oleh

5 Jenis Pinjaman Dana Tunai yang Bisa Diandalkan Saat Mendesak

Saat membutuhkan dana mendesak, melakukan pinjaman dana tunai pun jadi satu-satunya jalan keluar yang bisa diandalkan. Sebab, terkadang kondisi finansial sukar diprediksim Meskipun sudah merencanakan tabungan dan investasi dengan matang. Bagi Anda yang sedang membutuhkan pinjaman uang, berikut 5 jenis kredit uang tunai yang bisa Anda coba.

 

1. Kredit Tanpa Agunan (KTA)

2 17
Kredit Tanpa Agunan

Pernah dengar istilah KTA? Kalau belum, KTA merupakan singkatan dari kredit tanpa agunan. Melalui program kredit ini, Anda tak perlu ribet menyiapkan jaminan untuk melakukan pinjaman dana. Inilah yang membuat KTA banyak diminati masyarakat. Selain itu, syarat pengajuan pinjaman juga cukup mudah.

Jumlah dana yang bisa dipinjam lewat KTA sangat beragam, tergantung kebijakan bank atau pelaku fintech. Nominal pinjaman terkecil biasanya berkisar ratusan ribu hingga puluhan juta. Hanya saja, suku bunga yang ditawarkan KTA cukup besar karena tidak ada jaminan apa pun yang bisa meminimalisasi risiko gagal bayar cicilan. Salah satu contoh KTA yang bisa Anda gunakan adalah Digibank KTA Instan yang proses approval-nya dilakukan dalam 1 menit.

 

2. Kredit Multiguna

jenis-pinjaman-dana-tunai-yang-bisa-diandalkan-saat-mendesak
Kredit Multiguna

Kredit multiguna (KMG) merupakan layanan pinjaman dana yang mengharuskan si peminjam  memberikan jaminan. Biasanya jaminan yang diberikan bernilai sama atau lebih dari total pinjaman yang diajukan. Semakin besar jaminan yang diberikan, maka makin besar pula nominal dana yang akan Anda dapatkan.

Baca juga  ERP Gantikan Aturan Ganjil Genap, Berlaku Buat Motor Juga?

Buat Anda yang membutuhkan dana dalam jumlah besar, layanan KMG ini bisa menjadi pilihan karena limit pinjamannya terbilang tinggi hingga milyaran rupiah. Adapun beberapa jenis jaminan yang biasa digunakan untuk mengajukan KMG adalah sertifikat rumah, sertifikat tanah, mesin pabrik, dan kendaraan bermotor.

 

3. Pinjaman Dana Tunai Online dari Fintech

jenis-pinjaman-dana-tunai-yang-bisa-diandalkan-saat-mendesak
Pinjaman online

Selain bank, kini Anda bisa mengajukan pinjaman dana lewat fintech. Apa itu? Fintech dikenal sebagai start-up yang bergerak di bidang jasa keuangan dan finansial. Tujuannya adalah membantu pengguna untuk menggunakan teknologi dalam memaksimalkan aspek pelayanan keuangan seperti transfer dana, metode pembayaran, pengumpulan dana, hingga layanan pinjaman dana tunai.

Di luar sana, ada banyak fintech, tempat Anda bisa mengajukan pinjaman. Hanya saja, Anda perlu  berhati-hati dalam pemilihan fintech agar tidak terkena penipuan. Untuk itu, pilihlah fintech yang telah terdaftar di OJK. Beberapa fintech terkenal dan memiliki izin dari OJK adalah CashWagon, Koinworks, KreditPintar, dan Tunaiku.

Baca juga;

Baca juga  Penyebab Kick Starter Ngelos, Apa yang Harus Diganti?

 

4. Jasa Pegadaian

jenis-pinjaman-dana-tunai-yang-bisa-diandalkan-saat-mendesak
Gadaikan barang di Pegadaian

Bila Anda memiliki barang berharga dan sedang membutuhkan dana cepat, tak ada salahnya Anda melakukan gadai barang. Salah satu tempat gadai tepercaya di Indonesia ialah Pegadaian yang merupakan badan usaha milik negara. 

Keuntungan melakukan pinjaman dari Pegadaian adalah suku bunganya yang cukup rendah, yakni berkisar antara 1,25-1,5% per bulan. Selain itu, persyaratannya pun jauh lebih ringan dan sederhana.

Beberapa produk pinjaman dana tunai yang ditawarkan Pegadaian adalah Kredit Aman Cepat (KCA), Kreasi untuk pelaku UKM dengan agunan berupa BPKB kendaraan, Krasida untuk pelaku UMKM dengan agunan berupa perhiasan emas atau kendaraan bermotor, gadai tabungan emas, dan Pegadaian KCA Prima. Silakan pilih produk mana yang sesuai.

 

5. Pinjaman Koperasi

1 23
Pinjaman melalui Koperasi

Pilihan terakhir untuk mendapatkan pinjaman uang tunai adalah melalui koperasi simpan pinjam. Dulu, pinjaman lewat koperasi hanya bisa dilakukan oleh anggota. Namun, untuk mengikuti kebutuhan persaingan usaha, koperasi simpan pinjam juga menawarkan layanan pinjaman uang untuk non-anggota, namun ketika mengajukan pinjaman dana maka statusnya sebagai calon anggota.

Baca juga  Modifikasi Motor Yamaha NMAX 2016, Cekidot!

Melakukan kredit uang di koperasi akan memberikan banyak keuntungan, di antaranya yaitu suku bunga yang rendah. Di sisi lain, koperasi menawarkan beberapa sistem perhitungan bunga pinjaman seperti bunga flat yang bersifat tetap, bunga menurun – semakin kecil pinjaman semakin kecil pula bunganya, dan  bunga menurun efektif, dan bunga anuitas mirip perhitungan KPR.

Demikian 5 jenis pinjaman dana tunai yang dapat Anda temukan dengan mudah. Nah, sudah menentukan jenis pinjaman mana yang akan Anda coba? Setelah menemukan jenis pinjaman yang tepat, mulailah untuk menyusun rencana cicilan kredit agar pelunasan bisa dilakukan dengan lancar.

Anda sedang mencari pinjaman dana tunai? Sekarang caranya mudah dan gak ribet. Cukup dengan melakukan klik link ini! Proses cepat dan pastinya mantap!

Terbaru