oleh

8 Perlengkapan Touring Motor yang Wajib Dipersiapkan dan Dibawa. Udah Punya?

-Tips & Trik-2.666 views

Akhir pekan ini mau touring kemana, sob? Menghabiskan akhir pekan memang paling asyik ramai-ramai touring bersama klub motor kesayangan. Selain seru, touring juga jadi sarana untuk mengikat tali silaturahmi dengan sesama anggota klub.

Karena touring bukan perjalanan singkat yang sehari-hari biasanya kamu lakukan, ada baiknya kamu mempersipakan beberapa perlengkapan touring motor berikut ini untuk kamu bawa di perjalanan. Spetti kata pepatah, lebih baik sedia payung sebelum hujan daripada menyesal kemudian, bukan?

Kuy, kepoin sama-sama barang apa saja yang mesti kamu bawa dalam kegiatan touring!

Jaket Anti Air

8 Perlengkapan Touring, Jaket Anti Air

Touring di musim kemarau biasanya tidak akan membuat kamu bertemu dengan hujan. Lain halnya apabila kegiatan touring dilakukan saat  musim penghujan. Kamu bisa sewaktu-waktu berhadapan dengan hujan deras ketika berkendara di atas si kuda besi.

Oleh karena itu, perlengkapan touring motor yang pertama kali harus kamu siapkan adalah jaket anti air. Selain berfungsi menghalau angin, pastikan jaket yang kamu pakai juga tahan dengan gempuran hujan yang tiba-tiba datang.

Selanjutnya, sobat Moladin bisa menepi sebentar untuk mengenakan jas hujan atau bahkan istirahat di tempat tertentu sambil menunggu hujan reda sebelum melanjutkan perjalanan.

 

Obat-Obatan yang Memadai

8 Perlengkapan Touring, P3K

Jangan anggap sepele, membawa obat-obatan yang memadai itu sangat penting bagi kesehatan kamu, terutama saat kamu mengalami tidak enak badan ataupun kecelakaan ringan.

Masukkan perban, plester, dan obat luka ke dalam kotak obat kamu. Jangan lupa untuk memasukkan obat penurun demam dan sakit kepala, obat untuk lambung, serta obat diare di dalam perlengkapan obat-obatanmu, sob. Ada baiknya, kamu juga membawa persediaan obat alergi, ataupun oralit sebagai perlengkapan touring motor.

Baca juga  Apa Sih Perbedaan BPKB Lama dan BPKB Baru?

 

[product product=”Yamaha X Ride 125 All New” images=”https://cdn.moladin.com/motor/yamaha/Yamaha_X_Ride_125_All_New_8907_79518_large.jpg” url=”https://moladin.com/motor/yamaha/yamaha-x-ride-125-all-new-matic-4-langkah-2-valve-sohc-berpendingin-angin-bluecore-125cc” price=”Rp. 500.000,-*” description=”*DP mulai dari” button=”AJUKAN SEKARANG”]

 

Uang Tunai yang Cukup

Uang Tunai Yang Cukup

Meskipun sekarang sudah zamannya cashlesh, kamu masih wajib hukumnya membawa uang tunai saat melakukan touring. Hal ini untuk mengantisipasi apabila kamu membutuhkan suatu barang atau mengalami keadaan mendesak dimana daerah yang kamu lewati tersebut tidak terdapat ATM maupun toko yang menyediakan layanan non tunai.

Tips membawa uang saat touring adalah taruh uang yang kamu bawa di beberapa tempat yang terpisah. Kamu bisa menaruh sebagian uang tunai kamu di dompet ataupun di saku yang lain untuk menghindari kemungkinan dompet hilang selama berkendara.

 

Perkakas Mekanik yang Memadai

Toolkit

Perlengkapan mekanik alias tool kit motor yang memadai adalah salah satu perlengkapan touring motor yang wajib kamu bawa, sob. Apabila terjadi kerusakan yang tidak terlalu parah pada kuda besimu, setidaknya bisa kamu bisa memperbaikinya seorang diri tanpa harus mampir ke bengkel. Lumayan kan, bisa menghemat bujet.

Pastikan sobat Moladin membawa tang, obeng kembang, obeng pipih, kunci L, kunci pas, serta pisau lipat serbaguna di dalam kotak perkakas mekanik kamu. Pertimbangkan juga untuk membawa sparepart cadangan dalam kotak perkakas kamu, contohnya busi.

 

Perlengkapan Tambal Ban

Alat Tambal Ban Darurat

Apabila sobat Moladin touring ke area yang jarang terdapat bengkel atau tukang tambal ban, maka peralatan ini juga wajib kamu bawa. Terlebih apabila sobat Moladin melakukan kegiatan touring ini malam hari, dimana banyak bengkel sudah tutup.

Baca juga  Sokbreker YSS DTG Yamaha Maxi, Suspensi Hemat Plus Handal

Perlengkapan tambal ban ini biasanya sudah sepaket, sob, yakni tabung gas, lem dan karet untuk menambal ban. Tenang saja, kamu bisa mendapatkan perlengkapan tambal ban darurat ini dengan mudah di marketplace. 

 

Senter dan Korek Api

Korek dan senter

Apabila Moladiners memutuskan untuk menginap di alam terbuka maka membawa senter dan korek api adalah suatu keharusan. Senter ini akan menjadi penyelamat buat kamu yang membutuhkan penerangan di tenda saat malam hari. Adapun korek api sangat berguna apabila sobat Moladin ingin memasak makanan ataupun menyalakan api unggun.

Tanpa keduanya, niscaya pengalaman menginap di alam terbuka bisa jadi bencana. Tidak seru bukan menginap di tenda dengan suasana gelap serta kelaparan. Nah, selalu cek perlengkapan touring motor kamu sebelum berangkat. Pastikan sobat Moladin membawa kedua benda ini saat touring.

 

Peta atau GPS

GPS Tracker

Benda wajib selanjutnya yang harus masuk dalam datar perlengkapan touring kamu adalah peta. Pastikan membawa peta fisik karena peta digital biasanya susah diakses apabila daerah yang kamu lewati mengalami kendala susah sinyal internet. Enggak lucu banget apabila acara touring berantakan gara-gara kamu tersesat dan tidak tahu arah kan.

Tandai rute perjalananmu di dalam peta dan pastikan kamu melewati setiap milestone yang dijadikan patokan berkendarta. Kamu juga bisa membawa GPS atau Global Positioning System untuk memudahkan dalam mencari rute terbaik.

Baca juga  Yamaha Eropa Rilis MT-125, Tampang Mirip MT-15

 

[product product=”Suzuki GSX R 150″ images=”https://cdn.moladin.com/motor/suzuki/Suzuki_GSX_R_150_2101_88764_large.jpg” url=”https://moladin.com/motor/suzuki/suzuki-gsx-r-150-sports-dohc-4-valve-water-cooled-4-stroke-150cc” price=”Rp. 1.100.000,-*” description=”*DP mulai dari” button=”AJUKAN SEKARANG”]

 

Power Bank atau Alat Penyimpan Daya

Power Bank

Ponsel menjadi salah satu alat komunikasi bagi sesama bikers yang ikut rombongan touring ataupun bagi orang rumah yang ingin mengetahui keberadaan kamu, sob. Tak jarang ponsel juga menjadi alat buat kamu mengambil dan menyimpan foto-foto selama perjalanan. Oleh karena itu pastikan baterai ponsel kamu selalu penuh terisi.

Kamu bisa membawa power bank atau alat penyimpan daya yang cukup besar saat melakukan touring supaya ponsel kamu tidak kehabisan baterai. Saat ini dipasaran juga sudah tersedia power bank yang bisa mengandalkan tenaga surya untuk mengisi daya. Sobat Moladin hanya perlu menaruh power bank ini di tempat yang terpapar oleh sinar matahari.

Itu dia 8 perlengkapan touring motor yang harus kamu persiapkan dan tentunya kamu bawa selama berkendara dengan si kuda besi. Jangan sampai ketinggalan, salah-salah perjalanan kamu jadi kurang berkesan apabila ada salah satu barang yang tertinggal. Selamat touring, sob!

 

Baca Juga :

Terbaru