Naik Motor Tanpa Aki? Kenali Efek Negatifnya Nih!

Moladin – Peran aki di sepeda motor sangatlah vital, khususnya di motor karburator. Aki punya fungsi menyediakan listrik, sementara untuk kelistrikan sepeda motor sudah disuplai oleh spul. Jadi kebayang dong kalao motor tanpa aki itu gimana?

Meskipun pada dasarnya kalau motor masih akan menyala saat kondisi tanpa aki, tapi ingat ada beberapa efek negatifnya lhooo, jadi kenali dulu efeknya ya!

 

Sulit Hidupkan Mesin

Salah satu risiko yang pengendara motor alami itu adalah sulit untuk menghidupkan mesin. Biasanya jika menggunakan aki, menghidupkan mesin jadi perkara mudah ya, Moladiners. Karena menggunakan elektrik starter.

Tapi kalau ujung-ujungnya nekat gak pakai aki, apa jadinya? Pastinya harus menghidupkan mesin dengan menggunakan kick starter, yang bikin capek. Sebab elektrik starter ini memerlukan tenaga listrik dan yang menyediakan listrik ketika mesin mati cuma aki.

naik-motor-tanpa-akiSulit hidupkan mesin motor | Foto: liputan6

 

Lampu Sein Tidak Berkedip

Nah, ada hal lain yang bisa membahayakan kalau Moladiners nekat menggunakan motor tanpa aki. Kondisi ini bisa sebabkan sein tidak mau berkedip, padahal ini merupakan penanda saat hendak menikung.

naik-motor-tanpa-akiLampu sein jadi tidak berkedip | Foto: Moladin

Kondisi lampu sein yang gak mau berkedip dikarekan kurangnya tegangan listrik sehingga kinerja flasher jadi tidak maksimal. Lalu kok bisa tegangan listrik berkurang? Disebabkan karena RPM mesin rendah, jadi tegangan listrik yang dihasilkan spul juga ikut-ikutan rendah sob.

 

Lampu Motor Redup

Sama seperti efek negatif sebelumnya, posisi mesin dalam keadaan RPM rendah, listrik yang dihasilkan juga minim, sehingga kelistrikan motor jadi tidak maksimal. Hal ini mengakibatkan lampu motor jadi redup dan hanya terang saat motor kita gas.

naik-motor-tanpa-akiTanpa aki lampu motor jadi redup | Foto: Moladin

Bagaimana Moladiners? Sudah kebayang kan gimana bahayanya kalau memaksakan motor tanpa aki. Pastinya motor yang menggunakan aki saat dijalankan sudah paling nyaman dan aman ya…

Baca juga;

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *