oleh

Hyundai Creta Vs Honda HR-V, Beli yang Mana?

Kehadiran Hyundai Creta tentunya mengusik para pemain segmen mobil SUV, salah satunya Honda HR-V. Pertarungan Hyundai Creta vs Honda HR-V tentunya menjadi menarik, karena keduanya mengusung desain yang dinamis dan futuristik serta dilengkapi dengan fitur-fitur yang mumpuni.

Hyundai Creta merupakan mobil Hyundai pertama rakitan Indonesia, karenanya mobil ini menggusung tagline “dari Indonesia untuk Indonesia”. Produk tersebut memang menjadi magnet baru di kancah otomotif Indonesia. Bahkan sebelum peluncuran resminya di GIIAS 2021, mobil lansiran negeri ginseng ini juga sudah ramai diperbincangkan diberbagai media online.

Sebagai pendatang baru, Hyundai Creta langsung tancap gas dengan menunjukkan tampilan eksterior dan interior serta fitur yang bikin ketar-ketir para pesaingnya.

Sementara Honda HR-V merupakan mobil segmen SUV ringkas yang sudah lebih dahulu dikenal oleh masyarakat Indonesia, dan tentunya sudah terlebih dahulu mempunyai fans.

Ditambah, Honda HR-V yang bernaung di bawah merek Honda tentu sudah mendapat kepercayaan dari semua lini produknya. Meskipun Hyundai sudah dalam beberapa tahun ini juga terus membangun kepercayaan dengan menghadirkan lini produk baru dengan segala keunggulannya.

Nah, untuk lebih jelas mengulas perseteruan Hyundai Creta vs Honda HR-V, kita simak pembahasan lengkapnya berikut ini. Oh ya, pembahasan Hyundai Creta vs Honda CR-V kali ini kami lebih spesifik pada varian HR-V 1.5 E CVT dengan Hyundai Creta varian Style IVT.

  • Desain eksterior Hyundai Creta lebih futuristik

hyundai creta vs honda hr-v
Hyundai Creta 2021

Desain eksterior Hyundai Creta memang terlihat lebih futuristik dari Honda HR-V. Pada bagian depannya mengadopsi desain grill heksagonal yang terlihat menyatu dengan lampu utamanya.

Baca juga  IMX 2021 Pekanbaru, Begini Cara Nontonnya

Di bawah grill terdapat bumper berwarna silver dengan desain sporty. Oh ya, terdapat juga foglamp yang ukurannya lumayan besar.

Pada bagian belakang desainnya simple namun memancarkan aura sporty. Desain lampu belakang juga terlihat tampilannya unik, seperti membentuk boomerang.

Sementara Honda HR-V tempilannya memang dinamis, namun sayangnya desain tersebut masih kental dengan desain generasi sebelumnya.

  • Performa mesin lebih unggul Honda HR-V

Komparasi Hyundai Creta vs Honda HR-V selanjutnya adalah dari sisi jantung pacunya. Keduanya mengusung kapasitas mesin yang sama yaitu 1.497 cc. Namun secara performa, Honda HR-V di atas kertas lebih unggul.

Tenaga maksimum yang bisa disemburkan Honda HR-V adalah 118 hp dan torsinya 169 Nm. Sementara itu Hyundai Creta tenaga maksimumnya sebesar 113 hp dengan torsi 144 Nm.

  • Dimensi Hyundai Creta lebih bongsor

hyundai creta vs honda hr-v

Dari sisi dimensi, Hyundai Creta mempunyai panjang 4.315 mm, lebar 1.790 mm serta tinggi 1.630 mm. Untuk jarak pijak rodanya mobil asal Korea Selatan ini tercatat 1.572 mm dan jarak pijak roda belakang 1.576 mm dengan jarak sumbu roda 2.610 mm.

Baca juga  Brio Jadi 'Backbone' Penjualan Mobil Honda di Oktober

Sementara itu Honda HR-V mempunyai dimensi panjang 4.294 mm, lebar 1.772 mm, dan tinggi 1.580 mm. Sedangkan jarak pijak roda depan tercatat 1.535 mm, pijak roda belakang 1.540 mm dengan jarak sumbu roda 2.510 mm.

Dari data di atas, terlihat dimensi Hyundai Creta lebih unggul dibandingkan Honda HR-V. Dengan angka tersebut, Hyundai Creta tampilannya jadi terihat lebih gagah. Dimensi besar pun menjadikan kabin semakin lega.

  • Harga Honda HR-V E CVT lebih murah

hyundai creta vs honda hr-v
Honda HR-V 2021

Soal harga, Hyundai Creta varian Prime IVT atau yang teringgi dibanderol Rp 399 juta. sedangkan Honda HR-V E CVT Special Edition dipatok dengan harga Rp 344,6 juta.

Perbedaan harga yang mencolok itu tentunya punya landasan, jika dilihat dari brosurnya, fitur Hyundai Creta lebih lengkap dan kekinian. Bisa jadi hal tersebut yang mencaji acuannya.

  • Fitur Hyundai Creta lebih lengkap

hyundai creta vs honda hr-v
Fitur Blueelink yang dapat terkoneksi dari ponsel.

Komparasi Hyundai Creta vs Honda HR-V selanjutnya adalah dari sisi fiturnya. Pada Honda HR-V sudah tertanam seatbelt reminder, Emergency Stop Signal, ISOFIX, dual SRS Airbag, auto door lock by speed, multi view camera parking, alarm, smart entry system, dan cruise control.

Selain itu HR-V tipe E Special Edition sudah dilengkapi dengan Hill Start Assist, Vehicle Stability, Electric Parking Brake + Auto Brake Hold, dan Hill Start Assist.

Baca juga  Review Honda CR-V Gen 2, Layak Dibeli?

Honda HR-V sebenarnya juga sudah dibekali panoramic sunroof tetapi hanya tersedia pada tipe HR-V 1.8L Prestige. Sedangkan untuk varian di bawahnya belum tersedia fitur yang sama.

Sementara itu, untuk fitur yang tersedia di Hyundai Creta Prime ICVT sudah mengusung fitur Hyundai Bluelink. Dimana fitur tersebut menaungi beberapa fitur seperti SOS Emergency Asisstance, Auto Collision Notification (CAN), Road Side Assistance (RSA), Stolen Vehicle Notification (SVN), serta Stolen Vehicle Tracking & Immobilization.

Tak hanya itu saja, fitur manual & automatic diagnostic report, driving information and vehicle health report, vehicle status check/notification, geo-fence notification, speed notification, time fencing notification, serta valet mode.

Tak hanya itu saja, fitur Hyundai Bluelink juga bisa terkoneksi dengan ponsel pemilik mobil. Dimana ada beberapa fitur yang bisa dioperasikan dari pensel yang sudah mengunduh aplikasi Hyundai Bluelink tersebut.

Fitur tersebut adalah remote engine and climate AC start/stop, remote door lock/unlock, remote horn and light control, serta fitur find my car.

Moladiners, itulah ulasan mengenai Hyundai Creta vs Honda HR-V. Kalian lebih memilih yang mana?

Untuk informasi seputar otomotif menarik lainnya, pantau terus Moladin.com.

Terbaru