by

Knalpot Ngebas Halus, Begini Cara Membuatnya

Knalpot racing memang membuat performa motor jadi meningkat. Namun, kebanyakan knalpot after market itu memiliki suara yang bising dan bisa menyebabkan polusi suara. Oleh karenanya, suara knalpot ngebas halus paling banyak dicari saat ini.

Pertanyaannya, bagaimana cara membuat knalpot ngebas halus? Sebetulnya tidak terlalu sulit, ada teknik khusus untuk mendapatkan suara knalpot racing menjadi padat.

Menurut Eko Hernawan, penggawa dari Odan Knalpot, untuk membuat knalpot motor memiliki suara yang ngebas adem bisa dilakukan penanganan pada bagian peredam silincernya.

“Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperoleh suara knalpot ngebas. Meski ngebas, namun suaranya akan tetap halus dan tidak mengganggu orang di sekitar,” papar Eko.

Cara Membuat Knalpot Ngebas Halus

knalpot ngebas halus
Bongkar bagaian silincer knalpot

Suara knalpot after market atau knalpot racing, kalau kualitasnya kurang baik pasti memiliki suara yang nyaring dan bising. Tapi kalau knalpot original dengan kualitas baik, pasti suaranya bakal lebih ngebas bulet atau padat.

Ada beberapa merek knalpot dengan suara knalpot ngebas halus atau padat seperti: Akrapovic, Yoshimura, R9, WRX, RCB dan banyak lainnya. Hanya saja memang, harganya cukup mahal.

Oleh karenanya, kamu bisa modifikasi sendiri sehingga membuat suara knalpot yang bising jadi ngebas halus. Suara knalpot yang padat bisa dipengaruhi oleh rongga suara. Jika rongga suara panjang, maka suara yang dihasilkan akan lebih ngebas. Namun, jika rongga suara dibuat panjang tetapi tidak ngebas atau justru suaranya malah berisik, berarti ada yang bermasalah di komponen lain.

Baca juga  Beda Fitur Lampu Hazard Motor Honda dan Yamaha

Untuk mendapat suara knalpot ngebas adem, kamu juga perlu memberikan peredam suara knalpot. Sebenarnya knalpot bawaan atau racing bisa dimodifikasi untuk menghasilkan suara yang ngebas. Ada beberapa cara membuat knalpot ngebas dan tidak mengganggu orang di sekitar anda. 

Pertama, bongkar silicer knalpot. Biasanya pada knalpot model after market atau knalpot racing, bagian silencer lebih mudah untuk dibongkar. Karena model knalpot after market atau knalpot racing memiliki bagian-bagian yang bisa di bongkar pasang.

Kedua, setelah bagian silencer dibuka. Pada silencer knalpot biasanya terdapat busa peredam, pipa, dan beberapa plat penyekat. Semua komponen yang terdapat berada di dalam silencer knalpot tersebut harus dikeluarkan.

Langkah selanjutnya adalah, pada bagian dalam knalpot biasanya ada sebuah pipa. Buatlah lubang-lubang pada bagian pipa itu, buat lubang secara teratur dan pastikan jarak antar lubang sekitar 2 cm.

Selanjutnya, pasang kembali pipa pada silencer knalpot motor. Pastikan pipa terpasang lurus dan menyentuh bagian leher knalpot.

Agar menghasilkan sura yang lebih padat, tambahkan busa peredam knalpot atau sering disebut dengan glass wool. Jejali busa peredam knalpot atau glass wool itu mengelilingi pipa bagian dalam knalpot sehingga pipa benar-benar ada di posisi tengah dalam silencer.

Setelah busa peredam knalpot atau glass wool sudah memadati bagian dalam silencer knalpot, pasang kembali penutup belakang knalpot.

Baca juga  Ketahui Bahaya Pakai Pertamax Turbo Untuk Motor

Untuk hal yang terakhir kamu perlu mencoba mendengarkan dahulu suara dari knalpot yang sudah kamu perbaiki itu. Jika suara masih dirasakan terlalu bising, maka kamu bisa membongkar kembali lalu mengurangi lubang-lubang pada pipa bagian dalam knalpot dengan cara mengelasnya.

Lalu pasang kembali peredam knalpot atau glass wool seperti cara-cara sebelumnya. Lakukan hal itu, sampai kamu mendapatkan suara yang diinginkan.

Langkah terakhir dalam membuat knalpot ngebas halus adalah, jangan lupa setting kembali RPM mesin motor. Karena biasanya, dengan adanya perubahan pada sisi gas buang akan mempengaruhi perubahan pada sistem putaran mesin. Kamu hanya perlu menyesuaikan idle atau langsam dari mesin motor kamu saja.

Repotnya adalah bagi kamu yang masih menggunakan knalpot standar dan ingin mendapat suara ngebas halus, maka kamu harus memotong bagian belakang knalpot dan harus mengelasnya kembali setelah perbaikan nanti.

Cara Memilih Knalpot Racing Terbaik

knalpot ngebas halus
Pilih knalpot bersuara padat dan ngebass untuk memastikan kualitasnya

Knalpot racing motor terbaik memiliki suara yang bulat dan tidak pecah. Maka dari itu hal yang paling utama dalam pemilihan knalpot menurut Eko adalah mendengar suara yang dihasilkan.

“Suaranya harus mempunyai karakter yang ngebas bulet dan tidak pecah saat di geber. Dengan suara yang ngebass akan membuat enak di dengarkan tidak berisik,” papar Eko

Salah satu kelebihan dari knalpot yang memiliki suara ngebass adem tidak menimbulkan suara yang berisik. Oleh karena itu saat memilih knalpot motor racing terbaik, lakukan cek dan pemasangan di tempat atau melihat di internet untuk hasil suara knalpot motor yang di inginkan.

Baca juga  3 Penyebab Bunyi Dari Rem Cakram

Hal ini pastinya untuk memastikan secara langsung suara knalpotnya seperti apa. Dengan ini bisa terhindar dari resiko knalpot KW atau kecewa ketika membeli knalpot.

Dalam masalah tampilan antara knalpot KW dan original sangat mirip. Serta seperti tidak ada perbedaan sama sekali untuk sekilas. Maka kamu perlu lebih teliti lagi, pastikan membeli knalpot dari toko atau distributor resmi pabrikan knalpot tersebut.

Selain masalah suara, hal yang paling dasar atau paling utama dalam memilih sebuah knalpot adalah bahan dari knalpot itu sendiri.

Untuk bahan knalpot motor racing terbaik adalah terbuat dari titanium dan stainless steel. Kelebihan dari bahan titanium sendiri adalah tidak mudah rusak dan bobotnya sangat sangat ringan.

Dengan bahan titanium, knalpot akan tahan terhadap suhu panas dari mesin motor , Lalu kelebihan lain dari titanium tidak mudah memuai.

Sedangkan bahan stainless steel tidak berbeda jauh dengan dengan knalpot bahan titanium yaitu lebih awet serta tahan lama ditambah lagi bahan titanium dan stainless steel tidak mudah karatan.

Nah itu tadi cara membuat knalpot ngebas halus dan cara memilih knalpot terbaik yang bisa kita rangkum. Semoga kamu bisa mendapat knalpot racing sesuai dengan kebutuhan ya!

Buat kamu yang mau tahu informasi terbaru dan terlengkap seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru