by

Honda CRF150L Supermoto, Intip Spesifikasi Motornya!

Honda CRF150L Supermoto – Konsep dasar Honda CRF150L adalah motor yang tangguh untuk mengarungi medan on maupun off-road. Intinya, Honda CRF150L mampu menghajar semua trek, mulai dari aspal sampai rute berat di lokasi yang menantang. Meski motor ini punya kemampuan untuk melakukan itu, namun tak sedikit pemilik yang memodifikasi motornya menjadi motor ‘spesialis’.

Bagi yang sering menerjang jalanan off-road, mereka modifikasi Honda CRF150L sesuai dengan medan yang mereka hadapi. Untuk melibas jalanan berat, dibutuhkan ban yang sesuai yang sanggup mencengkeram tanah dengan baik. Suspensi dinaikkan sehingga ground clearence lebih tinggi. Dengan begitu, motor jadi lebih tangguh untuk menjelajah beragam medan jalanan.

Tapi bagi mereka yang lebih banyak berkutat di area perkotaan, penggunaan spek off-road adalah sebuah pemborosan sekaligus tidak efektif. Ban off-road tidak bisa mencengkeram dengan baik di aspal sehinga kinerja motor pun tidak maksimal. Karena itulah ada aliran modifikasi yang khusus ubah Honda CRF150L jadi supermoto.

 

Modifikasi Supermoto

modifikasi-yamaha-scorpio-limbah-special-engine
Tampil dengan ban yang pas untuk jalanan perkotaan

Aliran modifikasi itu bernama Supermoto. Saat ini, Anda mungkin sudah sangat sering melihat Honda CRF150L Supermoto berkeliaran di jalanan kota. Motor dengan gaya khas trail itu diajak bermanuver di jalanan perkotaan. Selain terlihat keren, motor ini juga punya tenaga dan akselerasi mantap meski top speed-nya masih akan kalah dari motor sport yang dibuat untuk mengaspal.

Baca juga  Bocoran Honda CB300R India Rilis Dalam Waktu Dekat, "Nular" Ke Indonesia Nggak Ya?

Supermoto yang satu ini sebenarnya sudah menjadi perbincangan hangat di kalangan pecinta sepeda motor. Pasalnya, pada acara Indonesia Supermoto Champhionshiop 2018 Seri Yogyakarta, PT Astra Honda Motor (AHM) pamerkan Honda CRF150L yang bergaya supermoto. Para konsumen pun menaruh harapan besar agar Honda menjadikan produk itu sebagai prototype untuk dijual secara luas.

Daftar Harga Honda CRF150L

Produk Kelebihan Harga
Honda CRF150L – Extreme Black Motor adventure, mesin bertenaga, dan fitur modern Cek Harga Promo di Sini
Honda CRF150L – Extreme Red Warna motor lebih keren, suspensi depan punya diameter besar dan spakbor belakang bisa di lepas Cek Harga Promo di Sini

 

Honda CRF150M

2 12
Motor ini pertama kali dipamerkan pada 2018

Konon, Honda sudah memberikan nama Honda CRF150M untuk motor bergaya supermoto. Modifikasinya memang terlihat sangat keren. Warna yang dipilih adalah Silverstone (perak gelap) dengan permukaan yang mengkilap. Warna itu dipadu garis-garis agresif berwarna merah yang memberikan kesan modern.

Honda memang tak tanggung-tanggung dalam memodifikasi motor itu. Pelek menggunakan Champ ukuran lebar 3.00 inci –  17 (depan) dan 3.5 inci – 17 (belakang). Ban depan memakai Michelin Pilot Power3 ukuran 120/60-17, sementara ban belakang menggunakan Michelin Pilot Power3 ukuran 160/60-17. Ban yang memang cocok untuk melahap kondisi jalanan aspal.

Baca juga  Honda CBR250RR vs R25 vs Ninja 250, Mana Layak di Beli?

Di bagian cockpit, modifikasinya tak kalah ramai. Stang menggunakan Renthal fatbar dengan riser Renthal fatbar juga. Pelindung tangan alias handguard menggunakan Acerbis LED sementara hand grip memakai keluaran Protaper. Tuas rem dan kopling menggunakan merek SND. Merek SND juga dipakai di berbagai bagian lain seperti cover gir depan, tutup magnet, footpeg, tuas persenling, dan tuas rem belakang.

Suspensi depan memakai bawaan pabrik tetapi shockbreaker belakang diganti Ohlins. Selain itu, perubahan yang paling terlihat tentu saja adalah bagian knalpot pakai knalpot R9 Racing. Rantai memakai merek DID sementara selang rem semuanya menggunakan Hel Project One.

Baca juga:

 

Respon Konsumen Terhadap Honda CRF150L Supermoto

tangguh-di-aspal-honda-crf150l-supermoto-juga-garang-dilihat
Honda CRF150L Supermoto

Setelah melihat Honda CRF150L Supermoto yang keren itu, konsumen setia Honda menunggu lama tetapi pihak AHM tidak pernah mengumumkan akan merilis CRF150L versi Supermoto ke pasaran. Banyak yang berharap Honda akan mengeluarkan saingan untuk Kawasaki D-Tracker, motor pabrikan supermoto paling populer di Indonesia saat ini. Kebetulan D-Tracker juga bermain di kelas 150cc seperti Honda CRF150L.

Baca juga  Harga Rp 19 Jutaan, Begini Spesifikasi Honda Scoopy

Melihat respon AHM yang dingin terhadap permintaan pasar akan Supermoto, banyak pemilik Honda CRF150L yang memilih untuk melakukan modifikasi sendiri. Mereka mengubah motor segala medan itu menjadi motor supermoto agar lebih nyaman dipakai di perkotaan. Hasilnya memang sudah banyak terlihat dalam beberapa tahun terakhir. Ada banyak Honda CRF150L supermoto yang berseliweran di jalanan kota Indonesia. Selain memiliki akselerasi yang gahar, Honda CRF150L Supermoto juga memiliki tampilan yang gahar.

Meski demikian, suara konsumen yang menginginkan Honda CRF150L Supermoto masih santer terdengar. Ada banyak dealer Honda yang mengaku mendapatkan pesanan motor supermoto padahal pihak pabrikan tidak memproduksinya. Kalau pabrikan berlogo kepak sayap hadirkan Honda CRF150L Supermoto akan laris manis di pasaran meskipun spek yang ditawarkan tidak segahar seperti prototype yang mereka pamerkan dulu.

Tertarik? Kini melakukan pembelian spare part, aksesori juga motor secara tunai atau kredit jadi semakin mudah. Caranya cukup dengan cara melakukan klik link ini! Dapatkan kredit dengan cicilan ringan dan promo DP rendah juga harga terbaik Honda CRF150L.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru