by

Bocor Sosok Yamaha R15 Generasi Baru, Adopsi Desain R7

Sosok motor yang diduga Yamaha R15 generasi baru, tertangkap kamera sedang diuji jalan. Hanya saja pengujian tersebut bukan dilakukan di Indonesia, melainkan India.

Video uji jalan R15 V4 atau model anyar disebarkan oleh akun Youtube bernama Abhinav Bhatt. Dalam tayangan berdurasi 40 detik itu tampak bahwa ada motor yang menyerupai R15, tapi mendapat beberapa kamuflase dan tampilan anyar.

Buat kamu yang belum tahu, Yamaha juga memasarkan R15 di India. Walau demikian, ada sedikit perbedaan spesifikasi dibanding Indonesia, seperti penggunaan suspensi depan yang belum upside down.

Nah menariknya untuk motor yang terekam kamera ini juga masih menggunakan suspensi teleskopik. Perbedaan paling tampak di bagian depan.

Kini ada penggunaan lampu depan LED proyektor yang terletak di tengah-tengah paras. Tampilan seperti ini, sekilas mirip dengan motor sport dengan kapasitas mesin lebih besar yaitu Yamaha R7.

Di samping itu, hampir semua tampilan Yamaha R15 generasi baru tampak mirip dengan model lama. Dalam arti, buntut belakang masih pakai lampu LED vertikal yang mengdopsi bodi berlapis. Lampu sein juga masih bohlam.

Baca juga  Beda Honda CBR250RR SP Vs Standar, Beli yang Mana?

Meski demikian, memang tampilannya yang bocor tidak terlalu jelas. Apalagi ada kamuflase livery yang membuat motor kelihatan samar.

Fitur-Fitur Yamaha R15 Generasi Terbaru

yamaha r15 generasi terbaru - yamaha r7
Sosok Yamaha R7 yang diduga parasnya akan diadopsi oleh R15 generasi terbaru

Lalu bagaimana dengan fitur-fitur Yamaha R15 generasi baru? Walau tidak terlihat dari gambar, namun banyak media India berspekulasi akan ada beberapa ubahan.

Salah satu yang mereka yakin, penggunaan fitur konektivitas smartphone via Bluetooth. Pasalnya Senior Vice President Sales and Marketing Yamaha Motor India, Ravinder Singh pernah mengatakan bahwa siap mengdopsi fitur Y-Connect dan Yamaha Motorcyle Connect X ke lebih banyak motor lain.

“Beberapa fitur yang diharapkan ada di Yamaha R15 V4 termasuk konektivitas Bluetooth, revisi panel instrumen, dan warna bodi baru,” beber laman Indianautoblog.

Maka bukan tidak mungkin R15 generasi baru mengadopsi Y-Connect. Istimewa bukan?

Terkait fitur lainnya, kemungkinan tidak ada ubahan. Pasalnya R15 yang dijual saat ini sudah punya banyak keunggulan dibanding kompetitor. Sebut saja penggunaan panel instrumen full digital dengan gear shift timing light. Ada pula assist & slipper clutch.

Baca juga  3 Penyebab Karburator Mio Brebet, Pernah Mengalami?

Kemudian bicara performa mesin, R15 juga tidak punya lawan. Pakai kubikasi 155 cc dengan teknologi katup variabel (VVA). Mesin tersebut bisa melontarkan torsi hingga 14,7 Nm pada 8.500 rpm dan tenaga maksimal 19,3 PS pada 10.000 rpm.

Bahkan di India, Yamaha R15 pun sudah memiliki anti-lock braking system (ABS). Jadi sebenarnya sudah lebih dari cukup untuk motor sport 150 cc.

Walau saat ini bocoran sosok R15 generasi baru munculnya di India, namun bukan berarti Yamaha Indonesia tidak sedang bersiap melakukan penyegaran. Ditambah lagi usia produk tersebut alias R15 V3 sudah tidak muda. Peluncurannya pertama kali dilakukan pada 2017, jadi kurang lebih telah menginjak 4 tahun.

Oleh karenanya, penyegaran cukup penting untuk dilakukan. Kita tunggu saja kehadiran Yamaha R15 generasi baru atau V4 di pasar otomotif Indonesia, semoga saja tidak lama!

Terbaru