by

6 Penyebab Motor 2 Tak Tidak Bertenaga!

Penyebab Motor 2 Tak Tidak Bertenaga – Motor 2 Tak masih tinggi lho pamornya di masyarakat Indonesia. Buktinya masih banyak orang yang mencari motor dengan jenis 2 Tak ini di pasaran, terutama penggemar motor klasik. Motor 2 Tak ini performanya sangat oke, sob. Bahkan beberapa diantaranya adalah motor paling kencang di Indonesia, wuihh!

Nah, supaya motor 2 tak kamu tetap bertenaga, mesinnya harus dirawat baik-baik. Hal ini dikarenakan kondisi mesin yang gampang rusak. Nah, apabila motor 2 tak kamu agak tak bertenaga belakangan ini. Ada baiknya segera kamu cek, sob. Berikut informasi penyebab motor 2 tak tidak bertenaga.

1. Umur Sepeda Motor

Penyebab Motor 2 Tak Tidak Bertenaga Usia Motor

Tak dapat disangkal bahwa faktor U alias faktor umur sepeda motor ini sangat berpengaruh dalam penurunan performa motor. Harap maklum,motor ini sudah lama tidak diproduksi lagi ataupun dipasarkan. Hal ini dikarenakan peraturan emisi sepeda motor yang dikeluarkan pemerintah pada tahun 2005 lalu untuk sesuai standar Euro 2. Bahkan, sekarang peraturan pemerintah terbaru mewajibkan mesin-mesin motor yang diproduksi masa kini untuk mematuhi standar Euro 4.

Apabila di tahun 2019 ini sepeda motor Moladiners sering tidak bertenaga, maka itu dapat dimaklumi karena umur si kuda besi sudah lebih dari 14 tahun. Apalagi jika motor tersebut diproduksi sebelum tahun 2005, bisa dipastikan bahwa motor kesayanganmu telah berusia lanjut.

2. Pilot Jet Motor Ada Masalah

Penyebab Motor 2 Tak Tidak Bertenaga pilot jet

Hal lain yang patut kamu curigai apabila motor tidak bertenaga adalah komponen pilot jet di karburator. Komponen ini berfungsi untuk mengalirkan bahan bakar pada saat rpm sedang rendah ke rpm menengah. Lalu, apa masalah yang terjadi pada pilot jet?

Biasanya pilot jet akan mengalami kebuntuan karena tersumbat kotoran. Moladiners dapat mengatasi masalah ini dengan membersihkan bagian pilot jet. Apabila pilot jet memang sudah kotor sekali dan waktunya ganti, lebih baik segera beli yang baru ya, sob.

Baca juga  Ini Takaran Oli Samping Vespa yang Tepat

Harga komponen pilot jet cukup murah kok, kurang lebih Rp30 ribuan. Total jendral harga komponen baru dan biaya pasangnya hanya akan menguras kocekmu sekitar Rp80 ribu saja.

3. Filter Udara yang Kotor

Penyebab Motor 2 Tak Tidak Bertenaga Filter udara kotor

Kalau mesin kamu kotor, sob, otomatis ini akan membuat filter udara jadi ikut kotor. Lubang-lubang saluran udara ke dalam mesin pun ikut tertutup. Kondisi ini pun bikin mesin motor 2 tak kamu kekurangan udara.

Mesin motor 2 tak yang kekurangan udara akan membuat performa motor jadi loyo, sebab udara adalah faktor penting dalam proses pembakaran menjadi tenaga. Akibat fatal yang lain saat filter udara kotor adalah mesin jadi cepat panas karena tidak ada pergantian udara untuk mendinginkan mesin.

Baca Juga :

 

4. Perawatan Kurang Maksimal Terutama Karburator

Karburator

Merawat motor yang sudah berumur itu harus ekstra maksimal dibandingkan dengan merawat motor baru, sob. Terlebih dalam merawat kondisi mesin supaya tidak timbul masalah teknis yang dapat mengganggu kinerja motor. Mesin yang tidak dirawat dengan maksimal tentunya akan menjadi penyebab motor 2 tak tidak bertenaga.

Baca juga  10 Motor 2 Tak Terbaik yang Pernah Berjaya di Masanya!

Komponen lain yang wajib kamu cek adalah karburator. Karburator ini adalah tempat terjadinya proses pembakaran antara bahan bakar dan udara. Karburator yang rusak, terutama di bagian pilot jet dan main jet pastinya bikin tarikan motor jadi berkurang drastis.

5. Pusat Pengapian Sudah Lemahpengapian

Pusat pengapian motor 2 tak ini dinamakan sepul. Apabila sepul yang berfungsi sebagai titik api ini sudah lemah, maka api pembakaran pun jatuhnya kecil dan proses pembakaran untuk menjadi tenaga pun kurang maksimal.

Tidak sempurnanya proses pembakaran pada motor 2 tak ini tentunya membuat daya motor turun dengan drastis. Apabila sepul ini tidak diperbaiki, salah-salah motor 2 tak kamu malah akan kehilangan tenaga sama sekali. Nah, ayo cari tahu apakah sepul ini memang jadi salah satu penyebab motor 2 tak tidak bertenaga.

6. Oli Mesin Jarang Diganti

Jarang ganti oli mesin

 

Ini adalah salah satu alasan klasik yang menjadi penyebab motor 2 tak tidak bertenaga, yaitu jarang mengganti oli mesin. Oli mesin berfungsi untuk melumasi dan melindungi komponen mesin supaya tidak saling bergesekan sehingga cepat aus. Oli juga berfungsi untuk membersihkan mesin motor. Oleh karenanya, Moladiners wajib melakukan pergantian oli mesin dengan teratur.

Baca juga  Motor Trail Yamaha YZ85 MY 2019 Terbaru

Apabila kualitas dan kuantitas oli tidak mencukupi, maka motor pun jadi cepat panas dan berakibat pada tarikan yang kurang kuat. Sebagai pengingat, motor 2 tak memiliki dua jenis oli, yakni oli samping dan oli mesin itu sendiri. Sobat Moladin pastinya nggak mau kan mesin motor semakin bermasalah dan tarikannya jadi lemah, mendingan sering-sering diganti ya olinya.

(Baca Juga: Oli Motor Terbaik)

Itu dia beberapa penyebab motor 2 tak jadi tidak bertenaga, sob. Kalau dirunut sih, masalah utama memang karena umur motor yang sudah tua serta kurangnya perawatan dari empunya motor yang bisa membuat tarikan motor jadi berkurang.

Supaya tarikan motor lebih yahud, Moladiners segera bawa motor kesayangan ke bengkel motor 2 tak terdekat untuk dapat mengidentifikasi apa masalah yang diderita oleh si kuda besi. Selamat merawat motor kesayangan, sob!

Buat kamu yang tertarik membeli motor baru dengan DP ringan dan berbagai promo lain, langsung saja klik link ini!

Baca Juga :

Terbaru