5 Cara Mengendarai Motor Harley Davidson Bagi Pemula

Cara Mengendarai Motor Harley – Menunggangi motor gede seperti Harley Davidson agaknya menjadi impian bagi  sebagian pengendara motor pria. Bagi sebagian lainnya, ada ketakutan tersendiri saat mengendarai motor dengan bobot dan tenaga yang jauh berbeda dengan motor bebek pada umumnya. Bahkan akan sangat berbahaya bagi pemula untuk mengendarainya tanpa pernah berlatih sebelumnya.

Nah, buat kamu yang bercita-cita menaiki motor gede suatu hari nanti, berikut cara mengendarai motor Harley yang perlu kamu perhatikan, khususnya bagi para pemula.

1. Pilih Model Harley Davidson yang Tepat

Cara Mengendarai Motor Harley Davidson City Riding Harley

Tips yang pertama adalah pilihlah model Harley Davidson yang berukuran kecil terlebih dahulu karena bobotnya lebih ringan. Hal ini dilakukan sebab tak sembarang orang bisa langsung membawa motor gede (moge) seperti Harley Davidson ke jalan raya. Diperlukan pengalaman terlebih dahulu.

Sebagai pemula yang baru pertama kali naik moge, kamu bisa pilih Harley Davidson yang punya kapasitas 500 cc. Cobalah untuk melakukan city riding guna mengenali karakternya. Setelah itu, kamu juga bisa mencoba touring jarak dekat supaya lebih mantap.

Apabila kamu sudah menguasai handling motor 500 cc, selanjutnya kamu bisa naik kelas ke Harley Davidson 1000 cc  ke atas. Oh iya, ada cara lain yang bisa kamu lakukan untuk memahami karakteristik mesin Harley Davidson, yaitu dengan membaca buku petunjuk penggunaan yang tersedia.

Dengan memahami kemampuan mesin, nantinya kamu bisa tahu cara terbaik untuk mengoperasikan motor tersebut di segala jenis medan jalanan yang kau lintasi.

 

2. Perhatikan Posisi Duduk

Cara Mengendarai Motor Harley Davidson Perhatikan posisi duduk

Cara mengendarai motor Harley yang ke dua adalah perhatikan posisi duduk. Meski berukuran besar, namun motor dengan bodi bongsor ini telah didesain sedemikian rupa hingga pengendara mendapatkan posisi duduk yang nyaman agar lebih luwes saat berkendara.

Coba naik dari sisi kiri, kemudian posisikan duduk secara tegak dengan bagian paha menempel di tangki mesin. Selain membantu mengendalikan motor, posisi ini bakal membantumu terhindar dari rasa lelah.

Selain itu, pastikan juga saat duduk, posisi ke dua kaki benar-benar menyentuh lantai dan tangan sedikit menekuk ketika memegang stang.

 

3. Kuasai Teknik Berbelok di Tikungan

Cara Mengendarai Motor Harley Davidson Teknik berbelok di tikungan

Mengendarai Harley Davidson memang berbeda dengan motor pada umumnya. Salah satu teknik berkendara yang perlu kamu kuasai sebelum menggunakan moge adalah teknik berbelok.

Asal kamu tahu, sebagian besar stang moge memiliki radius putar yang kecil. Lebih dari itu, kamu juga perlu tahu kalau moge sekelas Harley Davidson dapat melintasi tikungan mencapai 90 derajat dalam kecepatan 0-60 km per jam dengan kondisi motor berada di gigi satu dan kopling tidak ditarik.

Motor tidak akan terpental selagi gasnya stabil dan ban tetap menyentuh aspal. Selain itu, sekalipun footstep bergesekan dengan aspal dan mengeluarkan percikan api, kamu tidak akan terjatuh.

Adapun salah satu kesalahan yang kerap dilakukan oleh pemula yaitu menekan setengah kopling saat berbelok sehingga terjadi lost tracksion dan motor di luar kendali.

Baca Juga :

 

4. Jaga Jarak Pengereman

Perhatikan Jarak Pengereman

Jaga jarak pengereman menjadi cara mengendarai motor Harley selanjutnya yang perlu kamu perhatikan. Mengingat Harley Davidson memiliki bodi dan tenaga yang besar, maka kamu perlu memperhatikan berapa jarak pengereman agar motor berhenti sempurna dalam waktu yang tepat.

Semakin tinggi kecepatannya, maka semakin jauh pula jarak yang harus diambil. Jika jalanan dalam kondisi hujan, biasanya jarak pengereman harus lebih jauh lagi dari biasanya, karena daya cengkeram antara rem dan ban sedikit berkurang karena air.

 

5. Gunakan Safety Gear

Gunakan Savety Gear

Setiap pengendara tentunya wajib membekali diri dengan sejumlah peralatan keamanan seperti helm. Tapi untuk mengendarai moge seperti Harley Davidson, kamu perli membekali diri dengan perlengkapan lebih karena risikonya lebih besar daripada motor biasa.

Bila perlu, sebelum melakukan touring bersama rekan komunitas kamu bisa menyiapkan jaket, sarung tangan, sepatu, hingga pelindung kaki dan siku. Khusus untuk sepatu ada baiknya kamu menggunakan sepatu boots yang ada besi di bagian bawahnya, alih-alih menggunakan sepatu kets karena menurut beberapa ahli hal tersebut berbahaya.

 

6. Pahami Cara Menegakkan Moge

Pahami cara mengendarai moge

Motor gede seperti Harley Davidson mampu memiliki berat mencapai 400 kg. Oleh karena itu, kamu tak bisa menyamakannya dengan motor bebek lainnya. Untuk menegakkan motor ini, kamu perlu tenaga yang besar. Bukan hanya itu, caranya pun harus benar.

Nah, kalau kamu ingin menegakkan Harley Davidsonmu, pertama luruskan stang ke posisi normal, kemudian dorong ke arah berlawanan dari posisi motor bersandar. Setelah itu kamu  bar bisa naik. Tak susah kan sebenarnya? Hanya beratnya saja yang luar biasa.

Demikian cara mengendarai motor Harley bagi pemula yang bisa Anda praktikkan. Sekali lagi, hati-hati dalam mengendarai moge di jalanan karena butuh konsentrasi mengemudi yang baik agar terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan.

Baca Juga :

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *