by

19 Cara Modifikasi Mio Trail Sebagai Inspirasi

Modifikasi Mio Trail – Dari segi tampilan, bodi Motor Yamaha Mio standar terlihat cukup menarik. Ada beberapa varian yang didesain dengan gaya sporty sehingga tetap cocok dikendarai oleh pria. Meskipun demikian, tampilan Motor ini masih bisa di-upgrade sehingga tampak lebih mantap. Performanya pun diperbaiki supaya dapat menempuh medan yang lebih berat.

Salah satu opsi modifikasi dari Yamaha terhadap Yamaha Mio Keluaran Lama atau keluaran terbaru seperti Yamaha Mio SYamaha Mio M3 adalah menjadi motor trail. Karakter khas motor trail adalah pada kemampuan jelajahnya yang tinggi. Dengan beberapa perubahan pada bodi maupun mesin, Yamaha Mio pun dapat disulap menjadi motor trail yang keren. Nah, berikut beberapa ide modifikasi mio trail terbaru yang bisa kamu tiru.

1. Spakboard belakang lebih tinggi

Modifikasi Mio Trail Modifikasi spakbor

Motor trail identik dengan model sepatbor belakang yang lebih tinggi dan panjang ke belakang. Tujuannya adalah saat melewati jalan berlumpur, ban yang penuh kotoran tidak bakal terhambat lajunya karena bersentuhan dengan sepatbor. Di samping itu, sepatbor panjang ke belakang juga bisa melindungi punggung pengendara supaya tidak terkena cipratan air atau lumpur.

Sementara Yamaha Mio standar selaku motor matic punya sepatbor yang terlalu dekat dengan ban. Oleh karenanya kalau mau merancang modifikasi Mio trail, perubahan bentuk sepatbor ini sangat diperlukan karena membuat berkendara menjadi lebih nyaman saat di jalanan tanah.

2. Menggunakan jenis ban trail

Modifikasi Mio Trail Modifikasi menggunakan ban trail

Modifikasi Mio Trail selanjutnya dapat dilakukan pada bagian ban motor. Untuk motor trail, kamu dapat menggunakan jenis ban khusus. Ciri utamanya adalah pola kembang ban yang sangat menonjol. Jenis ban ini akan lebih aman digunakan pada medan yang sulit karena daya cengkramnya lebih kuat.

Ada dua jenis ban trail yang bisa dipakai oleh Mio Trail modif yaitu semi offroad dan full offroad. Kalau semi offroad bisa terapkan ban motor Mio berjenis  dual purpose. Pilihannya ada Maxxis dual purpose, IRC GP5, Swallo SB150, dan lain-lain.

Sementara kalau kamu ingin full offroad, maka pakai ban Mio merek Corsa Cross-X, Swallow X-Cross, Primaax Godzilla, dan lain-lain. Satu lagi yang terpenting adalah soal ukuran, pelek standar Yamaha Mio adalah 14 inci. Jadi kalau tidak mau rombak terlalu banyak, sebaiknya pertahankan di ukuran 14 inci saja. 

Baca juga  3 Alasan Mengunduh Aplikasi My Yamaha Motor

Baca Setelah Ini: 12 Merek Ban Motor Terbaik.

3. Bodi motor dibuat lebih tinggi

Modifikasi Mio Trail Modifikasi bodi lebih tinggi

Motor trail biasanya memiliki bodi yang tinggi dan ramping. Sementara itu, motor matik Yamaha Mio Cenderung Lebih Pendek. Nah, kamu dapat melakukan modifikasi pada bagian ini. Beberapa komponen pada bodi motor bisa diubah.

Contohnya untuk membuat aura mio trail modif lebih keluar dengan meninggikan posisi sepatbor depan agar tidak terlalu mepet ban. Kemudian kamu juga bisa hilangkan dek atau lantai motor. Ganti dengan foot step biasa saja. Itulah salah satu cara untuk memaksimalkan modifikasi mio trail.

