Test Ride Suzuki Nex II Cross: Kecil Tapi Tangguh! (Bag. 2)

Test Ride Suzuki Nex II Cross – Ternyata berkendara dengan Suzuki Nex II Cross terasa nyaman, meski motor yang satu ini kurang laris dipasaran. Disamping itu, skutik bergaya adventure punya fitur yang unggul dibandingkan rivalnya di kelas skutik 110cc. Lalu bagaimana mengenai ketangguhan dan performa dari Suzuki Nex II Cross? Simak pembahasan tentang test ride Suzuki Nex II Cross yang satu ini untuk lebih mengetahui detailnya.

Jangan lupa juga untuk cek tulisan kami Test Ride Suzuki Nex II Cross: Kecil Tapi Tangguh! (Bag. 1)

 

Segala Medan Bisa Dilewati Dibuktikan Saat Kami Test Ride Suzuki Nex II Cross

test-ride-suzuki-nex-ii-cross:-kecil-tapi-tangguh!-(bag-2)
Jalanan semi off-road terasa mudah buat Suzuki Nex II Cross

Kecil-kecil cabe rawit, mungkin itulah pepatah yang bisa menggambarkan kemampuan dari Suzuki Nex II Cross. Memiliki bodi yang ringkas dan kecil, bukan berarti motor ini tak bisa apa-apa. Saat kami melakukan test ride Suzuki Nex II Cross, skutik berkubikasi mesin 110cc handal di segala medan.

Hal tersebut berkat penggunaan ban dual purpose. Ban yang memang di desain untuk melahap jalanan semi off-road juga aspal. Ban IRC GP-5 yang digunakan dengan ukuran 80/90-14 untuk bagian depan, serta 90/90-14 untuk bagian belakangnya membuat motor ini tidak bisa dianggap remeh.

Suzuki Nex II Cross benar-benar mantap diajak untuk menghadapi semua medan, saat hadapi jalanan rusak dan posisi jalanan tidak rata, motor ini tetap stabil. Ditambah penggunaan suspensi teleskopik di bagian depan juga monoshock di bagian belakang, hasilkan rebound yang empuk, ketika memasuki jalanan yang rusak rasanya nyaman sekali.

Kami melakukan test ride Suzuki Nex II Cross di jalanan yang terdapat lobang penuh dengan air dan genangan lumpur. Tidak jadi masalah, motor pun dapat melaju dengan lancar. Memasuki polisi tidur yang tinggi pun tidak jadi masalah, karena Suzuki Nex II Cross punya ground clearence yang cukup tinggi untuk ukuran skutik berbodi kecil.

Tabel Harga Suzuki Nex II Cross

Produk Kelebihan Harga
Suzuki Nex II Cross Harga Terjangkau Cek Harga Promo di Sini
Suzuki Nex II Cross Accessories Version Sudah dilengkapi dengan aksesoris Cek Harga Promo di Sini

 

Suzuki Nex II Cross Kalah Torsi dari Honda BeAT

test-ride-suzuki-nex-ii-cross:-kecil-tapi-tangguh!-(bag-2)
Mesin 115cc kalah torsi dari Honda BeAT

Ngomongin soal performanya, Suzuki Nex II Cross yang mengusung spesifikasi mesin berkubikasi 115cc FI, berkonfigurasi SOHC satu silinder, dua katup, berpendingin udara dengan teknologi SEP (Suzuki Eco Performance) yang bikin konsumsi bahan bakar jadi semakin irit.

Motor ini sanggup semburkan tenaga maksimal 9.25Hp/8.000rpm dan torsi puncaknya 8.7Nm/6.000rpm. Jika dibandingkan dengan Honda BeAT, yang punya tenaga maksimal 8.5Hp/7.500rpm dan torsi puncak 9.01Nm/6.500 rpm. Meski kapasitas mesin Suzuki Nex II Cross lebih besar dari Honda BeAT, namun kalah soal torsinya.

Punya tenaga yang besar, hal itu dibuktikan oleh kami saat melakukan test ride Suzuki Nex II Cross. Saat membuka gas dalam-dalam, 0-60 KPJ motor ini sangat mudah untuk mencapainya. Karena tarikan awal yang cukup meyakinkan.

Namun, saat dicoba lebih kencang lagi menuju 80 KPJ, skutik ini seperti kehabisan tenaga, tarikanya terasa berat dan butuh trek lurus yang panjang untuk bisa tembus kecepatan tersebut. Suara mesin juga terdengar menggerung kencang saat kami coba lebih dalam lagi membuka gas, hal ini sedikit menggangu saat dikendarai.

Baca juga;

 

Tangki BBM Suzuki Nex II Cross Kecil

Bagasi Suzuki Nex II Cross sempit

Dibalik kelebihan fitur dan keunggulan performa mesinnya, kami harus jujur soal hal yang satu ini. Satu kekurangan yang dimiliki Suzuki Nex II Cross, tangki BBM yang tidak sampai 4L. Lebih tepatnya hanya menampung 3.6L. Padahal jika membandingkan dengan skutik 110cc yang beredar di Indonesia, kapasitas tangkinya sudah mencapai minimal 4L.

Hal ini tentu akan menjadi persoalan bila pengendara berkendara dengan jarak yang jauh, karena harus bolak-balik ke SPBU untuk melakukan pengisian BBM. Meskipun harus kami akui konsums BBM-nya tidak bisa dibilang boros. Hasil yang kami dapatkan saat berjalan sejauh 130km, konsumsi BBM Suzuki Nex II Cross tembus 41.9 KPL.

Tidak cuman itu saja, menyoal kapasitas bagasi dari Suzuki Nex II Cross juga kecil. Estimasi kami hanya memuat untuk menaruh jas hujan dan sarung tangan, tidak lebih. Sehingga kami menyimpulkan berkendara dengan skutik lansiran Suzuki ini akan menjadi repot bila membawa barang bawaan dalam jumlah yang banyak.

Buat Anda yang lagi cari motor Suzuki Nex II Cross. Caranya gampang banget, cukup dengan klik melalui link ini! Dapatkan penawaran DP terendah dan harga spesial untuk skutik ini. Ingat Motor! Ingat Moladin!

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *