Caranya!

“Bersiaplah menyambut “The Extra Fine” Sudah siap menyambut mobil satu ini, Suzuki Family?”. Itulah kalimat yang tertulis di akun Instagram Suzuki_id.

Dari siluet yang ditampilkan, terlihat garis merah pada bagian bumper depan menyambung sampai bagian bawah body samping. Jika dilihat dari desain grillnya, bentuknya mirip dengan yang digunakan Suzuki XL7 yang sudah beredar di Indonesia.

Maka bukan tidak mungkin inilah XL7 edisi khusus. Masih ingatkan, pada gelaran GIIAS lalu, Suzuki menghadirkan Ertiga Sport FF. Bukan tidak mungkin di pameran otomotif kali ini muncul XL7 Sport FF.

3. Hyundai Ioniq 5

bocorn mobil baru di iims 2022
Hyundai Ioniq 5

Hyundai Ioniq 5 merupakan mobil listrik buatan Indonesia. Yup, Ioniq 5 diproduksi oleh Hyundai di pabriknya di Cikarang.

“Benar, Hyundai Ioniq 5 akan mulai diproduksi di pabrik Cikarang tahun 2022. Namun kapan waktunya kita tunggu saja, dalam waktu dekatlah,” ungkap Makmur beberapa waktu lalu.

Mobil listrik ini dikabarkan menawarkan 2 pilihan motor listrik. Di mana tenaga yang bisa dipilih adalah baterai dengan kapasitas 58 kWh atau 72,6 kWh.

Dengan berbekal kapasitas baterai tersebut, kecepatan maksimum yang bisa dihasilkan diklaim sampai 185 Km/jam. Kabarnya, untuk baterai dengan spesifikasi 72,6 kWh pabrikan sudah membekalinya dengan sistem penggerak all-wheel drive.

Mengenai tenaga maksimumnya, mobil listrik Hyundai pertama yang akan diproduksi di Cikarang ini diklaim sebesar 225 kWh dan torsi maksimumnya 605 Nm. Dengan begitu, untuk soal akselerasi, Hyundai Ioniq 5 dapat melesat dari posisi diam hingga 100 kpj hanya dengan 5,2 detik.

4. MG 5 GT

bocorn mobil baru di iims 2022
MG 5 GT

Selanjutnya yang jadi bocoran mobil baru di IIMS 2022 adalah MG 5 GT. Mobil sedan ini sudah diperkenalkan pada ajang GIIAS 2021 dan dibeberkan spesifikasi lengkapnya pada event Jakarta Auto Week 2022.

Nah di IIMS 2022 merupakan waktunya untuk memasarkannya secara resmi. Sekaligus mengumumkan harga jual produk tersebut.

Mobil sedan merek Inggris ini sekilas mirip Mercy A-Class. Terlihat seperti mobil Coupe, namun nyatanya MG 5 GT mengusung 4 pintu. Aura sporty juga kental terasa berkat penggunaan grille istimewa.

Dari sisi dimensi, MG 5 GT punya panjang 4.675 mm, lebar 1.842 mm, dan tinggi 1.480 mm. Lumayan bongsor, bahkan serupa dengan Honda Civic dan Toyota Corolla Altis.

Baca juga  6 Kisaran Gaji SPG Mobil di IIMS 2022, Tembus Puluhan Juta?

MG 5 GT dikabarakan akan menggendong mesin 1.500 cc DOHC 16-valves VTi-TECH yang dikombinasikan dengan transmisi otomatis 8-percepatan. Di atas kertasmesin tersebut bisa melontarkan torsi puncak 150 Nm pada 4.500 rpm dan tenaga maksimal 114 PS pada 6.000 rpm.

5. Honda HR-V

bocorn mobil baru di iims 2022
Warna merah ini cuma ada di HR-V Turbo RS

Honda HR-V terbaru memang sudah diluncurkan secara resmi oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) pada Rabu (23/3/2022). Hadir dengan pilihan dua mesin, yaitu 1.5 Turbo dan 1.5 DOHC (non turbo).

Meski begitu, HPM yang merupakan salah satu peserta IIMS 2022. Oleh karenanya, mobil ini pasti bakal ditampilkan sebagai salah satu senjata utamanya di pameran otomotif tersebut.

HR-V terbaru hadir dengan tampilan yang lebih stylis dan modern. Selain itu mobil dengan segmen medium SUV ini ditawarkan dengan pilihan 4 varian. Varian S, E, SE dan RS Turbo.

Honda HR-V generasi ketiga dijual dengan harga mulai dari Rp 355,9 juta hingga Rp 499 juta. Sementara itu untuk warnanya ada 6 pilihan. Yaitu Crystal Black Pearl, Lunar Silver Metallic, Platinum White Pearl, Meteoroid Gray Metallic, Sand Khaki Pearl serta Ignite Red Metallic untuk varian RS Turbo.

6. Chery Tiggo 7 Pro

bocorn mobil baru di iims 2022
Chery Tiggo 7 Pro

Bocoran mobil baru di IIMS 2022 berikutnya adalah Chery Tiggo 7 Pro. Mobil ini merupakan salah satu dari tiga model SUV yang akan diboyong Chery ke pasar Indonesia.

Chery Tiggo 7 Pro diabarkan akan mengadopsi panoramic sunroof yang akan membentang sampai baris kedua. Kemudian hadir pula sistem audio enam speaker dengan head unit layar sentuh berukuran 10,25 inci.

Head unit Tiggo 7 Pro juga telah dilengkapi banyak fitur seperti Apple CarPlay dan Android Auto, GPS, dan Offline Speech Recognition and Control Function.

Soal keselamatan, Tiggo 7 Pro sudah dilengkapi Electronic Stability Programme (ESP), airbag depan dan curtain, Speed Limit Reminder, dan Tire Pressure Monitoring System, serta fitur-fitur modern lainnya.

7. Wuling Cortez Facelift

bocorn mobil baru di iims 2022
Wuling Cortez facelift 2022

Lalu yang jadi bocoran mobil baru di IIMS 2022 adalah Wuling Cortez facelift. Memang sudah meluncur pada Kamis (24/3/2022) dihadapan media. Hanya saja masyarakat belum melihat unitnya secara langsung. Oleh karenanya, IIMS bisa jadi panggung tepat untuk kehadirannya di depan masyarakat Indonesia secara langsung.

Baca juga  Jadwal Penyelenggaraan IIMS 2022, Sebentar Lagi!

Cortez Facelfit masih mengandalkan mesin 1.500 cc turbo yang diklaim mampu melontarkan torsi puncak 250 Nm pada 1.600-3.600 rpm dan tenaga maksimal 140 PS pada 5.200 rpm. Padanannya adalah transmisi CVT.

Cortez facelift mengadopsi headunit berukuran 10,25 inci, kemudian ada pula teknologi internet of vehicle (IoV). Teknologi ini memungkinkan ponsel dapat terintegrasi dengan mobil secara komprehensif, persis dengan yang ada di Wuling Almaz RS.

Dengan IoV, berbagai pengaturan soal mobil seperti mengaktifkan mesin, AC, buka jendela, dan masih banyak lagi, bisa dilakukan lewat smartphone. Plus Cortez Facelift 2022 sudah menggunakan teknologi WIND atau perintah suara dalam bahasa Indonesia.

Dari sisi keselamatan, tidak beda. Masih ada rear parking camera, front & rear parking sensor, seat belt reminder, Hill Hold Control (HHC), Auto Vehicle Holding (AVH), Dual SRS Front & Side Airbags, ISOFIX car seat, Electronic Stability Control (ESC), front and rear disc brake, Electric Parking Brake, sistem deselerasi ABS, EBD, BA, Tire Pressure Monitoring System, Emergency Stop Signal (ESS), hingga anti fatigue warning.

8. BMW iX

bocoran mobil baru di iims 2022
BMW iX

Selanjutnya yang kami dapat sebagai bocoran mobil baru di IIMS 2022 adalah BMW iX. Informasi ini bisa kamu lihat di Instagram resmi BMW Indonesia.

Di sana sudah hadir gambar berjudul “Mengubah Perspektif Mobil Listrik di Indonesia”. Intinya di sana dijelaskan, bahwa banyak mitos mobil listrik yang salah kaprah di Tanah Air. Maka, lewat postingan Instagram @bmw_indonesia, seolah-olah ingin meluruskannya.

Bisa jadi inilah teaser, BMW siap menghadirkan mobil listrik tidak lama lagi. Kemudian ditambah di laman resmi BMW Indonesia, sudah ada model iX dan i4. Keduanya merupakan mobil listrik, namun belum dipasarkan di Tanah Air. 

Maka, bukan tidak mungkin keduanya bakal hadir pada IIMS 2022. Menarik bukan?

Moladiners, itulah pembahasan mengenai bocoran mobil baru di IIMS 2022. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Terbaru