4. Desain motor lebih minimalis

Modifikasi Mio Trail Modifikasi desain minimalis

Supaya lebih lincah, motor trail harus didesain dengan gaya minimalis. Modifikasi mio trail bisa dilakukan dengan menekankan sisi naked fairing atau half fairing. Dengan cara ini, motor Yamaha Mio akan tampak lebih ramping sekaligus ringan.

5. Menampilkan kesan sporty

Modifikasi Mio Trail Modifikasi kesan sporty

Motor trail identik dengan kesan sporty. Hal ini tidak mustahil dilakukan pada Yamaha Mio. Caranya adalah dengan menambahkan striping pada bodi sehingga tampilan motor semakin sporty.

Biasanya modif Mio Trial akan semakin baik kalau grafisnya menggunakan warna-warna cerah dan kontras. Hal ini jamak dipakai oleh motor-motor penggaruk tanah.

6. Menambahkan aksesori pada motor

Modifikasi Mio Trail Modifikasi menabahkan aksesori

Kamu juga dapat menambahkan sejumlah aksesori khas motor trail yang semakin memperkuat kesan sporty pada motor. Jangan lupa, pastikan aksesori ini sesuai dengan tema modifikasi motor.

Ambil contoh untuk modifikasi Mio Trail, kamu bisa pasangkan hand guard, engine guard, fog lamp, dan lain-lain. Semuanya lazim digunakan di motor trail terbaik.

7. Menambahkan rangka penguat, ciri khas modifikasi mio trail

Modifikasi menabahkan rangka penguat

Untuk motor trail, kekuatan adalah yang utama. Yamaha Mio standar pada dasarnya memang tidak ditujukan untuk medan yang sulit sehingga harus diantisipasi dengan rangka penguat. Rangka ini tidak terlalu besar, tetapi cukup mampu diandalkan untuk menahan benturan keras saat motor sedang menempuh berbagai jenis medan.

8. Ganti stang motor

Modifikasi mengganti Stang

Untuk kenyamanan melakukan aksi trail, kamu membutuhkan stang motor yang lebih fleksibel. Salah satu yang cocok adalah model Fatbar yang lebih ramping dan lebar. Di samping menunjang gaya modif Yamaha Mio Trail jadi lebih pas. Fatbar juga menjadikan posisi berkendara jadi lebih nyaman saat dipakai di jalan semi offroad.

Baca juga  5 Inspirasi Yamaha Nmax Modif Touring, Tampil Beda

Tentunya saat mengganti setang ini, kamu juga perlu merubah banyak hal. Ambil contoh speedometer, lampu, tombol sein, starter, dan lain-lain. 

9. Ubah suspensi depan dan belakang

Modifikasi mengganti shock depan belakang

Bagian lain yang perlu dimodifikasi pada motor Mio supaya cocok digunakan untuk kegiatan trail adalah suspensi, baik pada bagian depan maupun belakang. Bagian depan dapat diganti dengan suspensi Kanzen Taurus. Dimensinya lebih panjang sehingga motor terasa lebih jenjang.

10. Membuat ground clearance lebih tinggi

Modifikasi ground clearance lebih tinggi

Untuk suspensi belakang, kamu dapat menggunakan milik Yamaha X-Ride supaya ground clearance Yamaha Mio terlihat lebih tinggi. Ukurannya lebih baik dibuat berbeda antara suspensi depan dan belakang.

Baca Juga :

11. Naikkan Kapasitas Mesin

Modifikasi mengubah kapasitas mesin

 

Karena motor trail identik dengan medan yang berat, kapasitas mesinnya pun harus mengikuti. Jika tidak, saat melakukan atraksi, Yamaha Mio tidak akan cukup kuat. Melalui modifikasi, kaburator pada motor ini dapat diganti dengan ukuran yang lebih besar. Kapasitas mesin pun di-bore up sehingga naik menjadi 150 cc. Dengan perubahan ini, Yamaha Mio bisa diajak melakukan atraksi dengan mudah.

12. Ganti warna motor

Modifikasi mengubah warna motor

Modifikasi yang lebih sederhana adalah dengan mengubah warna bodi motor. Sesuaikan warna yang akan dipilih dengan selera.

