5 Cara Menghilangkan Baret Pada Motor dengan Mudah

Memiliki bodi motor yang sempurna adalah impian semua orang. Sayangnya, bodi dari motor bukan bagian yang anti gores. Semua bagian dari bodi bisa tergores lalu mengalami baret yang cukup besar. Kalau baret yang dialami motor tidak besar mungkin tidak masalah, tapi kalau sudah merusak estetika harus segera diatasi.

Baret yang terjadi pada bodi motor bisa disebabkan oleh banyak hal. Yang paling sering terjadi adalah gesekan dengan motor lain saat di parkiran, menabrak benda keras, atau mungkin terjatuh. Kalau kamu ingin membuat bodi motor agar jadi lebih baik simak cara menghilangkan baret pada motor di bawah ini.

 

Membersihkan Bodi Motor dari Kotoran

Cara Membersihkan Baret Bersihkan Motor Dari Kotoran

Hal pertama yang harus dilakukan untuk menghilangkan baret adalah dengan membersihkannya. Misal motor yang kamu miliki baru saja terjatuh di jalan raya. Bagian yang baret umumnya juga kotor dan butuh dibersihkan.

Kamu bisa menggunakan air untuk mengguyur bagian motor yang mengalami baret. Selanjutnya gunakan sabun atau sampo yang dikhususkan untuk motor. Gunakan cairan itu secara merata lalu bersihkan bagian yang kotor.

Setelah bersih baret akan sedikit terlihat baik. Meski cara ini tidak akan menghilangkan secara sempurna, setidaknya visual dari bodi motor akan sedikit terbantu. Selanjutnya kamu bisa segera melakukan cara lain yang akan dibahas pada poin selanjutnya.

 

Yamaha FreeGo

*DP mulai dari

 

Melakukan Pengamplasan

Mengamplas Body Motor

Baret atau gesekan yang terjadi pada bodi motor bisa terjadi cukup dalam atau ringan. Semakin kuat tekanan ke bodi ketika permukaannya kasar, baret akan semakin parah. Cek baret yang terjadi pada motor apakah terlalu dalam atau hanya baret ringan saja.

Kalau baret yang terjadi pada motor hanya baret ringan saja, kemungkinan besar masih bisa disamarkan dengan cara diamplas. kamu bisa membeli amplas yang permukaannya agak lembut. Selanjutnya aplikasikan pada bagian yang mengalami baret akan lebih merata.

Saat pengamplasan dilakukan, ada baiknya untuk hati-hati saat melakukannya. Kalau kamu tidak hati-hati dalam melakukan pengamplasan, bagian bodi yang tidak terkena baret bisa saja terkikis dan tampak tidak sempurna.

Pengamplasan tidak bisa dilakukan dalam kondisi kering. Basahi bagian bodi motor dengan air dan rendam amplas dalam air. Selanjutnya lakukan pengamplasan secara perlahan-lahan dan bersihkan dengan air setelah selesai. Keringkan bagian yang diamplas dengan kain yang lembut.

 

Menggunakan Compound

Gunakan Compound

Setelah pengamplasan, apakah pekerjaan sudah selesai? Kalau kamu menganggap bekas bodi yang baret sudah membaik, maka selesai. Namun, kalau bodi masih terlihat tidak indah dan ada sisa baretan yang memicu bodi tidak kinclong, kamu bisa menggunakan compound.

Compound bentuknya seperti krim atau cairan. kamu bisa menggunakan compound itu di bagian yang sudah diamplas sebelumnya. Selanjutnya lakukan penggosokan dengan kain sampai bersih dan tidak ada sisa baret dan kinclong kembali.

Lakukan berulang-ulang sampai bodi motor kembali seperti semula. Kalau pengaplikasian bahan ini seperti tidak ada perubahan sama sekali, berarti butuh yang namanya scratch remover.

 

Memakai Scratch Remover

Scratch-Remover

Scratch remover adalah cara lain yang bisa digunakan untuk menyamarkan atau menghilangkan baret di bodi motor. kamu bisa mendapatkan cairan scratch remover ini di berbagai toko aksesori motor atau bengkel. Bentuknya mirip dengan lem yang bisa diaplikasikan langsung ke bagian yang baret.

Cara menghilangkan baret pada motor dengan cara ini bisa dilakukan dengan mengaplikasikan cairan ke bagian yang baret. Ingat baretnya harus yang dangkal. Selanjutnya oleskan dan gunakan kain jenis microfiber untuk menggosoknya sampai baret tampak hilang. Lakukan berkali-kali sampai bodi terlihat indah.

 

Suzuki Nex II

*Dp mulai dari

 

Menggunakan Pasta Gigi

Pakai Pasta Gigi

Pasta gigi atau odol ternyata bisa digunakan untuk menyamarkan baret pada bodi motor. Krim dengan warna putih ini mengandung partikel yang bisa digunakan sebagai amplas. kamu bisa memilih pasta gigi jenis apa pun atau yang memiliki partikel untuk membersihkan plak.

Sebelum mengaplikasikan odol pada bodi motor, ada baiknya untuk membersihkan area yang baret dengan air. Selanjutnya letakkan beberapa bagian pasta gigi di atasnya dan gunakan sikat gigi bekas untuk menggosoknya perlahan-lahan.

Bilas dengan air selama beberapa kali dan ulangi proses ini sampai baret terlihat memudar. Kalau baret yang dimiliki motor agak besar dan dalam, cara ini tidak bisa digunakan dan wajib dibawa ke bengkel.

Inilah beberapa cara menghilangkan baret pada motor agar terlihat lebih estetika. Lakukan beberapa cara di atas dan sesuaikan dengan kondisi motor yang dimiliki. Kalau memang baret tidak terlalu dalam pengamplasan bisa dilakukan.

Kalau memang baret yang terjadi terlalu dalam dan sulit untuk ditangani sendirian, segera hubungi bengkel atau salon motor. kamu akan dibantu untuk mengembalikan bodi motor agar kembali seperti baru.

 

Baca Juga :

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *