oleh

Perjalanan Honda Tiger 2000, Si Raja Touring!

Honda Tiger 2000 – Honda memiliki banyak motor yang menjadi legenda di Indonesia, salah satunya adalah Honda Tiger 2000. Ini adalah motor yang punya reputasi sebagai rajanya motor touring pada masanya. Dari awal produksi di tahun 1993 hingga terakhir produksi pada 2014, Si Macan satu ini selal upunya tempat di hati pecinta motor sport Indonesia.

Dari awal, motor Honda Tiger sudah dibekali dengan mesin yang relatif besar dengan kapasitas 200cc. Alhasil, pada awal kehadirannya, nyaris tak ada rival langsung karena tak ada motor lain di Indonesia yang memiliki spesifikasi yang mirip. Honda Tiger pun sempat menjadi pemain tunggal, memonopoli pasar motor sport dan touring 200cc di tanah air. Saat hampir semua produsen motor di Indonesia berlomba memproduksi motor under bone, Honda Tiger muncul dengan gagah sebagai pembeda.

Perjalanan panjang selama sekitar dua dekade itu membuat Tiger memiliki tempat sendiri di hati masyarakat Indonesia. Kali ini Moladin sajikan perjalanan Honda Tiger, mulai dari produksi awal di dekade 90-an hingga varian terakhir yang dirilis pada tahun 2012.

Generasi Honda Tiger 2000

Honda Tiger 2000

Ini adalah generasi pertama Honda Tiger. Generasi ini bisa bertahan cukup lama dengan berbagai penyegaran dari waktu kewaktu. Secara umum, Generasi Honda Tiger 2000 bisa dibagi menjadi dua periode.

Periode Super Cruiser berlangsung dari tahun 1993 hingga tahun 2002. Kode produksi untuk periode ini adalah GL-200. Ciri utama dari periode ini adalah lampu belakang dan lampu rem belakang menggunakan satu bohlam saja. Fitur ini cukup unik pada masanya karena biasanya motor umum menggunakan dua bohlam berbeda,

Pada awal kemunculannya, Tiger hanya menggunakan velg jari – jari. Baru pada tahun 2008 muncul pilihan untuk menggunakan velg palang (cast wheel) dengan merek Enkei. Selanjutnya, logo Honda Tiger 2000 awalnya hanya stiker saja, diganti dengan emblem metal pada tahun 1996.

Baca juga  6 Konsep Honda Tiger Modif yang Bisa Jadi Pilihan

Ciri khas lainnya adalah lampu depan Honda Tiger 2000 menggunakan reflektor multi lensa. Sementara itu, rumah lampu dan lampu sein awalnya berwarna hitam, yang kemudian diganti dengan berlapis chrome mengkilap pada 1996. Hand lebar belakang Honda Tiger 2000 juga terpisah antara kiri dan kanan.

Periode selanjutnya adalah New Super Cruiser yang berlangsung dari 2002 sampai Oktober 2006 dengan kode produksi GL-200S. Ada beberapa perubahan dari periode sebelumnya. Yang paling terlihat adalah mulai digunakannya dual tone color.

Di sisi detail, lampu belakang dan lampu rem belakang sudah menggunakan dua bohlam horizontal, hand lebar juga sudah dibuat menyatu. Lampu depan di periode ini menggunakan reflektor diamond-cut. Di sisi kaki – kaki, konsumen masih bisa memilih velg jari – jari atau palang.

Baca Juga :

 

Honda Tiger Revolution Cruiser

Honda Tiger New

 

Generasi kedua Honda Tiger ini bisa disebut sebagai facelift besar -besaran dan berlangsung dari Oktober 2006 hingga November 2008. Ada banyak perubahan drastis pada desain bodi, tangki, lampu – lampu, shock breaker, dan knalpot. Singkat kata, Honda Tiger generasi ini memiliki perbedaan signifikan dibanding generasi sebelumnya. Kode produksinya ada dua, GL-200R untuk velg palang dan GL-200D untuk velg jari – jari.

Baca juga  Inilah 7 Motor Matic yang Paling Nyaman untuk Ngojek Online

Perubahan desain yang sangat terlihat dimulai dari tangkinya. Honda Tiger Revolution Cruiser menggunakan tangki dengan shroud besar. Shroud ini memberikan ilusi seakan tangkinya menjadi lebih menonjol kedepan, membuatnya terlihat lebih sporty.

Bodi belakang dibuat meruncing, dengan lampu rem belakang yang menggunakan dua bohlam sejajar vertikal. Hand lebar kembali dibuat terpisah antara kiri dan kanan, serta shock breaker belakang yang memiliki tambahan reservoir oli untuk versi cast wheel.

Di bagian depan, lampu masih menggunakan reflektor diamond-cut. Di atas lampu depan, ada mini visor yang membuat motor ini terlihat lebih garang. Di generasi ini, ada perubahan logo yang mencolok. Logo kembali menggunakan stiker bertuliskan TIGER (tanpa angka 2000). Selain itu, knalpot motor ini sudah dilengkapi dengan pelindung panas.

Honda Tiger New Revolution Cruiser

Tiger

 

Ini adalah generasi terakhir Honda Tiger, dimulai dari tahun 2008 hingga 2014. Tidak ada facelift besar – besaran seperti sebelumnya, tetapi beberapa fitur mengalami perubahan yang cukup signifikan. Secara umum, generasi Honda Tiger New Revolution Cruiser bisa dibagi dalam tiga periode.

Periode pertama adalah Honda Tiger 2008 dengan kode produksi GL-200R1. Di periode ini, mulai diperkenalkan shroud model baru yang lebih simple dari sebelumnya. Lampu belakang masih berbentuk runcing, tapi memakai dua tipe lampu yang berbeda, lampu pijar untuk senja dan LED untuk lampu rem.

Perubahan terbesar ada di bagian depan. Honda Tiger memiliki tampilan lampu depan baru dengan desain asymmetric headlamp. Sederhananya, Tiger 2008 memiliki lampu utama berbentuk bulat dan lampu jauh berbentuk persegi. Lampu asimetris ini juga kerap disebut sebagai ‘lampu kijing’.

Baca juga  Restorasi Honda C70, Pertahankan Keaslian Super Cub Lawas

Selanjutnya ada Honda Tiger 2010 yang menawarkan lebih banyak pilihan kepada konsumen. Selain lampu depan asimetris, di periode ini konsumen juga bisa memilih single headlamp dengan kode produksi GL-200RA1. Periode ini berlangsung dari tahun 2010 hingga 2012.

Yang menarik, variasi warna yang ditawarkan memakai nama gunung – gunung di Indonesia dan dunia. Untuk single headlamp, pilihannya adalah Black Bromo, Red Krakatau, dan Grey Leuser. Lalu untuk dual headlamp ada Black Makalu, Red Shavano, Grey Elbrus, dan White Cartenz.

Periode terakhir adalah Honda Tiger 2012. Sebagai generasi terakhir motor Honda Tiger di Indonesia, periode ini dimulai pada 2012 dan berakhir dua tahun kemudian, bersamaan dengan peroduksi terakhir Honda Tiger pada Maret 2014.

Periode ini adalah bentuk gambaran apresiasi Astra Honda Motor terhadap ratusan komunitas pemilik Honda Tiger di Indonesia. Mereka pun merilis varian warna dengan nama Respect Red (penghormatan), Trust Violet (kepercayaan), Loyal White (kesetiaan), dan Unity Black (persatuan).

Meski sudah cukup lama berhenti diproduksi, para loyalis Honda Tiger masih banyak yang berharap agar Honda merilis kembali motor kesayangan mereka itu. Kabar baik muncul karena Honda dikabarkan akan merilis motor dengan desain klasik mirip Tiger. Motor itu di beri nama Honda CBF190TR yang dibekali mesin 190cc, mirip dengan Sang Macan legendaris.

Buat kamu yang tertarik membeli motor-motor Honda terbaru dengan DP ringan dan berbagai promo lain, langsung saja klik link ini!

Baca Juga :

Terbaru