by

Mobil Baru KIA Siap Meluncur Tahun Ini, Carnival?

Mobil baru KIA siap meluncur lagi tahun ini. Hal ini terungkap melalui laman daftar kendaraan yang mereka tampilkan di website KIA Indonesia. Di sana tampak ada satu mobil, terselubung kover.

Produk apakah itu? Sampai sekarang memang masih misteri. Memang sepanjang berganti managemen yang saat ini berada di bawah naungan PT Kreta Indo Artha, KIA mulai memberikan jurus-jurus baru untuk memenuhi kebutuhan konsumen otomotif di Indonesia.

Dari beberapa model yang disinyalir akan diluncurkan sebagai mobil baru  KIA, kecenderungannya mengerucut pada Sorento dan Carnival. Kehadiran dua model tersebut memang sudah terhembus sejak beberapa waktu lalu. Selain itu, hal ini juga diperkuat melalui dokumen yang dirilis oleh Peraturan Kementerian Dalam Negeri No.1 Tahun 2021.

Dalam dokumen tersebut, terlampir dua model yang sudah disebutkan di atas. Selain menyertakan dua model tersebut, harga NJKB juga sudah disebutkan secara gamblang untuk KIA Sorento dan Carnival ini.

Mengacu dalam lampiran Permendagri No.1 Tahun 2021 ini, untuk harga NJBK KIA Sorento 2.2 liter bertransmisi automatic dipatok dengan Rp 374 jutaan. Sedangkan untuk KIA Carnival 2.2, dikenai harga NJKB senilai Rp 449 jutaan.

Baca juga  3 Kelebihan Kia Sonet yang Patut Dipertimbangkan

KIA Sorento atau Carnival yang Meluncur Tahun Ini?

Mobil baru KIA
KIA Carnival menjadi salah satu kandidat terkuat, terlebih untuk mengantikan Grand Sedona yang sudah lama tidak mendapat penyegaran

Jika mengacu pada spesifikasi dari lampiran peraturan Permendagri No.1 Tahun 2021, mobil baru Kia Sorento dan Carnival bakal berkubikasi 2.2 liter. Kalau melihat laman KIA Korea Selatan, kedua produk tersebut cuma punya pilihan mesin 2.2 liter untuk bahan bakar diesel.

Mesin yang diadopsikan pada model tebaru KIA ini sama seperti yang digunakan pada Hyundai Palisade di Indonesia. Di mana mesin berkapasitas 2.2 liter tersebut mampu memproduksi tenaga sekitar 197 hp dan torsi maksimum sebesar 440 Nm.

Kalau benar, spesifikasinya sama, maka disinyalir kedua pabrikan ingin menghadirkan kendaraan yang reliable kepada konsumen. Sebagaimana diketahui KIA dan Hyundai merupakan saudara dekat.

Mengenai kehadiran mobil baru KIA yang akan mengaspal di Indonesia ini, belum mendapat respon dari pihak KIA. Di mana, saat dikonfirmasi terkait hal tersebebut narasumber yang kami hubungi belum memberikan respon terkait hal tersebut.

Namun sebesar apa kemungkinan KIA Sorento atau Carnival yang akan mengaspal? Mengacu pada tren masyarakat Indonesia yang tengah memburu SUV mewah, bisa jadi Sorento akan mengaspal.

Baca juga  Peluncuran Kia Sonet 7-seater, World Premiere di Indonesia?

Hanya saja kalau KIA ingin menghadirkan sesuatu hal yang beda, maka Carnival bisa jadi mobil baru KIA selanjutnya selaku sebuah MPV. Terlebih dengan kebutuhan konsumen yang terus bertambah akan mobil, tentu dapat memberikan tingkat akomodasi serta kenyamanan yang lebih baik.

Ditambah lagi saat ini KIA cuma memiliki Grand Sedona di kelas MPV. Sebagai informasi Grand Sedona dan Carnival sesungguhnya produk serupa, cuma beda nama saja. Kehadiran KIA Carnival di Indonesia, tentunya bakal menggantikan Grand Sedona yang tidak kunjung mendapat penyegaran.

Apakah benar Carnival yang akan diluncurkan? Atau justru KIA Sorento yang bakal diperkenalkan? Tunggu saja infomrasi resminya dari kami.

Untuk informasi otomotif terkini simak terus moladin.com

Terbaru