13. Tingkatkan Performa Motor

Modifikasi Menaikan cc

Kamu juga dapat melakukan modifikasi Mio trail dengan meningkatkan performanya. Tujuannya memberikan tenaga lebih saat melewati jalan bergelombang atau tanjakan curam.

Dalam menjadikan mesin Mio yang berperforma mantap, tidak perlu menaikkan kapasitas mesin. Kamu bisa pula memodifikasinya dengan ganti CVT, knalpot, sampai dengan roller. Intinya kalau untuk motor trail, perlu torsi kuat.

14. Lakukan perubahan total

Modifikasi melakukan perubahan total

Selanjutnya, kamu juga bisa melakukan modifikasi secara total pada Yamaha Mio. Dengan perubahan total, bodi standar Yamaha Mio hampir tidak terlihat lagi. Ada juga yang menggunakan motor ini untuk keperluan kompetisi modifikasi motor.

Baca juga  3 Alasan Harga Yamaha WR155R Lebih Mahal dari Kompetitor

15. Pakai gaya knalpot tinggi

Modifikasi meninggikan knalpot

Kamu juga bisa meninggikan knalpot pada motor Mio trail hasil modifikasimu. Hal ini untuk menyesuaikan dengan bentuk motor trail yang juga cukup tinggi.

Posisi knalpot yang tinggi, menjadikan modifikasi Mio trail lebih nyaman ditunggangi. Knalpot tidak mudah bersinggungan dengan jalan bergelombang. Kemudian kalau melewati genangan air, tidak kemasukan air.

16. Mengubah lampu depan

Modifikasi mengubah lampu depan

Modifikasi selanjutnya adalah mengubah bentuk lampu depan pada motor. Kamu bisa menggantinya dengan jenis lampu yang lebih sporty dan lebih unik. Bahkan kalau modifikasi Mio trail benar-benar bertujuan untuk offroad, tidak perlu pakai lampu.

17. Standar tengah  motor dicopot

Modifikasi mengganti standar motor

Kamu pun dapat memodifikasi standar motor yang biasanya berupa standar samping dan standar tengah. Dengan mengejar tampilan motor trail, kamu bisa copot standar tengahnya, sisakan hanya standar samping. Kenapa?

Standar tengah biasanya membuat ground clearance jadi lebih pendek. Tentunya kalau mau modifikasi mio trail, butuh ground clearance tinggi agar tidak mudah bersinggungan dengan jalan. 

18. Menghilangkan pijakan kaki

Modifikasi menghilangkan pijakan kaki

Kamu dapat membuat motor Mio trail menjadi lebih ringan dengan menghilangkan bagian tengah yang berguna untuk pijakan kaki pengendara. Bagian ini dibuat terbuka dan hanya berupa rangka.

19. Copot bagasi motor

Modifikasi menghilangkan bagasi

Untuk membuat desain motor lebih ringkas, ada pula yang menghilangkan bagasi motor Mio. Dengan demikian, motor juga akan terlihat langsing dan mudah dikontrol.

Itulah sejumlah ide modifikasi mio trail lain yang dapat kamu terapkan pada motor matik berkonsep feminin ini. Dengan sejumlah perubahan tersebut, kamu akan mendapatkan tunggangan yang kuat dan dapat diandalkan saat melakukan atraksi di area yang ditempuh. Nah, siap untuk mengaplikasikannya pada Mio kamu?

Baca Juga: 4 Referensi Modifikasi Untuk Mio Kamu.

Jika kamu benar-benar tertarik modifikasi mio trail, maka siapkan bujet yang tidak sedikit. Pasalnya motor bakal berubah total, bukan cuma tampilan, tapi juga performanya. Kalau bujet masih terbatas, sebaiknya menabung terlebih dulu. 

Temukan Motor Baru dari Brand Motor Terbaik dengan DP Ringan yang dapat kamu cek di Moladin ya!

Baca Juga :

Comment

Leave a Reply

Terbaru