by

Harga Setang Seher & Penyebab Kerusakannya

Connecting rod atau bahasa sehari-harinya setang seher merupakan bagian dari motor yang memiliki fungsi sebagai daya pendorong dari kendaraan roda dua Anda. Harga setang seher sebetulnya tidak terlalu mahal, Namun, biasanya setang seher juga gampang rusak jika Anda tidak merawatnya dengan baik.

Salah satunya adalah memacu kendaraan Anda di lintasan yang berat, selain itu saat melakukan bore up yang tidak sesuai porsinya. Tidak hanya itu, kualitas oli yang jelek dan tidak sesuai dengan motor Anda juga bisa menyebabkan setang seher cepat rusak. Selain itu, faktor usia atau aus juga bisa menyebabkan setang seher rusak dan harus segera diganti. Jika tidak diganti, akan muncul masalah baru dan yang paling berbahaya adalah motor Anda bisa terpelanting dan blok mesin bisa pecah. Ada juga faktor lain yang bisa menyebabkan setang seher motor Anda cepat rusak, diantaranya adalah:

Penyebab Setang Seher Rusak

  1. Motor Ngebul Putih 

Untuk Anda pengguna motor 4 tak, jika motor Anda mengeluarkan asap putih dengan bau yang tidak sedap Anda harus waspada. Ini kemungkinan terjadi kerusakan pada setang seher motor Anda. Jika tidak segera di cek ke bengkel dan segera diganti, Anda akan mengalami turun mesin motor dengan biaya yang tidak sedikit. 

 

  1. Menerobos Banjir

Menerobos banjir apalagi yang masih dibawah lutut kerap dianggap menjadi sesuatu hal yang sepele. Namun ternyata, hal ini bisa membuat kantong Anda gembos karena kerusakan yang terjadi pada motor Anda, kok bisa? Water hammer atau pukulan air yang sering kali membuat bengkok setang seher. Water hammer sering terjadi pada motor dengan rasio kompresi yang tinggi. Pada saat Anda menerobos banjir, Anda akan menarik grip gas dengan full untuk bisa melewatinya. Nah, pada saat Anda menurunkan grip gas namun masih berada pada genangan air, ini yang akan menyebabkan water hammer. Air bisa masuk ke dalam blok mesin dan merusak setang seher Anda. Yang paling aman adalah, ketika Anda melewati genangan banjir, pastikan Anda tidak pernah menurunkan grip gas ketika masih berada di dalam genangan.

 

  1. Oli Mesin Tercampur Air

Oli mesin yang tercampur dengan air juga bisa menyebabkan setang seher motor Anda rusak. Hal ini disebabkan karena oli penggerak mesin yang sudah bercampur dengan air akan memberikan dorongan kepada piston yang akan membuat piston tidak bisa bergerak dengan sempurna. Awasi juga montir ketika Anda mengganti oli di bengkel-bengkel pinggir jalan agar tidak ada air yang masuk ke dalam saluran oli motor Moladiners. Selain itu, air hujan dan air genangan usai hujan juga bisa masuk ke dalam mesin Anda melalui saluran pernapasan motor. Umumnya, air yang masuk ini berasal dari filter udara yang dipasang di motor Anda. Apakah semua motor memiliki saluran pernapasan? Jawabannya iya. Jadi waspadalah jika filter udara di motor Anda berada tidak terlalu jauh dari bawah tanah. Sebab, percikan air saat hujan dan ada genangan bisa membuat air masuk ke dalam mesin dan membuat kerusakan pada setang seher Anda. 

 

Baca juga  6 Penyebab Klakson Motor Mati dan Solusinya

Seperti biasa, setang seher yang dijual di bengkel pasti ada yang kw atau imitasi. Namanya juga Indonesia yang terkenal dengan produk tiruannya hehe. Namun, kami merekomendasikan untuk membeli setang seher yang tersedia di bengkel-bengkel resmi jika Anda ingin menggantinya. Karena yang namanya produk asli dari pabrikan tentu kualitasnya jauh lebih baik dari yang imitasi atau kw.

 

Setang seher yang kw dan yang asli tentu memiliki kelebihan dan kekurangan yang tentu sangat Anda rasakan ketika Anda menggunakannya. Setang seher kw atau imitasi memang dari segi harga memiliki harga yang lebih murah dari setang seher original. Namun, setang seher imitasi tidak menjajikan kualitas yang terbaik dan dapat digunakan untuk jangka waktu yang panjang. Berbeda dengan setang seher yang dibuat oleh pabrikan dari motor tersebut. Dari segi kualitas memang sudah tidak diragukan lagi jika Anda membeli setang seher yang original. Tapi siap-siap untuk merogoh kocek yang lebih dalam jika Anda ingin membeli setang seher yang original. Setang seher original juga bisa digunakan untuk waktu yang cukup panjang jika Anda merawatnya dengan baik. 

 

Baca juga  7 Penyebab Motor Mati Saat Digas dan Solusinya

Berbicara soal harga, tentu harga setang seher memiliki variasi tergantung dengan jenis sepeda motor yang Anda miliki. Semakin baik kualitas setang seher, maka Anda harus merogoh kocek agak dalam. Namun, semuanya itu akan terbayarkan dengan kenyaman yang akan Anda dapatkan. Untuk mengetahuinya, kami sajikan untuk Anda Moladiners 15 macam jenis dan harga setang seher. 

 

Daftar Harga Setang Seher :

harga setang seher yamaha

  1. Harga Setang Seher Yamaha 

Setang Seher Jupiter MX (merk Yamaha): Rp 125.000

Setang Seher Mio (merk Yamaha): Rp 125.000

Setang Seher Yamaha RX 125 Twin Original: Rp 900.000

Setang Seher RX King (merk Yamaha): Rp 125.000

Setang Seher Scorpio (merk Yamaha): Rp 125.000

 

  1. Setang Seher Honda

Setang Seher Kharisma/Supra X 125 (merk AHM): Rp 200.000

Setang Seher Beat (merk Federal): Rp 200.000

Setang Seher Scoopy (merk Federal): Rp 200.000

Setang Seher Fino (merk Federal): Rp 200.000

Setang Seher GL Pro (merk AHM): Rp 170.000

 

  1. Setang Seher Suzuki

Setang Seher Satria FU (merk KRJ Japan): Rp 350.000

Setang Seher Shogun (merk Indopart): Rp 100.000

Setang Seher Shogun 110 (merk TKRJ Japan): Rp 235.000

Setang Seher Smash (merk Indopart): Rp 100.000

Setang Seher Smash (merk TKRJ Japan): Rp 235.000

 

Baca juga  Motor Naked 250CC Di Bawah Rp 50 Juta Paling Mantap, Minat?

Harga dari setang seher ini juga tergantung dari domisili Anda. Biasanya harga setang seher di Jakarta akan berbeda dengan haga setang seher di daerah Padang atau Medan. Harga di atas hanya sebagai rekomendasi harga kisaran setang seher yang saat ini ada di pasaran. Demikian informasi yang dapat kami berikan seputar penyebab dari rusaknya setang seher motor kesayangan Anda beserta harganya, semoga bermanfaat untuk Moladiners.

Comment

Leave a Reply

Terbaru